Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Idul Adha Sudah Dekat, Ini Caranya Dapatkan Uang untuk Beli Hewan Kurban

by Rafly Aditia on 20 Agustus, 2016

Lebaran Idul Adha tahun 2016 sudah di depan mata. Bahkan, kalau dihitung-hitung secara cermat, hari raya kurban bakal kita rayakan kurang dari 30 hari lagi. Bagaimana, kamu sudah membeli hewan kurban belum. Jangan hanya lantaran tabungan belum cukup, rencana kamu berkurban jadi batal.

Nah, untuk kamu yang ingin beli hewan kurban tapi kekurangan uang, tips berikut ini dijamin akan membantu kamu:

Sehari 30 ribu

Lebaran Idul Adha akan jatuh pada 12 September 2016, atau sekitar 23 hari lagi. Nah dalam waktu yang sesingkat itu coba deh kamu tabung Rp 30 ribu sehari. Dalam waktu 20 hari nanti kamu bakal mengumpulkan uang sebesar Rp 600 ribu. Uang tersebut bisa digunakan untuk membeli kambing kurban. (Baca juga: Mau Naik Haji di Usia Muda? Lakukan Tips Sederhana Ini)

Cari pekerjaan sampingan

Setelah menabung selama 20 hari, kamu punya modal Rp 600 ribu. Uang tersebut tentu tidak cukup untuk beli seekor kambing apalagi domba. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kamu untuk mencari pekerjaan sampingan. Apa saja bisa dilakukan, mulai dari melamar sebagai penulis freelance atau freelance marketing suatu produk.

Targetkan penghasilan sekitar 250 ribu per minggu lewat pekerjaan tambahan yang kamu pilih. Selama kurang lebih tiga minggu atau 20 hari, kamu bakal mendapatkan uang tambahan senilai Rp 750 ribu.

Lewat uang tabungan yang dikumpulkan serta tambahan dana dari pekerjaan sampingan kamu sudah memiliki dana Rp 1,25 juta. Uang sebanyak itu sudah cukup untuk membeli seekor kambing. Sialnya, waktu kamu sudah mepet dan terkadang harga kambing semakin melambung. Bisa-bisa uang yang dikumpulkan pun tidak cukup. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Beli banyak sama teman

Karena harga kambing kemungkinan mengalami kenaikan, untuk menyiasatinya ajak teman-temanmu yang juga belum membeli hewan kurban untuk bersama-sama membeli di tempat yang sama. Dengan trik ini penjual kambing bakal memberikan potongan harga yang lumayan.

Kalau bisa cari penjual yang di kampung

Cara yang satu ini juga bisa dipakai untuk menghemat bujet. Biasanya di kota-kota besar harga hewan kurban meningkat tajam menjelang hari H. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk berburu ke luar kota. Cari daerah yang jauh dari kota namun terkenal sebagai kampung peternak kambing. Asal kamu tahu saja, harga hewan kurban di tempat seperti itu bisa jauh lebih murah

Mau kurban sapi? Patungan aja

Kalau kamu tertarik untuk kurban seekor sapi, kamu bisa menyiasatinya dengan patungan bareng teman-teman. Dalam hukum Islam diperbolehkan untuk mengurbankan seekor sapi dengan atas nama dua hingga tujuh orang. (Baca juga: Karyawan Gaji Rp 8 Juta Mau Umroh Bareng Istri? Begini Trik Mengumpulkan Uangnya)

Siap-siap untuk tahun depan

Cara yang ini bakal membuat kamu lebih tenang dan hemat untuk tahun depan. Dengan membeli hewan kurban dari sekarang untuk tahun depan, harga yang didapatkan bakal lebih murah. Bahkan harganya bisa saja cuma setengah dari harga pasar di tahun depan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami