Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ingin Bisnis Ternak? 5 Hewan Ini Pilihannya

by Sindhi Aderianti on 16 Oktober, 2018

Peluang usaha ternak selalu terbuka luas prospek ke depannya. Bagaimana tidak? Banyak orang yang membutuhkan hewan ternak sebagai sumber pangan. Misalnya susu pada sapi atau telur pada ayam,  juga daging mereka yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan bergizi tinggi. Simak lima bisnis hewan ternak yang bisa Anda jadikan ladang penghasilan!

hewan kurban - CekAja.comSeiring dengan berjalannya waktu, hewan ternak nyatanya tak melulu seputar sapi dan ayam. Ada beberapa hewan lain yang bisa diternak namun kegunaannya hanya sebagai peliharaan.

Peluang bisnisnya pun tetap tak kalah menguntungkan. Omzetnya bisa mencapai puluhuan juta rupiah. Penasaran apa saja hewan ternak yang potensial untuk mengisi bisnis baru Anda? Ini dia lima pilihannya!

(Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Pet Shop)
1. Ikan hias

Menurut banyak pecinta ikan hias, hewan berhabitat di air tawar ini menyimpan daya tarik estetika yang luar biasa. Sebut saja ikan cupang, koi, atau diskus. Bahkan tak sedikit yang rela menabung jutaan rupiah untuk memiliki ikan hias tersebut.

Target pasar ikan hias juga tidak dipengaruhi oleh usia. Sebab dari anak-anak sampai orang dewasa memiliki hak yang sama dalam menyukai hobi satu ini.

Bisnis ikan hias memang lebih bergantung pada hobi, sehingga agak sulit mempopulerkan bisnis ini. Namun jika sudah bisa menguasai pasar, maka Anda akan menuai keuntungan sangat besar.

2. Lele

Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan yang menjadi favorit untuk dimakan. Maka dari itu, bisnis ternak ikan lele akan sangat menguntungkan di kemudian hari. Terlebih memanen lele dari pertama kali benihnya ditebar tidak memerlukan waktu yang lama, yakni sekitar 3 bulan saja. Setelah itu, lele ternakan Anda pun siap dijual.

Berdasarkan survey harga tahun 2017, keuntungan ternak lele per 1000 ekor yang diperoleh biasanya sebesar Rp 2.060.000. Tapi dalam sekali ternak, Anda bisa menjual hingga 10.000 ekor untuk mendapat keuntungan yang lebih lagi.

(Baca juga: Kiat Atur Keuangan dengan Gaji Rp5 Juta)
3. Kambing

Peluang bisnis hewan ternak yang juga menjanjikan adalah kambing. Kambing cukup sering digunakan di Indonesia, untuk konsumsi, lebaran, untuk acara besar seperti kurban, aqiqah dan lainnya.

Ternak kambing bisa dimulai dengan modal Rp 5 juta saja. Pakan yang perlu Anda sediakan untuk kambing juga terbilang sederhana. Cukup tumbuh-tumbuhan seperti dedaunan atau rumput. Perkiraan untung ternak kambing dalam 9 bulan bisa dibilang Rp 6 juta. Ini masih perkiraan kasar belum dihitung jika kambing betina melahirkan anak.

(Baca juga: 5 Bisnis dengan Untung Miliaran, Berani Coba?)
4. Ayam kampung

Berbeda dengan ayam boiler, umumnya ayam kampung diminati dengan alasan kesehatan. Sekalipun dagingnya tidak banyak, ayam kampung bebas dari suntikan hormon yang memiliki bahaya jangka panjang bagi tubuh manusia.

Kandungan gizinya juga tinggi dan rendah lemak. Oleh karena itu harga ayam kampung bahan telurnya pun rata-rata dua kali lipat lebih mahal daripada ayam boiler.

Lama waktu perawatan ayam dari pembelian bibit sampai masa panen ialah selama 60 hari atau 2 bulan. Ketika ayam sudah memungkinkan untuk didistribusi, bersiaplah untuk memperoleh untung hingga puluhan juta rupiah.

5. Bebek

Semenjak menjamurnya kuliner bebek goreng, hewan ini juga semakin populer di dunia bisnis ternak. Dagingnya yang lebih gurih membuat banyak orang ketagihan untuk menyicipinya terus menerus. Hal ini tentu menjadikan usaha ternak bebek menjadi peluang usaha yang tidak bisa diremehkan.

Agar bisa memulai usaha ternak bebek, tidak banyak modal yang diperlukan. Namun meskipun demikian, penyediaan lokasi ternak itik menjadi syarat mutlak agar budidaya yang kita lakukan bisa sukses dan membuahkan hasil yang maksimal.

Selain daging, Anda juga bisa menjual terlurnya yang sering pula dipakai sebagai bahan dasar makanan-makanan lezat seperti kerak telor dan martabak. Untuk kentungan menjual telur dalam jumlah 100 butir saja, omzet perharinya mencapai 4,8 juta. Belum lagi jika ditambah penjualan daging yang umumnya dihargai Rp 35 ribu – Rp 55 ribu per kilogram.

Itulah kelima hewan ternak yang bisa Anda coba untuk dijadikan lahan bisnis menguntungkan. Tentu tidak instan, apalagi Anda harus memelihara hewan-hewan tersebut dengan selayak mungkin sebelum dijual. Dibutuhkan ketelatenan hingga mereka tumbuh sempurna dan siap untuk dipasarkan.

(Baca juga: Mau Bisnis Online Laris Manis? Ini 5 Kiatnya)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami