Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Huawei-Vivo Gerogoti Pangsa Pasar Ponsel Samsung-iPhone di Awal 2019

by Gentur Putro Jati on 2 Mei, 2019

Huawei dan Vivo menjadi dua merek smartphone yang masih mencatatkan pertumbuhan saat penjualan merek-merek smartphone lainnya menukik tajam sepanjang kuartal I 2019.

International Data Corporation (IDC), lembaga riset asal Amerika Serikat (AS) di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan pasar teknologi konsumen baru saja merilis laporan penjualan ponsel selama tiga bulan pertama di tahun ini.

IDC mencatat secara global terjadi penurunan penjualan sebesar 6,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Setidaknya ada 310,8 juta unit ponsel yang dikirimkan produsen ke negara-negara di dunia pada kuartal I 2019. Jumlah ini, turun lebih dari 20 juta unit dari kuartal I 2018 yang jumlah pengapalannya mencapai 332,7 juta unit ponsel.

(Baca juga: Samsung M20, Smartphone Mumpuni Buat Ngegames dan Eksis di Sosmed)

Samsung memang masih menjadi penguasa pasar pada kuartal pertama ini, dengan pangsa sekitar 23,1 persen dari total pasar ponsel global. Meski demikian, jumlah pengiriman Samsung menurun sekitar 8,1 persen dari kuartal I 2018 dengan 71,9 juta unit pengiriman.

Selain Samsung, Apple dengan beragam seri iPhone yang jadi andalannya juga mengalami kondisi yang sama, bahkan bisa dikatakan lebih buruk.

Jumlah penjualan iPhone di kuartal I 2019 turun 30,2 persen dengan 36,4 juta unit yang dikapalkan. Sementara pada tiga bulan pertama di 2018, perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu masih mampu menjual 52,2 juta unit iPhone.

Kondisi lesunya penjualan iPhone tersebut, membuat Huawei untuk pertama kalinya dalam sejarah dapat menjegal iPhone milik Apple di peringkat kedua dari penguasaan pangsa pasar ponsel pintar.

IDC mencatat, perusahaan teknologi asal China itu berhasil mencatatkan kinerja positif di kuartal I 2019 meski tengah gencar diserang beragam isu keamanan dan privasi data oleh pemerintah AS.

Sampai Maret 2019, Huawei berhasil meningkatkan pengapalan 50,3 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sebanyak 59,1 juta unit smartphone berhasil dikapalkan oleh Huawei dan membuat perusahaan ini menyalip Apple di posisi kedua.

“Perubahan peringkat antara Samsung, Huawei, dan Apple sangat mungkin terjadi melihat apa yang terjadi saat ini,” kata Wakil Presiden IDC, Ryan Reith dalam laporan tersebut.

Reith menjelaskan, keberhasilan Huawei dalam meningkatkan penjualan tidak lepas dari portofolio produk Huawei yang menjangkau semua segmen pengguna ponsel.

“Portofolionya menargetkan semua segmen dari segmen bawah ke atas. Sementara penjualan iPhone Apple melemah di China dan pengguna menunda pergantian smartphone telah membuat bisnis smartphone lesu,” ujarnya.

Prestasi Vivo

Selain Huawei, vendor ponsel China yang masih mampu mencatat pertumbuhan penjualan adalah Vivo yang saat ini menduduki peringkat 5 perusahaan ponsel dengan pangsa pasar terbesar.

Vivo mencatatkan angka positif dengan sukses mendongkrak jumlah pengapalan sebanyak 24 persen dari 18,7 juta pada kuartal I 2018, menjadi 23,2 juta unit pada kuartal I 2019.

Sementara dua ‘saudara’ vendor ponsel China lainnya yaitu Xiaomi dan Oppo mengalami penurunan dengan angka yang cukup signifikan. Jumlah pengapalan Xiaomi turun 10,2 persen di mana tahun lalu Xiaomi berhasil mengapalkan 27,8 juta unit smartphone, menjadi 25 juta unit.

Kemudian Oppo turun sebesar 6 persen dari 24,6 juta unit smartphone di Q1 2018 menjadi 23,1 juta unit pada Q1 2019 ini. 

(Baca juga: 7 Tanda Kamu Butuh Smartphone Flagship untuk Cek Kuota Internet Axis)

Keberhasilan Huawei dan Vivo dalam meningkatkan jumlah penjualan, tentu akan mengubah persepsi kamu tentang kualitas ponsel buatan China bukan? Dengan harga yang lebih terjangkau, namun umumnya ponsel China menawarkan fitur yang sama mewahnya dengan iPhone atau Samsung.

Untuk bisa memiliki ponsel Huawei dan Vivo, kamu bisa memanfaatkan beragam promo yang ditawarkan oleh kartu kredit saat ini. Jika kamu belum memiliki kartu kredit yang bisa membuatmu mencicil pembelian ponsel dengan bunga 0 persen, langsung sambangi saja CekAja.com yang akan membantumu memiliki kartu kredit sesuai kebutuhan.

 

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum