Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Infografis: 3 dari 4 Produk Ini Bisa untuk Investasi

by hanna on 10 Oktober, 2014

Dengan Rp 200 juta, Anda bisa membeli banyak barang di Jakarta. Ternyata, ada sejumlah produk yang bisa Anda beli sekarang, namun menguntungkan tahun depan. Apa saja? #AyoBandingkan di sini!

INFOGRAFIS_PERUBAHAN-NILAI-TUNAI

 

Dari infografis di atas, tampak perubahan nilai tertinggi terjadi pada harga tanah. Hal ini agaknya diakibatkan lahan di wilayah Jakarta yang semakin terbatas. Survei Bank Indonesia (BI) pada triwulan II-2013 menunjukkan harga tanah rata-rata meningkat sebanyak 20,17% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara rumah menempati urutan kedua untuk barang yang bertambah nilainya selama setahun. Pengamat properti sekaligus Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI), Panangian Simanungkalit menyatakan bahwa harga properti secara umum akan naik rata-rata 10% per tahun, termasuk harga rumah.

Produk deposito ada di urutan ketiga, berdasarkan hasil perhitungan melalui mesin perbandingan CekAja.com. Dengan memasukkan jumlah deposito sebesar Rp 200.000.000 dan jangka waktu 12 bulan, didapatkan pilihan produk deposito dengan bunga tertinggi dari TD Ladder Deposit Bank Commonwealth, yakni 8,50%.

Untuk produk mobil, diambil contoh Toyota All New Avanza Veloz AT tahun 2013. Pada pembelian di tahun 2013, harga mobil ini Rp 195 juta dan kini harga pembelian mobil bekas ini senilai Rp 160 juta. Terdapat penurunan 17%. Dengan asumsi penurunan tersebut, jika Anda membeli mobil ini seharga Rp 200 juta, maka mobil ini dapat dijual kembali dengan harga sekitar Rp 166 juta.

Nah, jika saat ini mendapat undian Rp 200 juta, mana yang Anda pilih?

(dbs)

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami