Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Incar Mobil LSUV Harga Rp300 Jutaan? Ini Rekomendasinya!

by Miftahul Khoer on 5 Maret, 2019

Tahun 2019 pasar mobil untuk kelas low sport utility vehicle alias LSUV tampaknya akan lebih membetot perhatian masyarakat seiring hadirnya produk-produk terbaru dengan harga rata-rata Rp300 jutaan.

City Car Mobil Hatchback - CekAja

Setidaknya ada lima nama yang bertengger di kelas LSUV yang selama ini memadati jalan-jalan di wilayah Indonesia terutama di kota-kota besar. Persaingan pasar mobil di kelas ini memang terbilang ketat. Artinya, antusias masyarakat yang ingin membeli kendaraan yang nyaman dengan bujet Rp300 jutaan cukup tinggi.

Mobil LSUV sendiri selain berfungsi sebagai mobil penumpang, juga berguna untuk membawa barang dan mampu melaju di medan-medan yang cukup menantang. Maka menjadi wajar jika produk-produk LSUV di Indonesia menjadi incaran banyak pengguna mobil.

Nah, berikut mobil-mobil yang cocok dibeli jika kamu punya bujet Rp300 jutaan. Yuk simak aja.

1. Wuling Almaz

Mobil yang resmi diluncurkan pada Februari 2019 lalu ini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Maklum, mobil ini disebut-sebut sebagai mobil berharga miring tetapi punya spesifikasi yang tak kalah dari mobil-mobil mahal lain.

Almaz merupakan jenis mobil generasi terbaru dari Wuling setelah sebelumnya melahirkan nama-nama yang tak kalah larisnya macam Formo, Confero, dan Cortez. Almaz juga termasuk generasi Wuling dengan harga paling tinggi yakni mulai dari Rp318 jutaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk spesifikasi, jangan khawatir deh. Almaz dibekali mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc. Eksteriornya didukung dengan future eyes LED hingga floating roof yang bikin mobil ini terkesan gagah dan sporty. Pokoknya, beli mobil ini ibarat kata harga kaki lima rasa bintang lima deh.

Sebagai informasi, meski pendatang baru, Wuling berhasil mencatatkan penjualan yang cukup menghantui pabrikan mobil Jepang yang ada di Indonesia. Selama Januari hingga Oktober 2018 misalnya, Wuling berhasil membukukan penjualan hingga mencapai 13.400 unit secara wholesales. Nah, kita tunggu berapa penjualan Almaz, apakah bisa menguasai pasar Wuling?

(Baca juga: Ini 5 Mobil di Bawah Rp150 Juta dan Simulasi Kreditnya)
2. Toyota Rush

Mobil satu ini termasuk yang paling laris di Toyota. Sepanjang tahun 2018 lalu Rush berhasil membukukan penjualan hingga 53.145 unit atau sekitar 15,1 persen dari penjualan Toyota.

Toyota Rush pertama kali dikeluarkan pada 2006 dengan Tipe G dan Tipe S hingga 2010. Sementara itu, Tipe TRD Sportivo 7 dan Ultimo diluncurkan pada 2016.

Toyota Rush menjadi produk yang paling banyak dibeli karena fitur dan tampilannya yang begitu elegan dan tampak maskulin. Adapun, varian All New Toyota Rush telah resmi diluncurkan pada November 2017.

Soal harga, Rush tipe ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Almaz. Rush ini dijual seharga mulai Rp239 jutaan hingga Rp261 jutaan. Rush termasuk mobil LSUV yang direkomendasikan sebagai kendaraan pilihan kamu, karena Rush tipe ini memiliki berbagai varian dengan pilihan transmisi otomatis dan manual. Mobil bermesin 1500 cc ini punya 7 tempat duduk untuk penumpang.

3. Daihatsu Terios

Terios dan Rush memang tak bisa dilepaskan. Kedua merek mobil ini akan terus berdampingan. Di segmen LSUV bahkan keduanya berturut-turut menguasai pasar masing-masing 25,75 persen dan 39,20 persen.

Boleh dibilang Daihatsu Terios ini adalah generasi terbarunya Daihatsu Taruna. Terios diluncurkan untuk membayang-bayangi kehadiran Toyota Rush yang mulai diproduksi pada 2006 untuk generasi pertama.

Penjualan Terios pada Januari hingga November 2018 tercatat telah mencapai 26.402 unit. Tentu saja Terios keluaran terbaru cukup berkontribusi besar terhadap penjualan Terios.

Khusus untuk Terios keluaran terbaru, mobil ini dibanderol mulai Rp195 juta untuk varian 1.5 X MT dan paling mahal Terios 1.5 R AT Deluxe dengan harga 247,9 juta. Terios anyar ini memiliki bodi yang elegan dan perwajahan baru.

(Baca juga: Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Mengaspal di 2019)
4. New Honda HR-V

Mobil yang pertama kali dikeluarkan Gaikindo Indonseia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exhibitiona (ICE) – BSD, Tangerang merupakan salah satu pesaing Wuling Almaz. Harganya yang dibanderol mulai dari Rp289,5 juta hingga Rp395 juta ini punya spefisikasi yang lebih yahud.

Dari sisi eksterior, mobil ini punya desain anyar yang membuat kesan semakin gagah. Dari sisi lampunya, mobil ini didukung dengan new full LED headlight dengan penerangan maksimal. Selain itu new LED fog lamp juga menambah visibilitas saat berkendara di kondisi jalanan berkabut.

New Honda HR-V 1.5L menguasai pasar hingga 25,20 persen untuk kelas LSUV. Sementara hasil penjualan hingga September 2018 mencapai 3.038 unit atau berkontribusi paling besar pada penjualan Honda 28 persen selama bulan tersebut.

5. Renault Duster

Kamu pasti jarang mendengar nama mobil satu ini. Memang sih, pabrikan mobil ini jarang wara-wiri di pemberitaan. Selain itu, mobil ini juga terbatas di Indonesia. Namun, kalau ngomongin soal LSUV, Renault Duster harus masuk daftar pembahasan. Mobil yang dibanderol mulai dari Rp307 juta hingga Rp339 juta ini boleh jadi rekomendasi kamu untuk memiliki kendaraan di segmen LSUV.

Soal spesifikasi, Renault Duster juga tak mau kalah dengan kelas LSUV lainnya. Hanya saja untuk urusan transmisi, mobil ini hanya punya manual 5-speed meskipun sebelumnya pernah berencana untuk memproduksi transmisi matic. Kelebihan lainnya untuk mobil ini yakni sudah punya AC digital, layar multimedia hingga pengaturan setir yang sudah tilt-telescopic.

Nah, itulah kelima jenis mobil LSUV yang bisa kamu miliki dengan harga Rp300 jutaan atau bahkan lebih murah. Jika kamu berencana membeli mobil tapi masih bingung soal pendanaannya, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapat panduan finansial terpercaya.

(Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Bujet Cuma Rp80 Juta? Beli Mobil Ini Saja)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami