Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

4 menit waktu bacaan

Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak yang Hemat Biaya

by Surtan Siahaan on 25 October, 2017

Mau merayakan ultah anak namun masih bingung soal dekorasi ulang tahun? Lima Ide berikut dijamin bikin pesta meriah meski tak membuat kantong kempes.

Ide berikut ini cocok bagi rekan CekAja yang berencana merayakan hari lahir sang buah hati di rumah. Barang-barang keperluan dekorasi pun tak perlu mahal.

Cukup gunakan barang bekas yang mudah ditemukan di sekitar rumah kita seperti kertas bekas, stik es krim, sedotan, bungkus cup cake, balon, kursi kayu, cat dan foto-foto anak kita saat masih bayi hingga sekarang.

Sediakan juga peralatan seperti gunting, lem dan cutter. Sudah siap membuatnya? Yuk, kita mulai sekarang.

Hiasan daun-daun kertas dari kertas krep

Mari kita mulai dari langit-langit dengan membuat gantungan unik dari kertas krep. Caranya mudah. Gunting kertas krep berdasarkan pola daun yang sudah dibuat terlebih dahulu.

Letakkan benang jahit di antara dua kertas dan rekatkan dengan lem hingga menjadi satu daun. Buat hal yang sama sehingga daun menjadi untaian yang panjang. Usahakan untuk menggunakan kertas krem dengan warna cerah seperti merah, hijau, kuning dan biru.

Pot tanah liat untuk tempat sendok, pisau dan garpu

Punya tambang tali Samson dan pot tanah liat kecil yang sudah tak terpakai. Cuci hingga bersih dan ikat serumpun bunga liar dengan tali hias. (Baca juga: Ide Pesta Ultah Anak dengan Bujet Ratusan Ribu Rupiah)

Isi dengan peralatan makan seperti sendok, garpu dan pisau makan. Gunting kertas dan tulis untuk membedakan satu dan lainnya. Tempelkan pada pot.

Stick es krim bekas untuk hiasan meja

Agar meja makan tidak terlihat polos, kita bisa menaruh hiasan. Caranya ambil stick es krim dan rekatkan satu dan lainnya menggunakan lem kayu.

Buat memanjang dengan ukuran sesuai dengan lebar dan panjang meja makan. Setelah menyatu, siapkan cat dan percikkan menggunakan kuas di atas table runner tersebut.

Agar meja lebih meriah, kumpulkan botol plastik bekas dan cat dengan warna-warna cerah. Masukkan bunga potong. Buat sekitar 5 botol dan letakkan di atas table runner yang sudah dibuat.

Bungkus cupcake untuk tambahan hiasan langit langit

Agar langit-langit lebih semarak, buat hiasan sederhana dari bungkus cup cake. Pilih bungkus warna warni dan ambil benang katun secukupnya.

Lubangi bagian dalam bungkus cup cake dan masukkan benang. Buat secukupnya dan gantungkan di langit-langit atau di pintu masuk rumah sebagai tirai unik.

Kursi kayu wana warni

 

Jika punya kayu bekas, kita bisa sulap menjadi kursi kecil untuk tempat duduk undangan. Gunakan cat dan warnai kursi tersebut dengan warna-warna cerah. Kursi pesta tersebut akan cocok dengan dekorasi meja yang sudah semarak.

Balon ultah jangan sampai ketinggalan

Pesta ultah anak kecil tanpa balon kurang lengkap rasanya. Agar makin bagus, isi balon dengan gas. Tak perlu beli gas, cukup buat sendiri menggunakan air dan soda api.

Sudah banyak tutorial membuat gas yang bisa kita lihat di internet. Jangan lupa ikat benang dengan tali atau pita. Agar lebih semarak beri lem kertas pada permukaan balon dan taburkan kertas kilap. (Baca juga: 7 Permainan yang Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Pintar)

Hiasan tembok, buat nama anak yang berulang tahun dengan kertas

Kita butuh bantuan proyektor untuk membuat hiasan satu ini. Pertama, buat dulu menggunakan komputer. Pilih font atau jenis huruf yang paling menarik.

Selanjutnya tempelkan kertas warna ukuran besar di tembok dan proyeksikan hasil kreasi nama tersebut menggunakan proyektor di dinding yang sudah ditempelkan kertas.

Buat pola mengikuti contoh yang diproyeksikan. Setelah selesai, ambil kertas dan gunting kertas hingga tinggal menyisakan nama saja. Semakin besar ukuran semakin bagus.

Lokasi alternatif pesta ultah selain di rumah

Dekorasi biasanya menyesuaikan dengan tempat pelaksanaan pesta. Agar tidak bingung untuk menentukan lokasi, berikut adalah alternatif tempat yang bisa dipilih selain di rumah.

Pesta ultah di sekolah

Bila ruang di rumah tidak cukup, kita bisa merayakan ultah anak di sekolah. Namun jangan lupa, mintalah izin pihak sekolah terlebih dahulu tentang rencana ini. Terutama kepada guru kelas, bila ingin memakai ruangan di tempat anak kita belajar.

Keuntungan jika mengadakan pesta ultah di sekolah, kita tak perlu lagi menyiapkan meja dan kursi. Agar lebih hemat, terapkan dekorasi minimalis dan mudah ditempel di atas ruang kelas.

Rayakan ultah di restoran makanan siap saji

Bila tidak ingin repot, kita bisa mengadakan acara ultah anak di restoran siap saji. Bila bujet cukup, tak perlu pusing menyiapkan seluruh keperluan pesta mulai dari kartu undangan, topi ultah, permainan, hingga sewa badut.

Pesta ultah di taman

Taman bisa jadi lokasi ultah yang menarik buat anak-anak. Selain makan, pesta yang diadakan pun bisa memiliki arena bermain yang luas bagi anak-anak. Cobalah cari lokasi taman kota yang diminati. Minta izin pada Dinas Pertamanan setempat.

Namun, tantangan menggelar pesta ultah di taman adalah kita harus membawa peralatan dari rumah. Selain itu, pastikan untuk tidak mengadakan pesta di taman saat musim hujan.

Tempat bermain anak

Jika punya dana cukup besar, kita bisa menggunakan tempat bermain anak seperti Miniapolis, Tamani Kids, Kidzania dan tempat-tempat sejenis. Biasanya pengelola memang menyediakan tempatnya dijadikan sebagai lokasi pesta ultah anak.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami