Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ingin Bobo Nyenyak? Cek Manfaat Pakai Plester Mulut Saat Tidur

by Miftahul Khoer on 11 Juli, 2019

Beberapa hari lalu media sosial diramaikan oleh postingan salah satu penyanyi tanah air Andien dan keluarganya yang membiasakan menggunakan plester mulut ketika tidur. Menurut Andien, ada banyak manfaat mulut ditutup plester. Hal itu memastikan pernafasan terjadi hanya melalui hidung ketika tidur atau dalam dunia kesehatan lazim disebut Buteyko Breathing.

plester mulut_tidur

“Setelah saya menjalankan tidur dengan diplester, ada beberapa kualitas baik yang saya rasakan. Jauh lebih mudah untuk mencapai deep sleep/tidur berkualitas; ketika bangun badannya lebih segar; dulu kalau malam suka batuk karena tenggorokan kering, sekarang sudah nggak pernah lagi; pas bangun nggak ada aroma mulut yang nggak sedap,” tutur Andien dalam unggahan Instastory melalui akun @andienasiyah.

Manfaat Tidur dengan Plester

Unggahan-unggahan Andien dan keluarga dengan menutup mulut saat tidur pun mengundang banyak komentar netizen terutama mereka yang penasaran dan ingin mencoba mempraktikan metode tersebut. Lantas, apa benar ada manfaat tidur dengan mulut tertutup plester seperti yang dilakukan Andien dan menjadi bahan perbincangan publik ini? Kuy simak.

Bisa tidur nyenyak tanpa ngorok

Teknik pernapasan Buteyko Breathing yakni bernafas melalui hidung dilakukan agar tubuh memperoleh oksigenasi jaringan yang lebih baik. Dengan cara bernafas ini, ketika mulut tertutup dan nafas hanya melalui hidung diyakini mampu membuat seseorang tidur nyenyak dan menghilangkan kebiasaan mendengkur alias ngorok.

Andien sendiri menganjurkan kepada siapapun jika ingin tidur berkualitas untuk mencoba metode Buteyko Breathing ini. “Latihan Buteyko Breathing yang saya rasakan banyak manfaatnya. tapi mungkin kalo belum punya kesempatan itu, mulai dengan memplester mulut ketika tidur,” tulis Andien di instagram storynya.

(Baca juga: Hati – Hati, Tidur Pakai Lampu Bisa Bikin Kamu Tambah Gemuk Lo!)
Mencegah risiko mulut kering

Saat tidur, seringkali kita mendapati kondisi mulut dalam keadaan kering. Ini terjadi karena mulut kerap terbuka sehingga pernapasan terjadi melalui mulut.

Dengan metode Buteyko Breathing, maka pernapasan terjadi melalui hidung dan hal itu diyakini lebih baik. Soalnya, mulut kering mampu memicu bakteri berkembang, menurunkan pH mulut ke zona asam hingga berpotensi gigi berlubang. Dengan demikian, cobalah mulut tertutup plester agar risiko mulut kering bisa ditekan.

Menekan kehilangan nitrogen oksida

Saat tidur dalam keadaan mulut tertutup plester, maka hal tersebut akan mengurangi risiko kehilangan nitrogen oksida yang diproduksi tubuh di dalam sinus. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, 25 persen nitrogen oksida dihasilkan tubuh melalui pernapasan hidung.

Nah, manfaat nitrogen oksida ini antara lain mampu mengurangi berat badan, mengatur tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh hingga meningkatkan daya ingat. Diketahui, ada sekitar 200 penyakit kronis yang disebabkan oleh kesalahan bernafas. Dengan demikian, bernafas melalui hidung terutama saat tidur diyakini banyak dampak positifnya.

Mengurangi risiko gesekan gigi

Pernah mendengar gesekan gigi saat orang terdekat kamu tertidur? Nah, hal itu terjadi karena kondisi saat tidur mulut dalam keadaan terbuka. Untuk mengurangi risiko gesekan gigi tersebut ada baiknya dilakukan metode Buteyko Breathing atau bernafas melalui hidung alias mulut tertutup plester saat tidur.

Gesekan gigi saat tidur akibat bernafas melalui mulut dan mulut dalam keadaan terbuka mampu memicu gigi menua, busuk hingga resesi gusi atau gusi merosot ke bawah.

(Baca juga: Liburan Sehat? Simak Kiat-kiatnya Yuk Biar Gak Loyo!)
Jenis Plester Mulut

Buat kamu yang penasaran ingin mencoba menutup mulut dengan plester saat tidur, usahakan untuk tetap hati-hati dalam memilih plester. Jangan sampai kamu membeli plester luka atau selotip pada umumnya yang bakal menyebabkan sakit ketika plester ditempel di mulut. Untuk itu, pastikan kamu membeli plester khusus mulut yang telah didesain secara aman dan nyaman.

Nah, itulah beberapa manfaat mulut tertutup plester saat tidur menurut kesehatan. Apakah kamu penasaran ingin mencoba menutup mulut saat tidur?

Untuk melindungi kesehatanmu, jangan lupa gunakan asuransi kesehatan terbaik. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.