Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Ice Bucket Challenge: Kumpulkan Jutaan Dollar Lewat Seember Es

by hanna on 19 Agustus, 2014

Disiram dengan seember es bisa mengumpulkan dana jutaan dollar? Ya, itulah tantangan yang dikampanyekan oleh ALS Association.

Tantangan yang dikenal dengan Ice Bucket Challenge ini dilakukan dalam rangka penggalangan dana untuk riset Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau dikenal dengan penyakit Lou Gehrig’s. Penyakit ini menyerang sel saraf di otak dan tulang belakang. Degenerasi saraf otak ini menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan, tak bisa makan, berbicara, atau bernapas. Hingga kini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ALS. Oleh karena itu, asosiasi ALS ini dibentuk.

Ice Bucket Challenge mulai populer di US pada 30 Juni 2014 ketika Golf Channel Morning Show menayangkan fenomena media sosial ini. Setelah itu, pegolf Chris Kennedy mulai melakukan tantangan tersebut dan menantang sepupunya Jeanette Senerchia yang suaminya terkena ALS selama 11 tahun. Setelah video Senerchia dimasukkan ke Facebook, tantangan ini mulai terkenal untuk penggalangan dana ASL. Sampai saat ini, sejumlah tokoh dari kalangan selebritis, olahragawan, dan petinggi perusahaan teknologi telah menerima tantangan ini, seperti Lady Gaga, Justin Bieber, Cristiano Ronaldo, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg.

Dalam Ice Bucket Challenge, seorang yang ditantang mengguyur diri sendiri dengan seember air es harus melakukan hal tersebut dalam waktu 24 jam dengan merekamnya dalam video sebagai bukti. Jika berhasil melakukan tantangan itu, orang tersebut bisa menantang tiga orang lain untuk melakukan hal yang sama dan mendonasikan 10 dollar untuk ALS Association. Jika orang yang ditantang tidak mau disiram air es, ia harus menyumbang dana sebesar 100 dollar ke ALS Association. Hal ini dilakukan terus-menerus secara berantai sehingga semakin lama semakin banyak yang terlibat dalam Ice Bucket Challenge.

Berkat kampanye ini, ALS Association berhasil mengumpulkan dana 22,9 juta dollar per 19 Agustus 2014. Jumlah ini jauh meningkat dari 1,9 juta dollar pada periode yang sama tahun kemarin (29 Juli-19 Agustus). Donasi ini berasal dari beberapa donor yang sudah bergabung dan 453.210 donor baru di asosiasi ini.

Saat ini, beberapa selebritis dari Indonesia sudah mendapatkan tantangan untuk melakukan Ice Bucket Challenge ini. Irfan Bachdim yang kini bermain untuk klub Jepang Ventforet Kofu hari ini menantang Bambang Pamungkas, Rifat Sungkar dan Raisa untuk diguyur seember es.

Anda tertarik berpartisipasi dalam kampanye ini?

(dbs) / Sumber foto

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.