Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ibu Hamil Mau Si Kecil Jadi Sehat dan Pintar? Konsumsi 5 Makanan ini

by Rafly Aditia on 23 April, 2016

biaya persalinan normal - CekAja.com

Saat sedang mengandung, perempuan harus ekstra perhatian pada apa yang dimakannya. Sebab, bila salah konsumsi, makanan justru bisa berdampak buruk pada tubuh dan janin yang dikandung. Sebaliknya, asupan yang tepat bisa berdampak positif bagi kesehatan si buah hati.

Karena itu sebaiknya kamu wajib mengetahui makanan apa saja yang aman dan berapa banyak jumlah yang aman untuk dikonsumsi. Berikut ini 5 makanan yang wajib dikonsumsi ibu mengandung:

Daging tanpa lemak

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kamu dan si kecil, makanlah daging tanpa lemak. Contohnya, daging ikan atau daging ayam tanpa kulit. Daging tanpa lemak yang kaya akan protein dapat membantu pembentukan janin, otot, serta kelancaran metabolisme tubuh.

Bukan cuma itu, kandungan protein yang tinggi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga si kecil juga bisa terhindar dari kelahiran prematur.

Oatmeal

Saat tengah hamil perempuan membutuhkan asupan karbohidrat yang lebih tinggi dari biasanya. Maka dari itu, sebaiknya santaplah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

Oatmeal merupakan jenis makanan yang kaya akan serat, vitamin B, zat besi, dan potasium. Aneka zat tersebut akan sangat bermanfaat bagi proses penguraian dan penyerapan makanan di dalam tubuh.

Susu rendah lemak

Berbagai macam susu rendah lemak termasuk susu kedelai bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengapa saat hamil perempuan membutuhkan susu?

Sebab, kandungan kalsium dan nutrisi yang ada pada susu sangat berguna bagi ketahanan dan pembentukan tulang bayi. Bila kebutuhan kalsium terpenuhi, si kecil akan memiliki tulang yang lebih kuat.

(Baca juga: 5 Strategi Simpel Agar Lebih Murah Saat Pindah Rumah)

Telur

Banyak pemahaman keliru terkait kesehatan ibu mengandung yang beredar di tengah masyarakat. Salah satunya yang menyarankan tidak mengkonsumsi telur saat hamil. Padahal selama masih dalam batas wajar, mengonsumsi telur bisa berdampak baik bagi bayi dalam kandungan.

Cukup 1 butir telur, kamu bisa membuat perkembangan sel-sel otak dan penglihatan bayi menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan telur mengandung protein, lemak, kolin dan omega 3 yang sangat dibutuhkan bayi.

Ikan salmon

Bagi kamu yang kurang suka telur, bisa menggantinya dengan asupan omega 3 yang dikandung ikan salmon. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 1 potong ikan salmon saja tiap hari.

Kandungan omega 3 yang tinggi serta DHA sangat penting bagi perkembangan otak si kecil. Bila DHA dan kandungan omega 3 tercukupi, pastinya si kecil bakal tumbuh menjadi anak yang pintar.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami