Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan Saat Bulan Puasa

by Surtan Siahaan on 10 Mei, 2016

Bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Selain harus mempersiapkan diri agar lebih siap menghadapi bulan penuh berkah, puasa tahun ini juga waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Alasannya, bulan puasa selalu identik dengan meningkatnya konsumsi masyarakat. Jadi, kamu yang sudah berencana menjalankan bisnis, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dari sekarang.

Nah, jika modal sudah siap masalah selanjutnya adalah ide bisnis yang tepat. Sebab, dengan ide yang tepat, jalannya usaha juga bisa lebih mulus. Berikut ini ide bisnis di bulan puasa yang bisa kamu mulai:

Bisnis makanan

Sudah bukan rahasia lagi bila konsumsi rumah tangga untuk makanan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat saat Ramadhan. Bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan manisnya berkah berjualan makanan saat puasa, kenapa tidak menjalankan ide ini. Banyak sekali alternatif yang bisa kamu pertimbangkan mulai dari bisnis takjil.

Selain es buah dan kelapa muda banyak jenis minuman dan makanan kecil seperti kue kering yang bisa kamu pikirkan sejak sekarang. Selain itu, berjualan menu berbuka dan sahur juga tidak kalah menarik. Mulailah mencari ide menu di internet atau majalah makanan. Mulailah bereksperimen sejak sekarang untuk menemukan cara membuat makanan yang akan jadi produk andalanmu.

(Baca juga: Enam Kondisi yang Tidak Bisa Didebat Kalau Kamu Butuh Asuransi Kesehatan)

Bisnis busana muslim

Selain makanan, konsumsi pakaian menduduki urutan kedua tertinggi saat puasa. Tentu yang mendominasi adalah busana muslim. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu busana muslim yang bakal menjadi tren tahun ini. Kamu tidak perlu punya lapak untuk produks atu ini. Manfaatkan sosial media untuk menjualnya. Bahkan, bila tidak punya modal banyak, kamu bisa menjadi reseller atau agen penjual.

Bisnis organiser

Saat bulan puasa akan ada banyak acara yang diadakan mulai dari buka puasa bersama dan kegiatan rohani. Yang mengadakan acara seperti ini juga beragam mulai dari komunitas hingga perusahaan. Biasanya, untuk acar seperti ini perusahaan dan komunitas menggunakan jasa organiser.

Mengingat peluang bisnis ini terbuka lebar saat puasa, mengapa tidak mencoba membuat event organiser sendiri. Ajak teman atau saudaramu untuk patungan modal dan tenaga. Rancang jenis acara dan kegiatan yang bisa kamu tawarkan. Bila perlu coba ajukan proposal pada perusahaan sejak sekarang.

Bisnis parsel

Barang satu ini juga naik daun saat Ramadhan. Biasanya permintaan parsel semakin meningkat menjelang Lebaran. Untuk bisnis satu ini, kamu butuh persiapan cukup banyak muldai dari membeli keranjang hingga barang-barangnya. Mulai dari sekarang coba survei di mana tempat belanja yang murah sehingga parsel yang kamu jual masih terjangkau dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Jasa reservasi tiket

Kebutuhan tiket baik itu bus, travel, kereta hingga pesawat akan melonjak saat puasa. Karena tidak setiap orang punya waktu untuk mengurus tiket, omzet agen perjalanan biasanya melonjak saat puasa. Coba manfaatkan peluang ini dengan membuka agen perjalanan kecil-kecilan. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa membeli waralaba agen perjalanan dengan harga terjangkau.

(Baca juga: Hal-Hal yang Sering Diabaikan Orang Soal Warisan)

Penyalur PRT

Saat puasa banyak rumah tangga yang kerepotan karena ditinggal mudik oleh pekerja rumah tangga mereka. Tidak heran jika jasa PRT pengganti akan meningkat tajam saat puasa. Padahal, harga yang dipatok juga meningkat berlipat ganda. Nah, buat kamu yang punya banyak kenalan pekerja rumah tangga, coba manfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa PRT pengganti. Coba mulai lakukan penawaran sejak sekarang.

Tentang Penulis