Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ide Ngabuburit Akhir Pekan yang Kreatif dan Gak Bikin Kantong Kempes

by Surtan Siahaan on 25 Juni, 2016

Ngabuburit adalah tradisi asyik yang hanya bisa ditemukan saat Ramadan. Aktivitas mengisi waktu menjelang berbuka puasa ini biasanya dimanfaatkan dengan mencari kegiatan yang menyenangkan. Tapi, jangan sampai aktivitas ngabuburit membuat anggaran belanjamu membengkak.

Untuk membantu kamu mencari kegiatan yang unik namun tidak bikin dompet jebol, berikut ini 5 ide ngabuburit kreatif yang harus kamu coba:

Memancing

Aktivitas memancing bisa jadi pilihan bagi kamu yang mau ngabuburit tidak biasa. Tapi, sebaiknya pilih lokasi mancing yang teduh sehingga tidak bikin haus dan lelah. Aktivitas yang lebih membutuhkan kesabaran dibandingkan tenaga ini cocok buat kamu.

Ikan yang berhasil ditangkap juga bisa digunakan untuk menambah lauk berbuka puasa. Peralatan memancing juga tidak mahal. Bahkan jika kamu tidak berniat membeli, ada rental peralatan pancing yang bisa dimanfaatkan. (Baca juga: Pelajaran Penting dari Drama Korea tentang Caranya Berjodoh dengan Miliarder)

Membuat barang kerajinan

Ramadan tidak hanya identik dengan hati dan pikiran yang bersih melainkan lingkungan yang juga bersih. Cobalah mengurangi sampah yang ada di sekitarmu seperti botol pastik atau kertas bekas dengan membuat barang kerajinan.

Selain cocok dilakukan bagi orang berpuasa karena tidak membutuhkan kerja fisik yang berat, membuat barang kerajinan juga bisa menghasilkan uang tambahan. Siapa tahu, ketika ditawarkan di akun sosial media milikmu, banyak yang meminati dan bisa menjadi sumber tambahan THR.

Membaca buku

Membaca bisa sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Caranya, coba cari lokasi membaca yang beda dari hari-hari biasa seperti taman atau perpusatakaan kota. Kunjungi perpusatakaan perpusatakaan umum yang selama ini belum pernah kamu datangi. Selain gratis, kamu juga bisa menambah pengetahuan yang pastinya membuat aktivitas ngabuburitmu menambah pahala.

Masak bersama teman

Dibandingkan harus mengadakan buka bersama di restoran, kenapa tidak kalian membuat dan menyiapkan sendiri acar bukber tersebut. Nah, aktivitas masak-memasak tersebut bisa dilakukan sembari ngabuburit.

Pilih rumah teman yang punya dapur luas dan masaklah sejumlah makanan yang bisa dikerjakan bersama-sama. Kalau tidak ada di antara kalian yang jago masak, bisa tonton video tutorial memasak bersama-sama. (Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Receh yang Aman untuk Lebaran)

Menjahit baju Lebaran

Dibanding kamu harus membeli baju baru, kenapa tidak membuatnya sendiri? Cukup modal mesin jahit yang ada di rumah, kain dan pola yang kamu buat sendiri, waktu ngabuburit selama sebulan bisa berbuah satu helai baju atau kerudung baru yang bisa kamu kenakan saat Lebaran nanti.

Coba cari model baju Lebaran yang kamu inginkan dan beli bahan yang sesuai. Kegiatan menyulam juga sangat cocok dilakukan di waktu ngabuburit. Selain memang harus dilakukan di dalam rumah, kegiatan yang membutuhkan konsentrasi dan kesabaran ini akan membuatmu lupa pada waktu. Tanpa terasa waktu puasa akan lebih singkat dari biasanya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami