Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ide Ngabuburit Kreatif untuk Menunggu Waktu Berbuka Puasa

by Satrya Agung on 7 Juni, 2016

buka puasa bersama-CekAja.com

Kuping orang Indonesia sudah terbiasa mendengar istilah “Ngabuburit” apalagi pada saat bulan puasa Ramadhan. Istilah ini akan sering terdengar lalu lalang.

Secara umum kata ngabuburit dimaknai kegiatan di sore hari menjelang atau menunggu waktu berbuka puasa. Tapi rasanya tidak semua orang Indonesia tahu dari mana kata ini berasal dan apa arti sesungguhnya.

Ngabuburit adalah berasal dari bahasa Sunda yang diambil dari kata “burit” yang berarti sore, senta, atau waktu menjelang maghrib. Pada implementasinya kata ngabuburit sering dikaitkan dengan puasa dimana orang-orang mengisi waktu jelang berbuka puasa.

Yang umum terjadi kegiatan yang dilakukan saat ngabuburit adalah berburu makan pembuka puasa, nongkrong dan bermain dengan teman-teman, atau sekadar jalan-jalan sore. Sementara ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit ini dan tentunya bermanfaat. Berikut akan kami bocorkan kegiatan apa saja yang seru saat ngabuburit.

Mengaji dan menghapal Al-qur’an

Berpuasa sesungguhnya tidak hanya menahan lapar haus saja. Tapi adalah waktu yang paling baik untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Pahala yang didapatkan akan berlipat ganda nilainya dari bulan-bulan selainnya. Untuk itu baiknya kita perbanyak amalan kita selama bulan Ramadhan dan berdoa semoga amalan-amalan itu bisa diteruskan di bulan selanjutnya.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa kamu bisa isi dengan mengaji dan menghapal Alqur’an. Jika dalam satu hari kita bisa menghapalkan 10 ayat saja tentu niscaya akhir bulan Ramadha ada 300 ayat baru yang dihapal.

Jual makanan pembuka puasa

Ramadhan saat melnjalani bisnis sampingan. Kamu bisa menjual berbagai jenis makanan khas Ramadhan atau makanan lain. Memang akan banyak orang yang akan melakukan hal yang sama, tapi ingat, di bulan tersebut permintaannya sangatlah tinggi lho. Jadi tidak ada salahnya kalau kamu coba ikut berjualan. Waktu tidak terbuang percuma dan uang pun dapat. Dan kamu bisa lho meniatkan menjual makanan tersebut untuk ibadah.

Ikut bersihkan masjid

Tiap malam Ramadhan masjid-masjid akan ramai dikunjungi jemaah untuk shalat tawarih berjemaah. Dan biasanya para pengurus masjid akan sangat sibuk membersihkan dan merapikan mesjid agar semakin nyaman.

Kamu bisa ikut andil seperi membersihkan karpet masjid, menyapu dan pel, merapikan taman mesjid agar semakin indah, dan mencuci perlengkapan sholat yang ada di mesjid tersebut. Bayangkan pahala yang akan kamu raup. Setiap pahal orang yang beribadah di masjid tersebut baik itu sholat, mengaji, dan lain-lain, kamu akan mendapatkannya juga, dan itu nanti akan dikali 1.000 lho.

Menulis novel

Setelah seharian berpuasa tentu ada sedikit cerita. Tentang bagaimananya kamu berjuang agar tidak batal. Atau godaan yang datang. Baik cerita penyemangat, komedi, roman, atau horor mungkin. Nah semua cerita itu bisa kamu tuang jadi novel. Selesai Ramadhan kamu akan punya 1 novel yang siap diedarkan. Tinggal pilih mau masuk penerbit atau self publish.

Ikut kegiatan sosial

Tiap bulan Ramadhan akan banyak kegiatan sosial yang diadakan berbagai komunitas. Meski kamu bukan anggota komunitas-komunitas tersebut kamu tetap akan diterima kok. Mereka akan sangat mengapresiasi relawan-relawan yang ikut membantu. Pahala dapat, teman dapat. Siapa tahu ketemu jodoh. #eh

Itulah tadi beberapa kegiatan ngabuburit seru jelang waktu berbuka puasa. Sebenarnya masih banyak yang lain. Tapi rasanya kegiatan-kegiatan di atas sudah cukup untuk mengisi waktu sore hari di bulan puasa. Menurut kamu mana yang cocok untuk kamu jalani? Atau kamu punya ide lain?

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami