Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ide Pesta Ultah Anak dengan Bujet Ratusan Ribu Rupiah

by Surtan Siahaan on 5 April, 2016

Hari ulang tahun anak adalah momen yang sangat spesial. Terlebih jika si anak masih bocah. Untuk merayakannya, orang tua pun sampai menyelenggarakan pesta. Tujuannya agar kebahagiaan momen bertambahnya usia sang buah hati dapat dibagikan pada keluarga dan teman dekat.

Buat kamu orang tua muda yang baru akan mengadakan pesta ulang tahun anak, artikel ini akan membahas sejumlah alternatif penyelenggaraan pesta berikut biayanya. Pilihannya mulai dari mengadakan pesta ulang tahun anak di restoran hingga merancang dan mengadakan pesta sendiri di rumah ataupun sekolah. Berikut ini artikel selengkapnya.

Paket Ultah KFC

Buat orang yang tidak mau ribet, biasanya memilih restoran siap saji sebagai tempat merayakan ulang tahun anak. Salah satu tempat yang sering digunakan adalah restoran ayam goreng KFC.

Cukup melakukan pembayaran, semua keperluan pesta ultah mulai dari kartu undangan, topi ultah, games/permainan dan hadiahnya, hadiah bagi anak yang berulangtahun, balon, hingga MC, badut dan sound system sudah diperoleh. Keuntungannya, orang tua tidak perlu capek menyiapkan apalagi membereskan tempat setelah acara selesai. (Baca juga: Catat! 11 Kata-Kata Motivasi Ini Bikin Semangat Berbisnis)

Cukup datang dan pulang. Di KFC, pelanggan yang berminat bisa memilih berbagai macam paket pesta ultah anak dengan harga dimulai dari Rp 26.500 per anak. Paket ulang tahun KFC ini berlaku hanya untuk hari senin hingga jumat dan tidak termasuk tanggal merah.

Untuk mengadakan pesta ulang tahun anak di dalam restoran, minimal pemesanan sebanyak 20 anak. Jika undangan mencapai 30 orang, kamu juga bisa kok memesan luar ruangan restoran untuk tempat pesta.

Untuk Menu KFC paket ultah Funtastik ini terdiri dari satu ayam goreng, satu milo, satu nasi namun belum termasuk kue ultah. Untuk jumlah undangan 20 anak, biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp 530 ribu.

Paket ultah McD

Restoran siap saji lainnya yang sering dijadikan tempat pesta ultah anak adalah McDonald. Di restoran burger ini, anak bisa memilih sejumlah tema ulang tahun seperti pesta safari, pesta meriah bawah laut atau pesta karnaval.

Menariknya, di website McDonald, pengunjung bisa menggunakan fasilitas kalkulator untuk menghitung biaya pesta. Conothnya, untuk 20 undangan dengan menu Cheese Burger Happy Meal dan kentang goreng biaya yang dibutuhkan Rp 742.720.

Untuk kategori ini fasilitasnya yang diperoleh adalah dekorasi, topi pesta, MC, undangan, balon, hadiah spesial dan souvenir.

Pesta ultah di sekolah

Bila ruang di rumah kamu tidak cukup untuk mengadakan pesta ultah, kenapa tidak merayakannya di sekolah si anak. Kamu bisa menggunakan ruang kelas, tentunya, setelah minta izin terlebih dahulu pada sekolah.

Keuntungan menggunakan sekolah adalah ruang yang tersedia lengkap dengan meja dan kursinya. Kamu cukup melakukan dekorasi minimalis pada ruang kelas. Membeli bingkisan snack seharga Rp 20 ribu untuk 20 orang anak dan kue ulang tahun dengan harga rata-rata Rp 150 ribu.

Bila ingin lebih meriah, kreatiflah sedikit dengan membuat topi ultah dari kertas karton dan manik-manik. Harganya murah kok. Sementara untuk undangan, kamu bisa mendesain sendiri kartu undangan atau membeli dengan harga tak lebih dari Rp 50 ribu per paket. (Baca juga: Bangun Rumah Sendiri Vs Cicil KPR Rumah Minimalis)

Pesta ultah di rumah

Untuk merayakan ultah rumah, kamu jelas memerlukan ruangan yang luas baik itu di dalam rumah maupun di kebun. Dengan mengadakan pesta di rumah sendiri, sebenarnya kamu bisa menghemat biaya, lho.

Cari ide yang sederhana namun menarik. Conothnya seperti pesta kebun. Untuk memeriahkan suasana, cukup perbanyak balon warna warni dan ornamen warna warni lainnya seperti taplak meja, kertas toples makanan sampai gelas dan piring makanan.

Untuk camilan, kamu bisa memasak sendiri cupcake karena anak-anak sangat tertarik dengan makanan manis satu ini. Kalau tidak mau ribet, sebenarnya kamu bisa memesan donat siap saji di sejumlah gerai donat.

Agar lebih meriah, buat game dan berikan hadiah bagi pesertanya. Untuk undangan, biar lebih hemat coba buat sendiri menggunakan bahan bahan daur ulang. Untuk idenya bisa kamu adaptasi dari video yang tersebar di internet.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami