Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

15 Ide Usaha Modal 10 Juta yang Cocok Untuk Pemula

by Vera Khairifah on 4 Desember, 2019

Bagi orang baru yang ingin terjun ke dunia wirausaha, sering kali kesulitan menentukan ide usahanya. Belum lagi soal keterbatasan modal yang membuatnya ragu untuk memulai. Ide usaha modal 10 juta berikut ini bisa menjadi pilihanmu.

15 Ide Usaha Modal 10 Juta yang Cocok Untuk Pemula

1. Jual Gaun Wanita

Dengan maraknya tren busana cantik untuk acara formal, gaun wanita kini banyak dicari konsumen. Ide usaha modal 10 juta ini cocok untuk kamu yang memang tertarik di bidang fashion.

Kamu hanya perlu memperbarui pengetahuan mengenai perkembangan desain gaun saat ini, baik untuk desain gaun muslimah maupun untuk pengguna non-hijab.

Belilah beberapa kain cantik yang tidak pasaran, dan jahit sesuai desain yang telah ditentukan. Hasil usaha ini cukup menjanjikan. Satu piece gaun bisa dijual ratusan ribu hingga jutaan rupiah lo.

2. Jual Baju Anak

Baju anak dengan desain yang unik juga kini banyak dicari. Sayangnya, penjual lokal masih terbilang sedikit.

Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan. Jangan salah, sebab harga jual baju anak bisa lebih mahal dibandingkan baju orang dewasa.

(Baca juga: Mau Bisnis Sama Teman? Contek Kiat Suksesnya!)
3. Jual Baju Muslimah

Baju muslimah juga memiliki peluang konsumen yang banyak. Hal itu tak mengherankan sebab busana muslimah dan hijab sekarang sudah menjadi tren.

Kamu bisa menjahit sendiri produk baju muslimah yang kamu desain, maupun membelinya sebagai reseller dari pasar grosir.

4. Jual Makanan Nusantara

Ide usaha modal 10 juta yang sering dibilang selalu laku adalah makanan. Kamu bisa menjual makanan nusantara, seperti pecel lele, ayam geprek, jual bakso, dan lain sebagainya.

Dengan modal 10 juta, kamu sudah bisa memulai usaha dengan menyewa toko atau peralatan meja, kursi dan etalase ala penjual kaki lima.

5. Bengkel Motor

Kalau kamu memiliki kemampuan melakukan service motor atau memiliki rekan yang ahli di bidang otomotif, kamu juga bisa membuka usaha bengkel motor. Disarankan, kamu memilih lokasi bengkel yang strategis.

Misalnya, di pinggir jalan atau dekat dengan pusat keramaian (mall, pasar, stasiun, dan lainnya).

6. Usaha Mitra Waralaba

Ada banyak usaha waralaba atau franchise yang bisa kamu pilih. Seperti minimarket, franchise makanan, serta minuman.

Kelebihan dari usaha ini adalah, dengan menyetor sejumlah dana sebagai modal, kamu sudah mendapatkan paket usaha. Sehingga kamu bisa langsung menjalankan usaha tersebut tanpa ribet.

7. Usaha Pangkas Rambut atau Salon

Usaha ini cocok buat kamu yang senang dengan bidang kecantikan dan perawatan. Usaha pangkas rambut (barbershop) untuk pria dan salon wanita juga cukup menjanjikan. Apalagi jika kamu memberikan harga promosi yang murah.

8. Laundry Kiloan

Jasa cuci baju kiloan bakal ramai didatangi konsumen. Hal ini dikarenakan jasa cuci selalu dibutuhkan siapapun. Apalagi jika kamu menjajakan jasa di area perkantoran, atau dekat dengan kampus.

9. Laundry Sepatu

Tidak semua orang teliti membersihkan sepatunya dengan cara yang tepat dan super bersih. Ini lah yang menjadi alasan jasa laundry sepatu dibutuhkan.

Di kota-kota besar, ide usaha modal 10 juta ini mulai bermunculan. Kamu bisa menjadi salah satunya.

10. Jasa Cuci Motor/Mobil

Usaha yang satu ini sebenarnya bisa dilakukan dengan modal di bawah 10 juta.

Namun, untuk paket peralatan cuci motor dan mobil dengan kualitas terbaik, harganya pun hanya Rp 9,5 juta. Sehingga sisa moda bisa kamu pergunakan untuk kebutuhan lainnya.

11. Jasa Pembersih Rumah

Ide usaha modal 10 juta lainnya adalah dengan membuka jasa pembersih rumah. Untuk menjalankan usaha ini, kamu harus memiliki modal berupa peralatan pembersih.

Seperti vacuum cleaner, penyedot kotoran sofa dan kasur, dan lain sebagainya.

(Baca juga: Pilihan Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Ditiru Oleh Pemula)
12. Warung Kopi

Siapapun pasti suka nongkrong di warung kopi. Ya, usaha ini nyaris sepi pembeli. Terlebih jika berada di daerah yang merupakan pusat keramaian.

Kamu bisa menjual aneka minuman dan makanan instan, disandingkan dengan gorengan, dan makanan lainnya.

13. Toko Kelontong

Toko kelontong yang menjual berbagai kebutuhan selalu laku. Kunci dari usaha ini adalah, lengkapi barang dagangan hingga komplit sesuai kebutuhan pelanggan. Serta jual harga murah untuk menarik pembeli.

14. Sewa Game Console

Usaha lainnya yang bisa dimulai tanpa ribet adalah menyewakan game console, seperti PlayStation atau Nintendo.

Ide usaha ini diminati konsumen anak-anak maupun orang dewasa. Harga sewa rental ini mulai dari Rp 10 ribu per jam.

15. Studio Foto

Terakhir, ada usaha studio foto yang bisa kamu coba. Perlengkapan usaha studio foto meliputi lembar background foto, properti, kamera, dan lighting. Tak usah khawatir, sebab perlengkapan ini bisa kamu jadikan aset yang tetap memiliki nilai.

Ajukan KTA kini sangat mudah secara online di CekAja.com. Cek sekarang untuk ketahui produk KTA mana yang cocok untukmu!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast