Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis, Cocok untuk Jadi Inspirasi!

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ide dekorasi kamar tidur minimalis mungkin akan perlu diketahui, agar bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk kamu yang ingin merubah suasana baru di kamar.

Terkadang, mendesain kamar tidur kecil justru dianggap lebih sulit, karena kita harus pintar dalam menata barang agar tidak menimbulkan kesan penuh dan tetap minimalis.

Padahal sebenarnya, banyak lho ide dekorasi kamar tidur minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi, seperti yang akan kita bahas kali ini.

(Baca Juga: Tips Menghias Kamar Kos)

Bagi kamu yang masih bingung, yuk simak saja topik yang akan kita bahas berikut ini. Apa sajakah itu?

Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis

Setelah lelah beraktivitas sepanjang hari, tentu kamu ingin segera bisa beristirahat di kamar ketika setibanya di rumah.

Oleh karena itu, tak jarang banyak orang yang rela mengeluarkan budget tersendiri agar bisa mendekorasi kamarnya senyaman mungkin.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa ide dekorasi kamar tidur minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi, yaitu adalah:

1. Gunakan Dekorasi Seminim Mungkin

Ide dekorasi kamar tidur minimalis yang pertama adalah, dengan tidak terlalu menggunakan banyak dekorasi atau pajangan.

Usahakan untuk menata kamar secara sederhana dengan jumlah interior dan furniture secukupnya. Sebab, terlalu banyak dekorasi justru akan membuat tampilan kamar terlihat lebih sempit.

Setelah lelah beraktivitas sepanjang hari, tentunya kamu ingin segera relaksasikan tubuh di kamar tanpa ada rasa sesak, bukan?

Ketika tengah ingin mendesain ulang kamar tidur, cobalah kamu membayangkan tentang aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan di kamar tersebut.

Setelah itu, barulah kamu mengisi kamar dengan barang atau furniture yang memang sesuai kebutuhan saja.

Terutama untuk kamar kecil, hal-hal seperti ini sangat penting untuk dipertimbangkan, agar kamar tidak terlihat sempit dan berantakan.

2. Hindari Tempat Tidur Besar

Ide dekorasi kamar tidur minimalis selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan kamar tidur besar.

Untuk kamar kecil, ada baiknya jika kamu memilih dipan tempat tidur yang tidak memiliki kaki atau tanpa kepala.

Walaupun seringkali dianggap sepele, nyatanya kaki tempat tidur bisa menimbulkan kesan sempit dan sesak, jika dilihat secara visual.

Apalagi jika kamu menggunakan tempat tidur dengan motif yang rumit dan terlalu banyak detail.

Selain itu, lemari dinding dengan pintu geser juga bisa dijadikan sebagai pilihan, karena relatif lebih praktis dan dapat mengatasi masalah keterbatasan ruang di kamar tidur yang kecil.

3. Rak Penyimpanan yang Menyatu dengan Dinding

Masih membahas tentang keterbatasan ruang, selain menggunakan lemari dalam bentuk pintu geser, rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

Sebab, hal ini bisa mengurangi kesan sempit pada ruangan, namun tetap bisa dijadikan sebagai interior yang fungsional.

Akan tetapi, kekurangan dari rak yang menyatu pada dinding adalah, terkadang kamu mungkin akan kesulitan dalam membersihkannya.

Namun, keuntungannya kamu bisa memanfaatkan rak tersebut untuk berbagai hal, mulai dari tempat menata buku, boneka, koleksi, hingga berbagai dekorasi yang bisa menambah kesan estetik pada kamar.

Sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa lho menambahkan lukisan atau pajangan yang didominasi dengan warna putih, untuk menambah kehangatan suasana di kamar.

4. Letakkan Tempat Tidur di Sudut Ruangan

Bagi kamu yang memiliki kamar kecil, maka usahakan untuk tidak pernah meletakkan tempat tidur di tengah ruangan.

Sebaliknya, kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan, agar tersedia ruang kosong yang membuat ruangan kamar menjadi terlihat lebih luas.

Selain itu, tempat tidur yang menempel di dinding juga bisa memberikan kesan nyaman dan aman ketika kamu sedang beristirahat.

5. Ganti Lemari dengan Standing Clothes Rack

Nah, selain menjadikan lemari dengan pintu geser sebagai pilihan, kamu juga mengganti lemari dengan standing clothes rack, alias lemari terbuka.

Selain dapat meminimalisir penggunaan tempat, standing clothes rack ini juga membuat pakaian memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga dapat mencegah hadirnya jamur di pakaian favorit kamu.

Akan tetapi, untuk kamu yang memiliki jumlah pakaian yang cukup banyak, jenis lemari satu ini memang tidak akan cocok, karena pakaian bisa saja jatuh berserakan di lantai apabila tidak dirapikan secara benar.

6. Penggunaan Warna Cerah

Mungkin ini hanya berupa ilusi mata saja. Akan tetapi, kamar kecil memang disarankan untuk menggunakan warna cerah, seperti putih, pink muda, dan warna-warna pastel lainnya, untuk membuat kamar terlihat lebih luas.

Selain harus memilih cat dinding yang tepat, jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan pilihan warna sprei, furniture, gorden, hingga dekorasi pendukung lainnya.

Apabila kamu cowok dan kurang suka dengan warna-warna pastel, pilihan warna seperti abu-abu muda, krem, atau broken white, bisa dijadikan sebagai pilihan.

7. Meja yang simple dan Praktis

Kamu merasa bahwa kehadiran meja di kamar tidur kecil justru memberikan kesan sempit? Maka meja yang tergantung di dinding bisa dijadikan sebagai solusi.

Tak perlu membelinya di toko furniture, meja jenis ini bahkan bisa kamu buat sendiri lho di rumah, yaitu dengan memanfaatkan papan kayu yang ada.

Manfaatkanlah sudut ruangan untuk meletakkan meja gantung ini. Pada nantinya, meja ini bisa dijadikan sebagai furniture multifungsi yang bisa mendukung berbagai aktivitasmu di kamar, mulai dari belajar, bekerja, makeup, hingga meletakkan dekorasi pendukung lainnya.

Sebagai alternatif lainnya, kamu juga bisa merancang bedhead atau meja yang menyatu pada kepala tempat tidur, yang pada nantinya juga bisa dijadikan sebagai meja multifungsi.

Ukuran ideal untuk rak gantung yang sekaligus dijadikan sebagai meja kerja adalah 1×3 cm. Pastikan pula bahwa meja terbuat dari material yang kokoh, agar tidak mudah roboh ketika digunakan.

8. Tempat Tidur Laci

Jika kamu lihat di berbagai toko furniture, mungkin tempat tidur laci ini sudah sering kamu jumpai.

Perlu diketahui bahwa untuk ruangan kamar yang sempit, satu hal yang perlu diperhatikan adalah penyimpanan barang.

Nah, tempat tidur laci ini bisa dijadikan sebagai pilihan, guna meminimalisir penggunaan furniture yang berlebih serta memanfaatkan luas ruangan yang terbatas.

Ide dekorasi kamar tidur minimalis satu ini bisa kamu jadikan inspirasi. Sebab agar terlihat lebih rapi, seluruh barang bisa kamu simpan di laci yang terdapat di bawah tempat tidur tersebut.

Tak hanya untuk meminimalisir penggunaan ruangan saja, penggunaan laci ini bahkan juga bisa mempermudah kamu untuk menyimpan dan mencari barang.

9. Berikan Sentuhan Wall Sticker dan Karpet

Ide dekorasi kamar tidur minimalis selanjutnya adalah dengan memberikan sentuhan wall sticker dan karpet sebagai dekorasi pelengkap.

Melihat dinding yang polos mungkin akan memberikan kesan jenuh seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan memasang wall sticker bermotif di satu sisi dinding, untuk menghadirkan suasana yang berbeda.

Nah, untuk menyeimbangkan kehadiran dari wall sticker ini, kamu juga bisa mendekorasi lantai yang polos dengan karpet yang didominasi dengan warna yang senada.

Sebagai saran tambahan, agar tidak memberikan kesan yang sempit, kamu bisa menempelkan wall sticker di satu sisi dinding yang polos saja.

10. Manfaatkan Pencahayaan Alami

Ide dekorasi kamar tidur minimalis yang terakhir adalah, dengan memanfaatkan pencahayaan alami.

Dibandingkan kamu menambahkan dekorasi lampu di kamar, alangkah baiknya jika kamu hanya memanfaatkan pencahayaan alami, yaitu dari sinar matahari.

Sebab, suasa sempit yang timbul dari kamar tidur kecil justru bisa diatasi dengan kehadiran pencahayaan alami tersebut.

Sebagai solusi, kamu bisa memilih jendela berukuran sedikit lebih besar agar semakin banyak pula matahari yang bisa masuk untuk menyinari kamar.

Jadi, itulah beberapa ide dekorasi kamar tidur minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat kamar tampak lebih luas dan tidak memberikan kesan sempit.

Akan tetapi, untuk mendekorasi ulang kamar, tentu kamu perlu membeli sejumlah barang-barang keperluan dekorasi yang bisa memberikan suasana berbeda pada kamar.

Namun, patut diakui bahwa tidak semua barang dekorasi memiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itu, kamu mungkin akan memerlukan kartu kredit untuk membuat pengeluaran menjadi lebih hemat.

(Baca Juga: Rekomendasi Meja Lipat Terbaik)

Kenapa sih harus kartu kredit? Sebab, saat ini sudah banyak kartu kredit yang menawarkan berbagai jenis promo dan diskon menarik yang akan membuat pengeluaran kamu menjadi jauh lebih hemat.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Jangan khawatir! Karena, CekAja hadir untuk memberikanmu kemudahan.

Selain seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, melalui CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan tentang jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup lho.

Tak hanya itu, setiap kartu kredit yang telah disetujui juga akan langsung dikirim ke alamat yang telah kamu cantumkan pada saat mengisi form pengajuan. Sangat mudah dan cepat, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera wujudkan kamar impianmu bersama kartu kredit dari CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha