10 Ikan Hias Termahal di Dunia, Keindahannya Dihargai Miliaran Rupiah

Daftar ikan hias termahal di dunia memiliki harga yang fantastis. Kira-kira, ikan apa saja yang termasuk di dalamnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10 Ikan Hias Termahal di Dunia, Keindahannya Dihargai Miliaran Rupiah

Memiliki hewan peliharaan di rumah dianggap sebagai teman menghabiskan waktu. Manfaatnya bahkan mungkin saja lebih terasa selama pandemi ini, dimana kita selalu menghabiskan banyak waktu di rumah saja.

Ada banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa kamu pilih. Misalnya kucing, anjing, hamster, atau bahkan ikan hias.

Nah, berbicara soal ikan hias, rupanya pembagian harga ikan hias di pasaran begitu beragam. Mulai dari harga terjangkau hingga ikan hias termahal di dunia yang mencapai miliaran rupiah. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab harganya yang mahal, CekAja kali ini akan membahasnya secara rinci.

Manfaat Memelihara Ikan Hias

Memelihara ikan hias bukan hanya sekadar dijadikan pajangan di hunianmu saja, lho. Ternyata, ada beberapa manfaat lain jika kamu memelihara ikan hias.

Berikut ini manfaat memelihara ikan hias yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental:

Menambah nilai estetika rumah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memelihara ikan hias yang cantik tentu saja menambah nilai estetika rumah. Bentuk ikan yang unik, warnanya yang cerah, serta cahaya dari akuarium akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan segar.

Menjadi sumber rileksasi

Meletakkan ikan hias yang dipelihara di sudut ruangan juga bisa menjadi sumber relaksasi. Memandangi ikan di dalam akuarium dapat menimbulkan nuansa damai dan tenang, sehingga kamu lebih rileks dan tingkat stres pun berkurang. Tubuh yang rileks juga lebih mudah menikmati tidur yang berkualitas.

Meningkatkan kesehatan

Karena pikiran yang rileks, kamu juga akan memiliki imunitas tubuh yang bertambah. Menurut penelitian, orang yang memandangi akuarium ikan hias mengalami penurunan tekanan darah tinggi dan detak jantung yang cenderung stabil.

Bisa dijadikan investasi

Ikan hias yang masih jarang dibudidayakan memiliki harga yang cenderung stabil. Sebagian di antaranya bahkan tidak dikembangbiakan karena tidak memungkinkan jika bukan di habitat aslinya.

Maka dari itu kelangkaan ikan hias ini bisa dijadikan sumber investasi tambahan. Harganya bisa saja naik hingga berkali lipat dalam waktu beberapa tahun.

Tips Merawat Ikan Hias Agar Tak Cepat Mati

Untuk kamu yang baru ingin memelihara ikan hias, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini. Di antaranya:

  • Gunakan akuarium berukuran besar dengan volume air yang banyak, agar ikan tidak gampang stres lalu mati.
  • Pastikan air dalam akuarium bersih, dan tidak bau. Ganti air akuarium begitu kondisi air kotor maupun tercium bau tidak sedap.
  • Hitung kadar pH air dengan strip penghitung pH air yang banyak dijual toko ikan hias. Kadar pH air harus sesuai dengan kebutuhan jenis ikan yang dipelihara.
  • Jaga suhu air di angka 28 sampai 30 derajat Celsius untuk akuarium berisi air tawar. Sedangkan untuk akuarium dengan air laut (air asin), suhu airnya 23 sampai 28 derajat Celsius, dengan derajat keasinan air laut 34 hingga 37 bagian per 1000 unit air. Hitungan derajat keasinan ini bisa diukur dengan alat bernama refraktometer atau hidrometer.

(Baca Juga: 10 Hewan Paling Mematikan di Dunia, Bahayanya Mengancam Nyawa!)

Ikan Hias Termahal di Dunia

Setelah mengetahui tips merawat ikan hias agar dapat berumur panjang, ini saatnya untuk mengetahui daftar ikan hias termahal di dunia beserta harganya. Simak informasinya berikut ini:

1. Platinum Arowana

Harga: $400.000 atau sekitar Rp6 miliar

Di urutan pertama ikan hias termahal di dunia adalah ikan arwana jenis platinum. Mutasi genetik langka membuat warna ikan ini memutih dan disertai sedikit warna silver pada bagian ujung sirip menuju buntut.

Harga mahal tersebut disebabkan karena jumlahnya yang langka. Selain itu, ada keunikan lain, yakni besarnya ukuran yang mencapai tinggi orang dewasa, serta bagian gigi depan yang nampak mencuat keluar.

Besarnya ukuran Arwana Platinum dan ditambah sifat agresifnya yang mampu melompat hingga 6 kaki membuat ukuran kolam akuarium yang dibutuhkan pun besar, dengan kapasitas volume air akuarium sekitar 250 galon air.

Arwana Platinum bisa ditemukan di perairan Afrika, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara.

2. Freshwater Polka Dot Stingray

Harga: $100.000 atau sekitar Rp1,5 miliar

Kecantikan ikan pari air tawar dengan motif polka dot hitam-putih membuatnya layak dijuluki sebagai ikan hias termahal di dunia. Habitat asli hewan predator ini adaah Brazil.

Hal yang unik dari freshwater polka dot stingray adalah bentuk tubuhnya oval, serta kemampuan menyengat yang berasal dari bagian mulut dan hidungnya.

Kelangkaan membuat harganya menjadi sangat mahal. Sebab ikan pari ini memiliki lekukan tubuh tidak normal. Dimana umumnya tubuh ikan pari berlekuk bulatan, sedangkan lekukan tubuh freshwater polka dot stingray berbentuk U. Makanya hewan ini rentan mati saat berada di lingkungan liar.

3. Peppermint Angelfish

Harga: $30.000 atau sekitar Rp450 juta

Ketiga, ada Peppermint Angelfish yang menjadi ikan hias termahal di dunia. Tampilan ikan cantik ini didominasi oleh warna merah-jingga dan garis-garis putih.

Walaupun ukurannya kecil, yakni tak lebih dari 3 inchi, namun jumlahnya yang terbatas membuat harganya melambung tinggi. Ikan hias termahal di dunai ini langka dan hanya bisa ditemukan di laut dengan kedalaman tertentu di perairan kepulauan Hawaii.

Maka dari itu, pemerintah setempat di Hawaii hanya memperolehkan ikan Peppermint Angelfish ini dipelihara sebagai koleksi akuarium penangkaran terbuka. Di sisi lain, sudah banyak kolektor ikan hias yang menawar harganya hingga $30.000.

4. Masked Angelfish

Harga: $20.000 atau sekitar Rp300 juta

Masih dari perairan kepulauan Hawaii, ada Masked Angelfish yang juga menjadi ikan hias termahal di dunia karena memiliki keunikan tersendiri.

Bayangkan saja, ikan hias ini tumbuh dengan warna yang berbeda sesuai dengan usianya. Yakni mulanya berwarna putih-biru muda yang elegan, kemudian berubah menjadi warna biru tua dan corak kuning-hijau pada area siripnya.

Masked Angelfish berkembang biak di area karang lautan Pasifik, Samudera Hindia, dan perairan kepulauan Hawaii. Sulitnya penangkapan jenis ikan ini membuat harganya di pasaran pun sangat mahal. Jadi, wajar saja ya jika ikan ini menyentuh harga puluhan ribu dollar.

5. Bladefin Basslet

Harga: $10.000 atau sekitar Rp150 juta

ikan hias termahal di dunia tidak melulu harus berukuran besar. Buktinya, Bladefin Basslet adalah ikan kecil berukuran sekitar 4 centimeter yang dihargai tinggi di pasaran.

Ada dua faktor yang menyebabkan Bladefin Basslet berharga mahal, yakni karena coraknya yang unik dengan gradasi warna. Misalnya warna gradasi jingga, merah, kemudian putih, serta jenis ikan dengan gradasi warna biru, ungu, dan kuning. Unik sekali, kan?

Selain itu, ikan ini hanya ditemukan di laut Karibia dengan kedalaman 500 kaki, tepatnya di celah karang dasar laut yang tentunya sulit dijangkau penyelam.

6. Golden Basslet

Harga: $8.000 atau sekitar Rp120 juta

Masih dari family Basslet, jenis lain yang berwarna emas (perpaduan kuning dan jingga terang) juga menjadi ikan hias termahal di dunia. Golden Basslet adalah ikan yang sangat kecil, yang berasal dari perairan dalam Pasifik-Atlantik.

Untuk membawa Golden Basslet dari dalam laut, dibutuhkan keahlian khusus. Sebab ikan ini senang bersembunyi di celah karang, dan rentan mati akibat perbedaan tekanan air di laut dalam dan di akuarium, sekalipun ini adalah tipe ikan kecil yang kuat.

Semakin terang warna emas pada tubuhnya, harganya makin mahal.

(Baca Juga: 8 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Terlihat Unik Namun Ganas!)

7. Neptune Grouper

Harga: $6.000 atau sekitar Rp90 juta

Ikan hias termahal di dunia ini hidup di laut yang dalam (di kedalaman sekitar 260 kaki sampai 800 kaki), dan jumlahnya terbilang sedikit. Jadi, ketika kamu menemukan jenis ikan ini di toko ikan hias, maka sudah pasti akan dijual sangat mahal.

Sama seperti Masked Angelfish, Neptune Grouper juga bisa berubah warna dan corak tubuh saat memasuki usia peralihan. Warnanya juga variatif yakni kuning, jingga, merah muda terang, merah kekuningan dan jingga.

Neptune Grouper termasuk ikan hias laut yang mudah beradaptasi untuk tinggal di akuarium. Namun tetap saja penyelam harus berhati-hati untuk membawanya dari dasar laut ke permukaan, untuk menjaga respon akibat dekompresi.

Untuk memelihara ikan ini, pastikan akuarium harus selalu bersih dan bersuhu dingin.

8. Australian Flathead Perch

Harga: $5.000 atau sekitar Rp75 juta

Sesuai Namanya, ikan hias termahal di dunia ini berasal dari laut Australia, dan masih masuk dalam family ikan Basslet. Bentuk kepalanya pipih, dan warna coraknya jinga dengan garis biru terang yang menawan.

Jumlahnya yang sangat amat langka membuat harganya begitu mahal. Di pasaran Amerika, jenis ikan ini mungkin hanya ada sekitar satu atau dua ekor saja.

Kalau ada orang yang memelihara ikan hias Australian Flathead Perch, maka sudah dipastikan orang itu kolektor ikan hias yang super niat!

9. Wrought Iron Butterflyfish

Harga: $2.700 atau sekitar Rp40,5 juta

Ikan ini disebut mirip dengan kupu-kupu karena bentuknya yang yang pipih, serta corak sisik yang sangat terlihat sama seperti sayap kupu-kupu.

Wrought Iron Butterflyfish adalah ikan hias termahal di dunia yang ditemukan di perairan Jepang. Ukurannya sekitar 15,5 centimeter dengan warna hitam keabu-abuan dan garis kuning pada sirip belakang.

10. Clarion Angelfish

Harga: $2.500 atau sekitar Rp37,5 juta

Ikan hias termahal di dunia yang terakhir adalah Clarion Angelfish, yang berwarna jingga an garis biru neon dan memiliki panjang tubuh sekitar 30 centimeter. Jenis ikan ini ada di area pantai lepas Pasifik Meksiko, dan Kepulauan Revillagigedo.

Karena menjadi ikan hias yang langka, maka untuk memelihara Clarion Angelfish, kamu harus memiliki izin pemerintah Meksiko. Meskipun prosesnya sulit, ikan ini tetap diimpor, bahkan terkadang bisa ditemukan di toko ikan hias mahal di Bali.

Itulah daftar ikan hias termahal di dunia. Apakah kamu tertarik membeli salah satu di antaranya?

Di masa pandemi ini, penting untukmu menjaga imunitas, baik dengan menjalani gaya hidup sehat maupun menjalankan hobi untuk menimbulkan rasa senang.

Tak ada salahnya untuk mulai memelihara hewan kesayangan di rumah. Jika kamu butuh beli perlengkapan untuk hewan peliharaan, belanja saja dengan menggunakan kartu kredit yang bisa diajukan via CekAja.com.

Kami akan memproses pengajuan kartu kredit dari berbagai bank dengan cepat. Hanya dengan mengisi formulir online dan melengkapi dokumen yang disyaratkan.

Cicilan dijamin ringan, syarat mudah, dan ada banyak promo di merchant pilihan.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera bandingkan dan ajukan kartu kredit sekarang juga lewat CekAja.com!