Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil Tidak Sampai Rp 5 Juta

by Rafly Aditia on 22 Februari, 2017

bisnis sampingan - CekAja.com

Menjalankan bisnis adalah cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan besar. Menariknya, bisnis yang mendatangkan keuntungan besar tak harus membutuhkan modal jumbo.

Bahkan, cukup dengan modal maksimal Rp 5 juta terdapat banyak pilihan bisnis yang berpotensi mendatangkan keuntungan berlipat. Mau membuka bisnis modal kecil maksimal Rp 5 juta? berikut ini pilihan ide yang bisa kamu pilih:

Bisnis waralaba

Bila kamu doyan wisata kuliner dan sangat terobsesi dengan segala jenis makanan, itu adalah modal awal untuk sukses berbisnis kuliner. Pasti kamu akan mudah menemukan inspirasi bisnis lewat pengalaman kamu berwisata kuliner. Ingin modal yang minim? Bisnis waralaba bisa jadi pilihan.

Terdapat banyak pilihan waralaba makanan yang modalnya kecil. Salah satuny adalah waralaba Takoyaki yang memiliki konsep pedagang kaki lima. Cukup dengan modal awal senilai Rp 2,5-Rp 5 juta, kamu sudah bisa menjadi juragan Takoyaki.

Jasa les privat

Dengan modal hanya sebesar Rp 5 juta, bisnis jasa les privat adalah pilihan yang cukup menarik. Untuk membuka les privat tahap awal, kamu tidak perlu menyewa tempat. Cukup kumpulkan tenaga kerja berupa guru guru yang siap mengajar dan mencari calon murid yang membutuhkan jasa pengajaran tambahan. Bermodalkan Rp 4 juta saja, kamu bisa raih omzet hingga puluhan juta per bulannya.

Bisnis Budidaya

Bisnis budidaya kini tengah menjadi tren di kalangan anak muda. Salah satu pilihan yang menarik adalah budidaya ikan lele. Modal memulai budidaya lele tahap awal terbilang murah yakni tak sampai Rp 5 juta. Modalnya digunakan untuk membuat kolam yakni sekitar Rp 1 juta. Sementara untuk bibit lele membutuhkan bujet senilai Rp 1,5 juta untuk bibit sebanyak 3.500-4.000 buah dan pakan lele selama sebulan sekitar Rp 1 juta. Bila kamu tidak mau mengerjakan pemeliharannya sendiri, butuh dana gaji pegawai senilai Rp 1 juta per bulan. Total biaya hanya sebesar Rp 4,5 juta.

Bisnis fesyen

Untuk kamu yang punya keahlian menjahit, kamu bisa menggunakan keahlian tersebut sebagai modal berbisnis. Untuk kamu yang ingin melakoni bisnis usaha jahit pakaian, modal awal yang perlu dikeluarkan kurang lebih hanya sekitar Rp 4 juta.

Kamu hanya perlu beli mesin jahit standar dengan harga sebesar Rp 3,5 juta dan benang, jarum, serta berbagai perlengkapan lainnya sebesar Rp 500 ribu. Kamu bisa menjalani bisnis ini di rumah terlebih dahulu dan memasarkannya secara online.

(Baca juga: 7 Usaha Agrobisnis Menguntungkan yang Bisa Dilakukan di Rumah)

Jasa binatu

Laundry kiloan merupakan bisnis yang sangat menggiurkan, apalagi kalau kamu tinggal dekat kampus, perumahan, dan kos-kosan.

Modal bisnisnya tidak besar kok hanya Rp 3,5 juta untuk mesin cuci + pengering, 2 buah Setrika sekitar Rp 500 ribu, timbangan Rp 200 ribu, Deterjen dan Pewangi sebesar Rp 250 ribu dan peralatan serta perlengkapan lain seperti ember, jepitan, jemuran dan sebagainya sekitar Rp 450 ribu. Total hanya sekitar Rp 4,9 juta saja! Gimana, kamu tertarik?

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.