Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ingin Berbisnis Tapi Minim Modal? Ini 9 Sumber Modal Bisnis yang Bisa Kamu Manfaatkan

by Tisyrin N. T on 3 Januari, 2017

pinjaman modal usaha _ pinjaman UKM - CekAja.com

Tahun yang baru telah tiba, ini saatnya mewujudkan mimpimu menjadi pengusaha atau membesarkan bisnis yang sudah ada. Salah satu hal terpenting yang harus kamu siapkan adalah modal bisnis. Modal yang cukup akan memudahkan kamu dalam melangkah.

Ada banyak sekali sumber modal usaha yang  bisa kamu gali manfaatnya, mulai dari tabungan pribadi hingga pinjaman bank. Berikut ini rinciannya.

Tabungan

Alangkah baiknya jika kamu bisa menggunakan uang hasil tabunganmu sendiri sebagai modal bisnis. Dengan cara ini, kamu akan lebih tenang karena tidak melibatkan orang lain dan tidak berutang. Apalagi jika bisnis yang kamu miliki tergolong berisiko tinggi.

Pesangon

Saat kamu kena terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dunia seakan berhenti berputar. Namun, kamu harus tetap bangkit menjalani hidupmu. Karyawan yang terkena PHK akan diberi pesangon yang jumlahnya cukup besar.

Daripada kamu hanya menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, manfaatkan sebagian pesangon untuk modal bisnis. Kamu pun tak perlu sibuk melamar kerja kesana-kemari, karena harus fokus mengurus bisnis.

(Baca juga: Mengenal Jenis Kredit Pinjaman UKM Sebagai Modal Usaha)

KUR

Kamu juga bisa memanfaatkan program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk menjalankan program ini, pemerintah bekerjasama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan beberapa bank. Kredit yang disalurkan memiliki limit hingga Rp 500 juta.

Kredit dengan jaminan

Kamu sudah berusaha mati-matian untuk mendapatkan modal bisnis lewat berbagai cara, tetapi belum juga berhasil? Manfaatkan aset yang kamu punya untuk mendapatkan modal bisnis. Gunakan surat kendaraan atau sertifikat rumah sebagai jaminan saat mengajukan kredit ke bank.

KTA

Kalau kamu tak punya jaminan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk mendapatkan modal bisnis. Saat ini, proses pengajuan KTA semakin mudah. Kamu bisa mengajukan KTA online dan membandingkan terlebih dahulu produk KTA dari bank yang berbeda untuk mencari bunga terendah.

Crowfunding 

Crowfunding yaitu mengumpulkan dana dari sejumlah besar orang, umumnya memanfaatkan internet. Situs crowfunding di Indonesia antara lain wujudkan.com dan kitabisa.com. Situs yang sudah terkenal di dunia antara lain kickstarter.com.

Kompetisi businesss plan

Tak sedikit pihak yang menyelenggarakan kompetisi business plan dengan hadiah menarik. Kamu tinggal menyiapkan ide sematang mungkin. Susunlah dalam proposal yang menarik.

Angel investor

Masih ada lagi alternatif sumber untuk mendapatkan modal bisnis yaitu dari angel investor. Angel investor adalah para investor yang bersedia mendanai bisnis yang masih dalam tahap awal, biasanya terdiri dari para individu ternama.

Pinjaman keluarga

Tak ada salahnya meminta bantuan keluarga ketika kamu berniat membuka usaha. Bukan tidak mungkin ada anggota keluarga yang berbaik hati bersedia meminjamkan modal bisnis yang cukup besar untukmu.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Harta warisan

Sayang sekali bukan jika harta warisan dalam jumlah banyak habis tak terkontrol? Saat kamu mendapatkan warisan, alokasikan sebagian untuk membangun bisnis. Dengan begitu, uangmu akan berkembang dan memberikan manfaat jangka panjang.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami