Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Icip-Icip 7 Makanan India Ini, Yuk. Endolita Banget!

by Miftahul Khoer on 3 Maret, 2020

Tak hanya populer dengan film Bollywood, negara beribukota New Delhi ini ternyata juga dikaruniai gelimang kuliner unik nan lezat. Ciri khas makanan India tak lain adalah komposisi bahan seperti rempah-rempah, nasi briyani, dan berbagai jenis kacang yang membuatnya kaya akan rasa.

7 makanan India paling enak

Bagi pecinta kuliner yang bosan dengan makanan itu-itu saja, sesekali makanan khas India boleh dicoba. Berikut daftar dan ulasannya, simak yuk!

1. Samosa

Samosa - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Berbentuk segitiga, samosa punya  tekstur yang renyah. Rasanya pun gurih karena termasuk makanan tipe savoury. Makanan India ini sering dijadikan camilan favorit masyarakat Asia Tengah, Asia Selatan hingga Jazirah Arab. Beberapa tahun belakangan juga mulai digemari di Indonesia. 

Pada umumnya samosa berisi kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar dan kadang-kadang paneer. Namun, seiring perkembangan dunia kuliner, Samosa kini juga dimodifikasi dengan beberapa varian rasa, seperti daging, keju, coklat dan lain-lain.

2. Rogan Josh

Rogan Josh - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Rogan josh adalah makanan India yang tak kalah populernya di dunia. Bila menyebutnya dengan kari daging, kamu pasti tidak asing dengan nama ini. Kudapan ini umumnya dibuat dengan olahan daging kambing atau domba khas Persia. Menariknya, olahan daging tersebut kemudian dimasak dengan yoghurt, daun salam dan bumbu rempah lainnya sehingga makanan ini semakin terasa lezat dan gurih. Sedangkan cita rasa pedas yang kuat berasal dari paprika dan cabai Kashmir. 

3. Jalebi

Jalebi - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Makanan India lainnya yang wajib kamu coba adalah Jalebi. Jalebi sendiri dibuat dari tepung, dibentuk melingkar, kemudian digoreng hingga matang. Hidangan tradisional berupa manisan tersebut merupakan bagian penting dalam banyak festival dan perayaan. Bagi pecinta film Bollywood, mungkin sering mendengar atau melihat kuliner ini.  

Jalebi terbuat dari adonan yang digoreng, mirip seperti funnel cake. Cara membuatnya yaitu dengan direndam dalam sirup gula, sampai permukaannya mengkilap dan mengkristal. Jalebi memiliki tekstur yang kenyal dan lumayan manis. Manisan berwarna orange ini dapat disajikan selagi hangat ataupun dingin.

4. Dosa

Dosa - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Tak semengerikan namanya, kok. Dosa adalah makanan India yang serupa dengan crepes.  Bahan utama terdiri dari fermentasi beras dan bubuk gram hitam, kemudian dibuat menjadi adonan halus, serta diberi sedikit garam. Dosa memiliki banyak varian rasa, seperti masala dosa, rava dosa, chilli paneer dosa dan lain-lain. Biasanya, dosa juga diisi dengan tambahan sayuran, daging atau saus untuk menambah cita rasa.

(Baca Juga: Inspirasi Bisnis: Makanan dan Minuman yang Akan Populer Tahun 2020)

5. Ayam tandoori

Ayam tandoori - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Ayam panggang dengan bumbu khas India ini sangat digemari oleh masyarakat luar negeri, termasuk Indonesia. Diberi nama ‘tandoori’, karena ayam ini dipanggang dalam oven tandoori yang sangat panas. Ayam tandoori ini berasal dari Punjab, keberadaannya pun bisa ditelusuri hingga zaman Kesultanan Mughal di Asia Selatan. Hingga kini, makanan tersebut masih makanan populer di daerahnya, bahkan merambah ke Asia Tengah dan Asia Tenggara.

6. Biryani

Biryani - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Di India, nasi biryani sangat digemari. Seterik apapun matahari menyengat, warga India masih saja mencari nasi biryani yang kaya bumbu dan terkadang pedas. Sekilas mirip nasi goreng, tapi biryani disajikan dalam bentuk memanjang dengan campuran rempah-rempah dan kaldu. Umumnya, Biryani juga dilengkapi dengan sejumlah menu pendamping seperti daging dan sayuran.

Makanan ini boleh dibilang yang paling terkenal karena adanya percampuran berbagai budaya. Kata Biryani atau Briyani diambil dari bahasa Urdu yang merupakan bahasa resmi kerajaan Mughal, kesultanan Islam terkenal di India. Bahasa ini mempunyai kaitan erat pula dengan bangsa Persia di Semenanjung Arab.

7. Naan

Naan - Icip-Icip 7 Makanan India Ini

Naan adalah roti tradisional dari India. Naan biasa dimakan ketika masyarakat di sana sedang bosan menyantap makanan pokok. Namun, naan juga bisa dimakan dengan ayam tandoori dan palak paneer. Roti naan adalah makanan tradisional khas India yang memiliki tekstur lembut dan empuk. Saat ini, naan sudah memiliki beberapa variasi rasa, seperti butter naan. Butter naan rasanya lebih gurih karena dimasak dengan mentega yang melimpah. 

Sudah mulai terbayang, kan bagaimana enaknya makanan India ini? Itulah 7 makanan India yang paling populer di dunia. Bagi kamu yang hobi kulineran, belum afdol kalau belum mencicipinya.  Cus ke restoran India sekarang, gunakan kartu kredit dari CekAja.com untk menikmati berbagai promo menariknya.

(Baca Juga: Hai Pecinta India, Ini 6 Rekomendasi Film Bollywood Paling Romantis)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.