Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ide Jadi Tuan Rumah Bukber Tanpa Harus Jadi Bangkrut

by Ariesta on 17 Juni, 2016

Aktivitas buka bersama (bukber) bukan artinya harus membuat kantong jebol. Apalagi kamu ditunjuk jadi tuan rumah. Pakai saja ide-ide berikut.

Sebenarnya salah satu tips agar bukber tidak membuat kantong jebol adalah dengan mengadakannya di rumah. Konsep bukber di rumah selain hemat, kamu dan teman-teman juga bisa berkumpul lebih lama, lebih bebas, tempat salat pun bersedia.

Tapi bukber di rumah justru membuat repot. Tuan rumah apalagi, harus menyiapkan alat makan hingga beres-beres. Nah, kalau dalam bukber angkatan mendatang kamu ditunjuk sebagai tuan rumah, ini tips hemat dan anti repot yang bisa kamu terapkan.

Potluck

Setiap peserta bukber membawa makanan masing-masing untuk kemudian digabung dengan tamu lain dan dinikmati bersama. Makanan bisa dibeli atau dibikin sendiri. Kalau masing-masing peserta membawa satu jenis makanan, bayangkan ada berapa jenis makanan jika yang datang satu kelas atau satu angkatan!

Asyiknya potluck ini, kamu bisa mencoba bermacam-macam makanan tanpa perlu keluar uang. Hemat kan? (Baca juga: Tunjukkan Buka Puasa Hematmu! Gratis Voucher Belanja Jutaan Rupiah)

Membawa alat makan sendiri

Sebagai tuan rumah, menampung berpuluh-puluh orang saja sudah kerepotan. Apalagi harus menyiapkan alat makan untuk orang sebanyak itu. Bisa-bisa acara bukber beda tipis dengan resepsi pernikahan.

Tak perlu menyewa ke katering, suruh saja teman-temanmu membawa dua piring dan satu gelas beserta sendok dan garpu. Nantinya masing-masing akan bertanggung jawab terhadap alat makannya sendiri. Tidak mungkin kan mereka meninggalkan alat makan di rumahmu? Sebagai tuan rumah, kamu pun bebas dari acara mencuci piring.

THR - Promo Pinjaman Kredit Kebutuhan Lebaran

Bagi tugas

Tidak mau memakai cara potluck dan repot membawa alat makan sendiri? Pakai sistem bagi tugas. Teman-temanmu pasti sudah dewasa sehingga mereka pasti  bisa bertanggung jawab. Misalnya si A ditugaskan membawa es buah, si B martabak, si C sop ayam, dan semuanya dibayar menggunakan uang hasil patungan.

Begitu juga dengan menata hidangan sampai mencuci piring. Kalau semua punya tugas masing-masing, kamu sebagai tuan rumah pasti tidak pusing.

Manfaatkan jasa ojek online

Kalau kamu dan teman-teman tetap ingin makan ala restoran meski bukber di rumah, manfaatkan saja jasa antar ojek online. Tenang saja, selama Ramadan ini banyak diskon yang ditawarkan sehingga tetap lebih hemat. Misalnya GrabFood yang memberlakukan gratis biaya antar dan potongan Rp 20.000 dari total biaya makananmu dengan menggunakan kode promo GFRAMADAN. (Baca juga: Kebiasaan Makan Ketika Puasa yang Bikin Badanmu Tidak Melar Saat Lebaran)

GO-JEK melalui GO-FOOD juga memiliki promo biaya pengantaran spesial yakni Rp9.000 untuk restoran partner. GO-FOOD sendiri memiliki lebih dari 7.000 partner dari 35.000 restoran yang telah terdaftar di dalam aplikasi GO-FOOD di 10 Kota. Baik dengan GrabFood atau GO-FOOD, kamu tetap bisa makan enak dengan harga lebih murah.

Tidak perlu capek-capek, tidak perlu bermacet-macetan, tidak perlu cuci piring, dan tetap bisa lebih hemat. Bagaimana, siap jadi tuan rumah untuk bukber tahun ini?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami