Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ide Isi Liburan Long Weekend dan Harpitnas 2020 Biar Seru!

by Tisyrin N. T on 2 September, 2019

Yeay! Pemerintah belum lama ini mengumumkan deretan Hari Libur Nasional dan cuti bersama untuk tahun 2020. Nah, kalau melihat deretan tanggal tersebut, kita akan menemukan sejumlah long weekend dan hari libur yang mepet dengan hari libur lainnya atau lumrah disebut hari kejepit nasional (harpitnas).

long weekend 2020

Kamu bisa memanfaatkan long weekend dan harpitnas untuk sekedar jalan-jalan singkat menghilangkan penat. Atau, kalau punya bujet lebih, bisa ke luar kota atau bahkan luar negeri. Tentunya kalau tujuan liburanmu terbilang jauh dan membutuhkan waktu yang lama, kamu bisa extend long weekend atau harpitnas dengan mengambil jatah cuti tahunanmu ya!

Sepanjang tahun 2020, ada 16 Hari Libur Nasional dan 4 hari Cuti Bersama. Inilah daftar seluruh Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2020:  

Hari Libur Nasional

  1. 1 Januari, Tahun Baru 2020 Masehi
  2. 25 Januari, Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili
  3. 22 Maret, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
  4. 25 Maret, Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942
  5. 10 April, Wafat Isa Al Masih
  6. 1 Mei, Hari Buruh Internasional
  7. 7 Mei, Hari Raya Waisak 2564
  8. 21 Mei, Kenaikan Isa Al Masih
  9. 24-25 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
  10. 1 Juni, Hari Lahir Pancasila
  11. 31 Juli, Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah
  12. 17 Agustus, Hari Kemerdekaan RI
  13. 20 Agustus, Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah
  14. 29 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW
  15. 25 Desember, Hari Raya Natal

Cuti Bersama

  1. 22, 26 dan 27 Mei (Hari Jumat, Selasa dan Rabu), Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri
  2. 24 Desember (Hari Kamis), Cuti Bersama Hari Raya Natal

Nah, ini dia ide mengisi long weekend dan harpitnas 2020 yang bisa kamu coba, mulai dari wisata religi sampai berlibur ke luar negeri:

  • April – Festival Pesona Tambora

Pada bulan April, kamu akan bertemu Hari Libur Nasional pada Jumat, 10 April 2019 yang merupakan hari wafatnya Isa Al Masih. Tanggal merah tersebut bersambung dengan hari libur di akhir pekan. Nah, mumpung ada long weekend, kamu bisa persiapkan dari sekarang untuk berlibur ke Sumbawa di bulan April.

Kenapa Sumbawa? Karena setiap bulan April ada Festival Pesona Tambora di Kabupaten Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Festival rutin tahunan ini bertujuan memperingati meletusnya Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815. Selain itu juga untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Dompu pada tanggal 11 April.

Melalui Festival Pesona Tambora, kamu akan memperoleh edukasi tentang sejarah erupsi dahsyat Gunung Tambora. Festival ini juga diramaikan kegiatan pentas seni, budaya, hingga olahraga. Kalau mau lebih puas, extend saja liburanmu dengan mengambil jatah cuti tahunan ya!

(Baca juga: Tips Menikmati Long Weekend Seru Bersama Anak)
  • Mei – wisata religi dan mudik lebaran

Long weekend di bulan Mei ini bejibun lho. Pada awal bulan, kamu akan bertemu libur di hari Jumat, 1 Mei 2020 (Hari Buruh Internasional) yang bersambung dengan akhir pekan. Karena sudah memasuki bulan Ramadan, kamu bisa cobain wisata religi ke masjid bersejarah. Salah satu masjid bersejarah adalah Masjid Agung Banten yang dibangun pada sekitar tahun 1552 pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Masjid ini punya ciri khas atap bangunan utama yang bertumpuk seperti pagoda.  

Ada pula Masjid Menara Kudus yang bentuknya unik karena punya menara seperti candi. Masjid ini dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus dan bentuknya unik karena memiliki menara yang menyerupai candi. Selanjutnya ada Masjid Agung Demak yang dahulu jadi tempat berkumpul para Wali Songo.

Kamu bakal ketemu libur lagi pada Kamis, 7 Mei 2020 (Hari Raya Waisak 2564). Berhubung ini hanya harpitnas, manfaatkan saja waktumu untuk belanja persiapan Lebaran dan mudik.  Libur berikutnya pada  hari Kamis, 21 Mei 2020 (Hari Kenaikan Isa Al Masih) bersambung dengan tanggal 22-27 Mei 2020 (Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H) tentu bisa kamu manfaatkan untuk mudik dan berwisata di kampung halaman.

  • Juni – Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Pada awal bulan Juni, kamu bakal ketemu long weekend karena ada libur pada hari Senin, 1 Juni 2020 (Hari Lahir Pancasila). Manfaatkan libur di bulan Juni untuk mengunjungi Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang merupakan ajang pameran terbesar se-Asia Tenggara.

PRJ adalah agenda tahunan yang selalu terselenggara menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni. Tahun ini saja PRJ diadakan pada tanggal 22 Mei 2019 – 30 Juni 2019. Nah, di PRJ kamu bisa wisata belanja karena banyak sekali produk yang dipamerkan di sana. Selain itu, PRJ juga bisa jadi tujuan rekreasi keluarga karena menyediakan area permainan anak yang cukup lengkap. Berburu kuliner khas Jakarta dan daerah-daerah lainnya juga bisa kamu lakukan di PRJ!

  • Juli – merayakan Idul Adha dan staycation

Hari Raya Idul Adha tahun depan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 tepat di hari Jumat. Nah, usai merayakan Idul Adha bersama keluarga, kamu bisa melanjutkan berlibur di hari Sabtu dan Minggu (1-2 Agustus 2020). Gaya liburan singkat menyenangkan yang bisa kamu pilih adalah staycation.  

Salah satu pilihan hotel menarik untuk staycation adalah Park 5 Simatupang yang berlokasi di Jalan Intan RSPP No. C5, Cilandak.  Hotel ini bergaya modern minimalis. Kamarnya dilengkapi dengan akses WiFi, AC, TV layar datar, teko listrik, balkon, dan kamar mandi dalam. Fasilitasnya termasuk kolam renang dan restoran.

Atau kamu bisa memilih MaxOneHotels at Sabang yang terletak di Jalan KH Agus Salim No. 24 di kawasan Sabang. Kamarnya lengkap akses WiFi, AC, TV, dan kamar mandi. Lokasinya dekat dengan kawasan hiburan dan kuliner di Jakarta.

Hotel lain yang gak kalah seru yaitu Artotel Thamrin, yang terbilang artsy seperti namanya. Tentu saja hotel ini sangat instagrammable. Hotel ini juga lokasinya strategis karena dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan dan kuliner.

  • Agustus 2020 – wisata sejarah

Agustus adalah bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Kamu bisa menikmati hari libur pada Senin, 17 Agustus 2020. Tentunya, hari Sabtu – Senin atau tanggal 15 – 17 Agustus 2020 merupakan long weekend ya!

Untuk merayakan Hari Kemerdekaan, gimana kalau kamu mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah?  Beberapa tempat yang recommended untuk mengenal sejarah lebih jauh antara lain Museum Joang 45, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan Tugu Proklamasi di Jakarta. Selain itu ada pula Museum 10 November dan Tugu Pahlawan di Surabaya.

(Baca juga: Siap-Siap Masukin Bucketlist! Ini 7 Destinasi Liburan Nikita Willy yang Anti-Mainstream)
  • Desember – merayakan Natal di luar negeri

Hari Raya Natal tahun ini jatuh pada hari Jumat, 25 Desember 2020. Terdapat tambahan libur Cuti Bersama Natal pada hari Kamis, 24 Desember 2020. Wow, artinya kamu bisa nikmatin long weekend mulai dari tanggal 24 – 27 Desember 2020! Biar liburannya lebih puas, jangan lupa ambil juga jatah cuti tahunanmu di bulan Desember. 

Melihat kemeriahan perayaan Natal di luar negeri bersama keluarga bisa jadi agenda yang seru! Di New York – Amerika Serikat misalnya, pusat perayaan Natal berlangsung di Rockefeller Center. Pohon Natal raksasa dan arena ice skating akan mempercantik kawasan tersebut. Atau kamu dan keluarga bisa mengunjungi Nuremberg di Jerman untuk jalan-jalan ke pasar Natal yang bisa menarik jutaan pengunjung. Negara lain yang tak kalah seru untuk dikunjungi ketika Natal antara lain Belanda dan Austria. 

Gimana? Siap jalan-jalan untuk mengisi long weekend tahun 2020? Jangan lupakan asuransi perjalanan untuk melindungi dirimu dan keluarga ya! Cek pilihannya di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.