Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

INFOGRAFIS: 4 Pengeluaran Terbesar Anak Sekolah dan Kiat Mempersiapkan Dananya

by Tisyrin N. T on 19 Juli, 2018

Masa liburan sekolah sudah usai. Tahun ajaran baru telah tiba. Pada masa tahun ajaran baru, orang tua harus merogoh kocek lebih dalam. Dari sekian banyak pengeluaran anak sekolah, ada beberapa jenis pengeluaran yang terbilang sebagai pengeluaran terbesar yaitu biaya sekolah (uang pangkal dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP), biaya study tour, hingga biaya pendidikan informal.

Gambaran beberapa jenis pengeluaran di bawah ini khususnya mengacu pada sekolah-sekolah swasta di kota besar. Untuk sekolah negeri, mendapatkan subsidi dari pemerintah. Berikut gambaran 4 pengeluaran terbesar anak sekolah.

Itulah gambaran akan beberapa jenis pengeluaran terbesar anak sekolah. Sebaiknya, Anda mempersiapkan sejak dini biaya pendidikan anak-anak Anda. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Sehingga saat waktunya tiba, Anda tak akan kelimpungan dalam membiayai pendidikan anak-anak.

  • Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan dalam menyiapkan biaya pendidikan anak adalah survei biaya pendidikan. Artinya, Anda perlu mendapatkan gambaran tentang berapa besar biaya pendidikan saat ini.
  • Kedua, mempertimbangkan inflasi. Biaya pendidikan saat ini tidak akan sama dengan biaya pendidikan dalam beberapa tahun mendatang. Hal itu dikarenakan dunia pendidikan juga mengalami inflasi.
  • Penelitian dari ZAP Finance memperlihatkan rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10 persen–20 persen per tahun. Dengan mengetahui rata-rata inflasi, Anda pun bisa menghitung estimasi jumlah biaya pendidikan anak di masa depan.
  • Keempat, kenali berbagai instrumen. Anda dapat memanfaatkan berbagai instrumen untuk menyiapkan dana pendidikan. Menabung dengan cara biasa akan terasa berat karena adanya inflasi. Bunga tabungan yang kurang dari 2 persen masih jauh dibawah angka rata-rata inflasi.

Untuk itu, cobalah berkenalan dengan instrumen lainnya seperti tabungan rencana dan investasi. Tabungan rencana memberikan bunga yang lebih besar dari tabungan biasa.

Sedangkan instrumen investasi akan memudahkan Anda mengejar inflasi. Instrumen investasi tertentu dapat memberikan imbal hasil di atas rata-rata inflasi.

Terakhir, mulai untuk menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin. Dengan begitu, Anda tak akan terlalu mengkhawatirkan akan masa depan anak-anak Anda.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami