Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tempat Jual Hewan Kurban Paling Unik

by Miftahul Khoer on 2 Agustus, 2019

Perayaan Idul Adha tinggal menghitung hari yakni pada 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah atau bertepatan pada Minggu, 11 Agustus 2019. Bagi yang mampu, umat muslim diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban yang telah ditetapkan antara lain unta, sapi, kambing, domba dan kerbau. Nah, mulai dari sekarang, kamu bisa berburu tempat jual hewan kurban di sekitar tempat tinggalmu. 

tempat jual hewan kurban
Khusus di Indonesia, yang paling lazim digunakan sebagai hewan kurban antara lain sapi, kambing, dan domba. Untuk mendapatkan hewan-hewan tersebut tidaklah susah karena banyak sekali para penjualnya hampir di setiap titik.

Ketentuan Hewan Kurban

Menyembelih hewan kurban merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Setiap orang bisa berkurban satu ekor domba atau kambing. Untuk sapi, bisa berkurban secara individu maupun kolektif maksimal tujuh orang. Sedangkan untuk kurban unta bisa urunan hingga 10 orang.

Jika dirata-ratakan, masing-masing orang yang ingin berkurban mengeluarkan kocek Rp2,5 juta hingga Rp3 juta. Hal ini dilihat dari harga per ekor hewan yang akan disembelih. Sebagai contoh harga sapi untuk kurban di Indonesia dipatok mulai Rp20 jutaan begitu juga harga domba atau kambing mulai dari Rp2,5 jutaan. Semakin besar bobot hewan yang akan dibeli, maka semakin tinggi pula harganya.

Sebelum membeli hewan kurban, konsumen dianjurkan untuk pandai-pandai memilih hewan yang akan dibeli. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan hewan, usia hewan hingga bobot hewan. Tak jarang para penjual hewan yang bermain curang misalnya dengan menjual sapi gelonggongan yang sengaja diisi air agar sapi terlihat berisi.

(Baca juga: Ini Berbagai Makanan Khas Idul Adha di Nusantara)
Tempat Jual Hewan Kurban Paling Unik

Jangan khawatir jika kamu ingin melaksanakan kurban. Hampir di setiap daerah pasti ada yang menjual berbagai jenis hewan untuk kurban. Kamu bisa membelinya dari tetangga yang sebelumnya memelihara hewan, bisa beli di pinggir jalan, bisa beli secara online, bahkan bisa langsung datang ke mal-mal khusus yang menjual hewan kurban.

Ada beberapa pengusaha yang membuat terobosan saat menjual dagangannya agar terlihat unik dan menarik. Berbagai gimmick dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. Bahkan trik tersebut dilakukan hampir setiap tahun karena terbukti berhasil secara penjualan. Beberapa penjual hewan kurban yang unik antara lain sebagai berikut.

  • Hewan kurban ber-barcode di Surabaya

Buat kamu yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya yang ingin berkurban, kamu bisa datangi Jalan Ir. Soekarno. Di sana kamu bisa menemui tempat jualan hewan kurban dengan menggunakan barcode. Penggunaan hewan dengan barcode ini sangat memudahkan para pelanggan karena secara mudah akan mengetahui informasi tentang hewan yang akan dibelinya.

Misalnya, ketika barcode tersebut dipindai menggunakan aplikasi pada gadget tertentu, maka akan muncul berbagai informasi mulai dari ukuran berat badan, harga, hingga status terjual atau belumnya hewan kurban tersebut. Teknologi barcode yang tertera dalam hewan yang dijual ini menggunakan aplikasi Ternaknesia. So, sangat memudahkan buat kamu memilih hewan yang akan dikurbankan bukan?

  • Koboi gagah perkasa jual hewan kurban di Cianjur

Jika koboi selama ini identik dengan para pria gagah perkasa berkuda, maka khusus selama momen Idul Adha ada banyak koboi penjaja hewan kurban di Cijedil, Cugenang, Kabupaten Cianjur. Ya, di tempat penjualan hewan ini nuansa wild wild west sengaja dihadirkan oleh pengusaha hewan untuk memberi kesan berbeda dari pedagang lainnya.

Konsep yang telah dilakukan selama dua tahun terakhir ini memang cukup menarik perhatian para pelanggan yang akan membeli hewan untuk dikurbankan. Para koboi ini adalah sales promotion boy (SPB) dari pihak luar. Mereka mengenakan kostum benar-benar layaknya koboi antara lain topi, kemeja, rompi hingga sepatu boot ala koboi.

(Baca juga: Jemput Rezeki Jelang Idul Adha, Ini 5 Pilihan Bisnisnya)
  • SPG Cantik menjajakan hewan kurban di Depok

Tempat jualan hewan kurban satu ini sudah tidak asing lagi. Berada di kawasan Kelapa Dua Depok, sang pengusaha menamakannya sebagai mal hewan kurban. Ciri khas yang ada di mal ini yakni para pelanggan akan dilayani oleh para sales promotion girl (SPG) berparas cantik. Mereka sengaja didatangkan untuk menarik perhatian para pembeli.

Rupanya, mal hewan kurban milik pengusaha Haji Doni asal Depok ini terbukti berhasil. Dari stok 6.427 sapi yang dijual, saat ini lebih dari 3.270 ekor sapi yang telah dipesan. Di sini hewan yang dijual untuk kurban khusus sapi dari berbagai jenis dengan harga sapi paling rendah dijual kisaran mulai Rp15 juta hingga Rp20 juta.

Nah itulah beberapa tempat jual hewan kurban yang paling unik. Dengan menggunakan cara berbeda dari penjual lainnya, terbukti memang cara yang out the box bisa menarik perhatian dan berdampak positif pada penjualan. Selain bikin pelanggan senang, penjual pun diuntungkan. Ini tentu menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin terjun menjadi pengusaha hewan kurban. Kamu bisa mencari ide brilian lain seperti mereka.

Namun ingat, kalau butuh permodalan buat memulai usaha, kamu bisa akses Cekaja.com untuk memperoleh panduan finansial terpercaya. Kuy!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami