Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Indonesia Jadi Anggota DK PBB, Ini Fakta dan Keuntungannya

by Gito on 11 Juni, 2018

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar Jumat lalu di New York, Amerika Serikat (AS), menetapkan Indonesia menjadi salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB). Tidak tanggung – tanggung, Indonesia berhasil mendapat dukungan 144 suara dari total 190 suara yang hadir, atau sekitar 75,78%.

asuransi terorisme

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk periode 2019-2020 mewakili Asia-Pasifik. Dipilihnya Indonesia sebagai anggota DK PBB menggantikan posisi Kazakhstan yang masa keanggotaannya berakhir pada 31 Desember 2018.

“Ini adalah amanah masyarakat internasional kepada Indonesia. Terpilihnya Indonesia merupakan hasil kerja keras seluruh komponen bangsa khususnya para Diplomat Indonesia,” kata Menlu dalam pernyataannya yang disampaikan melalui video conference dari Markas PBB di New York.

Dengan terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan Keamanan tidak tetap PBB, Indonesia dapat menyelesaikan konflik-konflik di dunia dengan jalan damai melalui mandat PBB. Disamping itu terdapat beberapa keuntungan dan fakta menarik lainnya dibalik terpilihnya tanah air kita tercinta ini menjadi Anggota DK PBB. Yuk Cek!

• Kali Keempat Indonesia Terpilih Menjadi Anggota DK PBB

Ini bukanlah pertama kalinya Indonesia terpilih. Sebelumnya Indonesia juga pernah mengemban amanat sebagai DK PBB pada periode 1973 – 1974 bersama Kenya, Peru, Austria dan Australia. Kemudian pada periode 1885 – 1996 bersama dengan Botswana, Jerman, Honduras juga Italia dan pada peride 2007 – 2008 bersama dengan Afrika Selatan, Belgia, Italia dan Panama. Nah untuk periode 2019 hingga 2020 Indonesia terpilih menjadi DK PBB bersama Republik Dominika, Afrika Selatan, Belgia dan Jerman.

• Rekam jejak moncer

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB disandarkan pada adanya rekam jejak yang positif dalam mencapai upaya perdamaian, kemanusiaan dan kesejahteraan global. Dismaping itu, Indonesia juga dianggap mampu memfasilitasi berjalanya nilai – nilai keagamaan dan demokrasi secara harmonis dan terakhir adalah adanya anggapan bahwa Indonesia merupakan negara yang toleran

• Proses Panjang

Untuk dapat terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB harus melalui tahapan yang Panjang. Dimulai dari kampanye yang sudah dimulai sejak tahun 2016. Kampanye itu juga menyusul salah satu tujuan pemerintah yang meningkatkan peran Indonesia di tingkat Kawasan dan global dibawah pemerintahan Jokowi.

Keuntungan Menjadi Anggota DK PBB 

• Indonesia bakal diakui sebagai negara yang memilki sumbangsih bagi perdamaian dunia lewat PBB.

Dunia akan selalu menyorot sepak terjang Indonesia dalam proses  menciptakan kedamaian dunia. Langkah dan strategi yang diambil, seluruh dunia akan memusatkan perhatiannya bagi Indonesia

• Agenda kemanusiaan seperti permasalahan pengungsi, pemberantasan terorisme, tata kelola pemerintah, isu kesehatan dan hak pembangunan juga kesetaraan gender dapat diperjuangkan oleh Indonesia

• Suara Indonesia akan lebih didengar dalam bahasan mengenai masalah yang terjadi di beberapa tempat, seperti palestina, nuklir Korea Utara hingga ISIS sekalipun.

• Indonesia berkesempatan untuk menunjukkan pengaruhnya di arena Internasional dan di regional.

• Indonesia dapat ikut menentukan keputusan-keputusan Dewan Keamanan PBB.

• Indonesia dipercaya dapat menyelesaikan ancaman teror dan juga menyelesaikan separatis, dengan begitu dunia akan lebih percaya kepada Indonesia dibanding kelompok terror. Untuk itu, Indonesia berencana membentuk global comprehensive approach untuk menangkal gerakan radikan dan esktrem.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami