Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ide Bisnis yang Cocok Modal Uang Pesangon Kamu

by Surtan Siahaan on 17 Februari, 2016

Siapa sih yang tidak takut mendengar kata Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Bagi pekerja yang mengalaminya, tentu terbayang beratnya perjalanan hidup paska PHK. Apalagi, biaya kebutuhan hidup semakin tinggi.

Bagi kamu yang mengalaminya, jangan sia-siakan waktu untuk berputus asa. PHK bukan lah akhir dari segalanya. Meski harus kehilangan mata pencaharian, kamu masih punya kesempatan mengubah nasib dengan memanfaatkan uang pesangon untuk membuka bisnis.

Kali ini, CekAja akan membantu kamu menemukan bisnis yang cocok. Sebagai simulasi, katakan lah kamu adalah seorang pekerja dengan masa kerja 5 tahun. Dengan masa kerja tersebut, undang-undang mengatur pekerja yang terkena PHK berhak memperoleh pesangon dan uang penghargaan yang totalnya mencapai 8 bulan gaji pokok.

Dengan rata-rata gaji pokok pekerja di Jakarta sejumlah Rp 5 juta, maka uang pesangon yang bisa kamu bawa pulang mencapai Rp 40 juta. Lantas, bisnis apa aja yang cocok untuk dana sebesar itu. Sebagai panduan memilih bisnis, berikut ini daftar yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Rental PS 3

Game satu ini punya banyak penggemar. Segmennya pun luas mulai dari anak sekolah hingga karyawan kantoran sekalipun. Modal untuk memulai bisnis ini juga tidak besar. Dengan uang Rp 40 juta hasil pesangon, kamu cukup menggunakan separuhnya untuk membeli sejumlah TV dan mesin PS3.

Sebagai tempat rental, kamu bisa menyewa kios atau menggunakan garasi rumah. Sekadar gambaran, harga mesin PS3 bekas berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Sedangkan televisi layar datar second bisa kamu peroleh dengan harga Rp 1 jutaan.

(Baca juga: Jumlah Tabungan yang Mesti Disiapkan Jika Ingin Berhenti Kerja dan Mulai Berbisnis)

2. Kantin sekolah

Dengan modal Rp 40 juta, kamu sudah bisa membuka kantin atau warung di dalam sekolah. Bisnis ini cukup mudah karena segmen pasarnya sudah jelas dan kebutuhan modal yang terjangkau. Jika bisa memasak atau mengolah makanan, kamu sudah punya nilai lebih.

Tapi, jika tidak bisa seklipun, masih bisa berjualan barang yang mudah dibuat seperti jus atau makanan ringan (snack, jajanan pasar dll).

3. Bisnis jersey bola online

Bisnis online adalah alternatif lain bagi kamu yang ingin berbisnis dengan modal terbatas. Jika masih tahap belajar dan tidak ingin mengambil risiko terlalu besar, kamu bisa menjalankan skema dropshipper.

Asalkan jeli menangkap peluang, cukup bermodalgadget, dan kesabaran, kamu bisa memperoleh sumber penghasilan baru. Untuk ide barang jualan, kamu bisa pilih dari hal yang paling disukai.

Jika kamu suka sepak bola, berjualan jersey bola secara online juga sangat menggiurkan. Karena sifatnya online, modal untuk berjualan jadi lebih terjangkau. Bahkan dengan modal Rp 10 juta kamu sudah bisa memulai bisnis satu ini.

(Baca juga: Empat Kesalahan yang Bisa Bikin Bisnismu Gagal)

4. Waralaba

Ada banyak keuntungan berbisnis dengan skema kemitraan. Selain tidak perlu membangun nama brand atau menyusun sistem, terwaralaba selaku pihak yang membeli waralaba juga tidak perlu mencari ide untuk menentukan format usaha.

Gampangnya, cukup duduk mengamati dan uang pun datang sendiri ke kantong kita. Nah, sebagai alternatif, cukup banyak lho waralaba yang menawarkan skema kemitraan dengan harga terjangkau. Dengan modal Rp 40 juta kamu bisa memilih waralaba yang sudah cukup punya nama seperti waralaba kedai kebab atau waralaba

5. Travel agen

Bisnis perjalanan wisata benar-benar kedapatan rezeki nomplok sepanjang penguatan Dollar terhadap Rupiah. Bukan hanya untung lantaran dibayar menggunakan Dollar, kondisi pelemahan Rupiah membuat banyak wisatawan dari negara-negara Eropa dan Amerika Serikat tertarik melakukan perjalanan ke Indonesia.

Beberapa daerah tujuan wisata seperti Bali bahkan mencatatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 11%.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami