Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

5 menit waktu bacaan

Ide Perayaan 17 Agustus yang Unik Sekaligus Menguntungkan

by lhmdi on 25 July, 2017

Setiap tahunnya perayaan 17 Agustus atau hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu menampilkan nuansa yang berbeda-beda. Beberapa bentuk perayaan yang rutin dan sering kita lihat diantaranya adalah panjat pinang, balap karung hingga acara memasak.

Namun, siapa sangka dibalik mengikuti perlombaan 17 Agustus kamu bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah dengan mewujudkan ide-ide baru untuk memeriahkan 17 Agustus dengan berbagai lomba yang unik.

Sebagai contoh, untuk satu lomba panjat pinang beregu atau perorangan yang sifatnya musiman beberapa pihak panitia bahkan memberikan hadiah berupa uang tunai hingga hadiah lainnya seperti sepeda motor.

Kamu pun bisa  melakukan hal yang sama, dengan menciptakan ide-ide baru tentang lomba perayaan 17 Agustus nanti.

Ide Lomba dan Acara 17 Agustus 2017

Tahun ini, bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti semaraknya perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus, dapat membuat ide-ide lomba yang baru. Selain mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, lomba ini tentunya dapat memberikan  keuntungan yang besar secara finansial.

Lalu, ide lomba apa saja yang bisa kamu coba menjelang perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus di tahun 2017 ini.

  1. Lomba Lari

Olahraga lari yang terus populer setiap tahunnya bisa menjadi ide awal bagi kamu yang ingin menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia.  Perlombaan ini bisa kamu coba karena cukup mudah dilaksanakan.

Sebagai contoh, jika kamu tergabung dengan beberapa komunitas olahraga lari, maka bisa mengajak beberapa brand atau perusahaan besar untuk menjadi sponsor dari acara perlombaan lari tersebut.

Melalui cara ini kamu atau komunitas akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan lainnya.

Hal ini masih akan bertambah karena masyarakat yang mendaftar sebagai peserta biasanya akan menyerahkan uang pendaftaran untuk mengikuti acara lomba lari tersebut.

  1. Perlombaan tradisional

Di setiap lomba 17 Agustus, biasanya kamu akan selalu muncul beberapa ajang permainan baru. Jika panjat pinang atau lomba balap karung merupakan lomba yang umum dilakukan, kamu bisa mengubah atau menambahkan ide baru.

Ide lomba yang bisa dicoba adalah memulainya dari permainan-permainan tradisional yang ada di masing-masing daerah.

Berikut daftar permainan tradisional lomba di berbagai daerah di Indonesia

Lomba Ma’raga

Permainan sejenis sepak takraw yang aslinya berasal dari Nias, Sumatera Utara dan kemudian lebih populer di Bugis, Makasar.

Tarompah Panjang 

Permainan tradisional yang berasal dari Kabupaten Kampar, Riau ini juga cukup unik. Tarompah yang terbuat dari balok atau papan yang dibuat panjang dan bisa memuat tiga hingga lima orang ini bisa juga dijadikan sebagai perlombaan tradisional untuk perayaan 17 Agustus ini.

Nah! Kamu pun bisa menciptakan ide-ide baru untuk membuat berbagai macam lomba tradisional untuk peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia 2917 nanti.

  1. Lomba upacara unik

Beberapa tahun yang lalu, masyarakat Indonesia membuat ide-ide baru tentang perayaan upacara kemerdekaan di setiap tanggal 17 Agustus. Selain di jalur pendakian atau di puncak gunung, beberapa upacara pun dilakukan dengan cara yang unik.

Salah satunya adalah upacara di bawah laut yang dimulai pada tahun 2009. Ada juga, upacara yang dilakukan di pusat perbelanjaan Ibukota pada tahun 2014 yang lalu. Nah! Kamu bisa membuat ide yang sama, yaitu mengadakan upacara yang unik tanpa menghilangkan semangat kemerdekaan 17 Agustus.

Misalnya, upacara bendera yang menggunakan pakaian tradisional, atau melakukan upacara di hutan Pinus yang kini semakin banyak menjadi tempat wisata di Indonesia.

Bisnis Anak Muda untuk Perayaan 17 Agustus

Selain membuat ide-ide baru tentang perayaan kemerdekaan, momentum 17 Agustus juga bisa kamu jadikan sebagai tambahan penghasilan dengan menjalankan bisnis-bisnis tertentu.

Hal yang paling umum dan sering terjadi adalah bisnis musiman seperti penjualan bendera merah putih atau umbul-umbul yang biasanya sebagai hiasan untuk memeriahkan kemerdekaan.

Namun, masih banyak bisnis-bisnis lainnya yang bisa dicoba dan mampu memberikan banyak keuntungan.

Berikut adalah daftar prospek bisnis menjelang hari ulang tahun Indonesia di tahun 2017 ini;

  1. Kreasi pin

Salah satu aksesori yang paling sering digunakan oleh banyak anak muda hingga dewasa adalah pin. Perlengkapan yang satu ini biasanya akan dipasangkan dengan kemeja, jaket, hingga tas.

Namun, menjelang perayaan 17 Agustus, tidak lagi hanya sekadar menjadi aksesoris saja. Permintaan akan pin akan berubah menjadi simbol untuk yang menunjukkan semangat nasionalisme.

Pin ini digunakan sebagai hadiah untuk lomba atau simbol untuk mempromosikan berbagai macam kegiatan yang terkait dengan peringatan kemerdekaan indonesia. Nah! Inilah peluang bisnis yang bisa kamu coba menjelang peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia.

Kamu bisa menawarkan kreasi pin bertema kemerdekaan di kantor-kantor pemerintah, hingga masyarakat lainnya. Jika kamu memiliki kreasi yang unik, bukan tidak mungkin akan semakin banyak konsumen yang mencari pin yang akan dijual.

  1. Kaus tema nasionalisme

Berikutnya, jenis bisnis atau usaha yang kamu lakukan menjelang perayaan kemerdekaan adalah dengan membuat baju kaus dengan tema nasionalisme. Apalagi saat ini berbagai macam tema nasionalisme bisa diubah menjadi lebih kreatif dan menarik sehingga tidak terasa membosankan.

Kamu pun bisa mencoba bisnis ini untuk menyemarakkan hari kemerdekaan 17 Agustus tahun 2017.

  1. Action figure pahlawan Indonesia

Bisnis berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menjual atau menjadi reseller berbagai macam action figure yang Indonesia banget. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir banyak anak-anak muda yang mencoba mengaktifkan kembali karakter-karakter superhero Indonesia.

Mulai dari Gundala Putra Petir, hingga Wiro Sableng adalah beberapa tokoh superhero Indonesia yang populer di tahun 80-an “dihidupkan” kembali dalam bentuk action figure. Tentu saja, masih banyak karakter superhero Indonesia yang bisa diciptakan dalam bentuk action figure dan dijual untuk menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia pada tahun 2017 ini.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami