Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ingin Berkontribusi Pada Negara? Yuk Investasi SBR!

by Tisyrin on 20 August, 2018

Rasa cinta tanah air kian menggelora setiap bulan Agustus tiba. Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Indonesia sehingga membuatnya terasa istimewa. Nah, untuk mewujudkan rasa cinta tanah air, sudahkah Anda berkontribusi pada negara? Anda bisa melakukannya dengan cara berinvestasi!

investasi menguntungkan - CekAja.com

Investasi yang dimaksud adalah investasi melalui Savings Bond Ritel (SBR), salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI).

Yang terbaru, pemerintah kembali menawarkan investasi SBR kepada masyarakat Indonesia dengan seri SBR004. SBR004 dapat menjadi alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Yuk simak lebih jauh informasi investasi SBR seperti yang dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan.

(Baca juga: 5 Pahlawan Finansial Indonesia, Siapa Saja?)

Kelebihan Investasi SBR004

Anda masih merasa asing dengan investasi SBR? Sebelum menyisihkan dana Anda untuk berinvestasi melalui SBR, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu tentang instrumen investasi yang satu ini. Inilah beberapa kelebihan investasi SBR.

Kontribusi terhadap negara

Investasi SBR aman karena dijamin oleh negara. Dengan berinvestasi melalui SBR, artinya Anda juga turut memberikan kontribusi kepada negara, mengapa?

Pemerintah selalu berupaya mengelola pembiayaan dengan pruden dan memastikan bahwa setiap pembiayaan dimanfaatkan untuk kegiatan produktif.

Jadi, seluruh dana yang diterima melalui penerbitan SBR004 juga akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan pemerintah yang bersifat produktif.

(Baca juga: 5 Strategi Agar Capai Kemerdekaan Finansial)

Modal minim

Hanya dengan Rp1 juta Anda sudah bisa melakukan investasi SBR. Jumlah tersebut tentu terbilang murah untuk ukuran sebuah investasi yang aman, terpercaya, dan menjanjikan hasil yang lumayan bukan?

Untuk SBR004, masa penawarannya adalah 20 Agustus hingga 13 September 2018. Sedangkan tenornya adalah 2 tahun dan tanggal jatuh tempo pada 20 September 2020. Yuk berinvestasi SBR004 selagi masa penawarannya belum berakhir!

Kupon mengambang dengan kupon minimal

Untuk SBR004 ini, memiliki kupon mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) sebesar 8,05 persen p.a dan mengacu pada BI 7 Days Reverse Repo Rate. Apa maksudnya?

(Baca juga: INTERVIEW : Mengukur Potensi Bisnis Lembaga Credit Scoring)

Mengambang artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Days Reverse Repo Rate pada setiap tiga bulan sekali. Sedangkan kupon minimal artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku hingga jatuh tempo.

Ada fasilitas early redemption

SBR004 merupakan instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas early redemption. Fasilitas ini memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBR004 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo. Periode early redemption untuk SBR004 adalah 7-15 Oktober 2019.

Fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi. Jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption yaitu 50 persen dari total kepemilikan investor.

(Baca juga: Cek, Fakta Unik Dibalik Perjuangan Orang-orang Terkaya!)

Cara Berinvestasi SBR004

Registrasi

Anda dapat mendaftar melalui sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi (midis). Melalui sistem yang ada, Anda dapat memasukkan data antara lain data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana, dan nomor Rekening Surat Berharga.

Apabila Anda belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, maka akan dibantu oleh midis. Beberapa midis tersebut antara lain Bank BNI, BCA, BTN, Mandiri, BRI, dan Permata.

Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, Anda dapat melakukan pemesanan SBR004 dengan membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi terlebih dahulu. Pemesanan hanya dapat dilakukan selama masa penawaran SBR004.

(Baca juga: Lira Anjlok, Waktu Yang Tepat Untuk Liburan Ke Wilayah Ustmani)

Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Anda mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing midis.

Kode pembayaran bisa digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui teller, ATM, internet banking, atau mobile banking) selama batas waktu yang ditentukan.

Konfirmasi

Setelah pembayaran, Anda akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR004 pada tanggal setelmen yaitu 19 September 2018.

Nah, bagaimana? Sudah siap investasi SBR004?

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami