10 Hot Wheels Termahal di Dunia, Harga Capai 2,4 Miliar!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Hot Wheels termahal di dunia rupanya memiliki harga yang tidak main-main. Mobil mainan langka dengan jumlah yang terbatas membuatnya diburu oleh pecinta mobil mainan kelas dunia.

Mengenal Sejarah Hot Wheels

Hot Wheels merupakan merk dagang mobil mainan asal Amerika Serikat yang berada dalam manajemen perusahaan produsen mainan, yakni Mattel. Hot Wheels mulai memproduksi mobil mainan pertama kali pada tahun 1968.

Mulanya, mobil mainan diproduksi Mattel dengan tujuan agar siapa saja bisa memiliki mobil idamannya dalam bentuk mobil mainan seharga satu dollar.

Hot Wheels memproduksi berbagai jenis dan bentuk mobil mainan, sebagai mobil yang benar-benar dimainkan, atau sekadar pemuas hobi untuk dikoleksi.

Hingga kini, Hot Wheels masih memproduksi mobil mainan dan menjualnya di seluruh dunia.

Di Indonesia, mobil mainan Hot Wheels bisa kamu temui di berbagai minimarket atau supermarket dengan harga sekitar Rp30.000 per buah.

Pembeli mobil mainan ini tidak hanya datang dari kalangan anak-anak, tetapi remaja hingga orang dewasa juga masih menggemarinya sebagai barang koleksi.

Namun, seiring dengan berlalunya waktu, ada beberapa mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia yang harganya sangat tinggi.

Hal ini dikarenakan mobil-mobil tersebut diproduksi puluhan tahun lalu sehingga dinilai langka, atau diproduksi hanya dalam jumlah terbatas dengan desain yang unik.

Untuk pecinta produk Hot Wheels, harga mungkin tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah jumlah koleksi di rumah menjadi lengkap, serta hasrat untuk melakukan hobi terpuaskan.

Dan yang paling penting, membeli mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia bisa dijadikan investasi di masa depan.

Sebab, harganya tentu bisa saja semakin mahal seiring bertambahnya usia produksi dan tingkat kelangkaan mobil mainan tersebut.

Seperti yang kita ketahui, barang-barang koleksi selalu memiliki harga yang terbilang ‘gila’ untuk orang awam lainnya.

(Baca Juga: Intip 8 Permainan Keluarga Indoor, Cocok Saat WFH!)

Daftar Hot Wheels Termahal di Dunia

Untuk kamu yang penasaran, berapa sih harga mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia? Untuk hitungan sepuluh besar, harganya bervariasi mulai dari Rp84 juta hingga miliaran rupiah.

Sebagian besar mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia adalah produk yang dirilis pada masa beberapa tahun pertama Hot Wheels hadir di pasaran, yakni tahun 60-an dan 70-an. Jadi, tak heran jika jumlahnya sangat langka sekarang.

Ini dia 10 besar mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia.

1. Pink, Rear- Loading Beach Bomb (1969)

Harga: Rp2,45 miliar

Mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia di urutan pertama adalah tipe bernama Pink Rear Loading Beach Bomb yang diproduksi tahun 1969.

Mobil van yang biasa kita kenal sebagai mobil untuk berjalan-jalan ini dibuat versi mininya dengan warna yang unik, yakni pink magenta yang begitu cerah.

Keunikan dari mobil mainan ini adalah adanya papan selancar berwarna kuning dan jingga yang seolah dimasukkan melalui pintu bagasi mobil dan diletakkan hingga pada bagian kabin belakang.

Mobil mainan ini juga terlihat makin keren dengan penyertaan sunroof pada bagian atasnya.

2. Over Chrome Mustang (1968)

Harga: Rp560 juta

Mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia yang kedua yakni Over Chrome Mustang.

Mobil mainan ini sebenarnya edisi khusus yang dibuat hanya untuk pemakaian internal sebagai produk iklan. Jadi, bukan untuk diproduksi dan dijual secara massal.

Over Chrome Mustang memiliki warna cola yang menarik, dengan bentuk mirip dengan mobil Dodge Charger yang keren di masanya.

3. Over Chrome Camaro (1968)

Harga: Rp350 juta

Selanjutnya, ada mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia dengan nama Over Chrome Camaro.

Harganya mahal sebesar $25.000 atau sekitar Rp350 juta ini memang layak disandang karena Over Chrome Camaro merupakan mobil mainan HotWheels yang pertama kali dibikin.

Produksinya hanya dibuat terbatas, sekitar puluhan piece, dan tidak dijual secara umum karen digunakan untuk kebutuhan iklan saja.

4. Mad Maverick Base on Mighty Maverick (1969)

Harga: Rp210 juta

Karya Hot Wheels termahal di dunia selanjutnya juga memiliki keunikan yang tak kalah keren. Pada bagian dasar mobil Mighty Maverick, terdapat tulisan Mad Maverick.

Tidak semua mobil Hot Wheels jenis ini memiliki tulisan tersebut. Sebab ini merupakan produk yang menuai kontroversi di zamannya karena melanggar hak cipta.

Nama Mad Maverick tersebut lebih dulu dimiliki oleh merk mobil mainan yang menjadi rival Hot Wheels, yakni Johnny Lighting..

5. Brown Custom Charger (1969)

Harga: Rp 182 juta

Produk Hot Wheels dengan tipe Custom Charger sebenarnya diproduksi dalam jumlah besar, namun tidak halnya dengan varian warna cokelat ini.

Mobil Brown Custom Charger diketahui hanya berjumlah beberapa buah saja. Warna dan model yang klasik membuatnya terlihat mewah dan bergaya vintage.

(Baca Juga: 7 Cara Investasi Mobil Klasik Agar Untung di Masa Depan)

6. Purple Olds 442 (1971)

Harga: Rp168 juta

Kali ini, mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia memiliki gaya yang nyentrik dengan warna ungu menyala.

Purple Olds 442 dibuat secara eksklusif di pabrik Hongkong, Tiongkok. Jumlahnya yang sangat sedikit membuatnya sangat sulit ditemukan, super langka untuk kalangan pada kolektor.

7. Ed Shaver Blue AMX (1969)

Harga: Rp140.000

Ed Shaver Blue AMX merupakan mobil mainan Hot Wheels yang hanya dipasarkan di Inggris. Mobil mainan ini masuk ke dalam koleksi Hot Wheels dalam seri mobil balap.

Banyak kolektor yang mengincarnya. Hal yang menjadikan salah satu jenis mobil mainan ini spesial adalah adanya stiker bertuliskan nama mobil yang menempel pada bagian pintu mobil. Ini mirip seperti tampilan mobil balap pada era 60-an.

8. Brown’31 Woody (1969)

Harga: Rp112 juta

Walau harganya terbilang menengah untuk daftar mobil mainan Hot Wheels termahal di dunia, namun Brown’31 Woody sangat langka sekali untuk ditemukan.

Jumlahnya diperkirakan hanya beberapa buah saja di dunia, sebagian di antaranya merupakan prototip.

Desainnya sangat unik, seperti perpaduan mobil Jeep dengan mesin jadul di bagian depan. Sangat terlihat gagah, namun tetap klasik.

9. Cheetah Base with Python Body (1969)

Harga: Rp84 juta

Perubahan produksi lagi-lagi membuat sebuah mobil mainan menjadi produk Hot Wheels termahal di dunia. Hot Wheels Phyton pada awalnya dirilis dengan nama Cheetah dengan warna merah.

Setelah perubahan nama dan sebagian bentuk, seri Cheetah Base menjadi langka karena hanya diproduksi pada masa awal perilisan dalam jumlah terbatas.

Sejak saat itulah mobil mainan ini diburu banyak kolektor dengan harga yang mahal.

10. Spectraflame Purple Bye Focal (1971)

Harga: Rp84 juta

Mobil mainan Hot Wheels termahal di urutan ke-10 adalah Spectraflame Purple Bye Focal. Seri ini diproduksi cukup banyak pada zamannya, namun kolektor pemula harus teliti untuk mengetahui hal apa yang langka.

Jawabannya, tidak semua bagian roda mobil mainan tipe Bye Focal memiliki corak warna ungu. Inilah yang membuat harganya mahal.

Sayangnya, seri ini terbilang kurang kokoh yang menurut para ahli, body mobilnya mudah rusak bahkan hancur. Jika kamu ingin mengoleksinya, butuh tempat penyimpanan khusus nih.

Itu dia beberapa seri mobil mainan Hot Wheels termahal. Mana nih yang menjadi favoritmu?

Tertarik untuk mengoleksi mobil mainan Hot Wheels juga? Langsung saja miliki kartu kredit cicilan ringan yang tersedia di CekAja untuk memudahkanmu membeli banyak barang koleksi sekaligus.

Di CekAja, kamu akan mendapat pilihan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan profil keuanganmu. Proses pengajuannya gampang, karena dilakukan secara online.

Semua produk di CekAja dijamin legal dan terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, langsung cek daftar kartu kredit untukmu dan ajukan sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah