Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ingin Kaya di 2016? Jangan Masukkan Ini di Daftar Resolusimu

by Ariesta on 28 Desember, 2015

tips kaya - CekAja.com

Siapa sih yang tidak ingin kaya? Hampir semua orang pasti menjawab ya. Tapi ketika ditanya bagaimana caranya pasti kebanyakan dari kita akan menggelengkan kepala. Untuk wanita, cari suami kaya sudah bukan jamannya. Kenapa harus mencari suami kaya kalau kita sendiri bisa mewujudkannya? Dan untuk yang pria, kerja keras saja tidak cukup.Semuanya harus dibantu dengan pengelolaan finansial yang baik.

Kalau di tahun ini kita merasa belum memiliki kemampuan finansial yang baik, tahun depan merupakan awal yang baik untuk mengubahnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat resolusi. Sekarang pasti kita berpikir resolusi pasti hanya sekedar daftar keinginan yang mudah terlupakan.

Ingin tahu kenapa banyak resolusi finansial di awal tahun kandas dan tak terwujud? Itu karena kita memulainya dengan resolusi yang salah. Resolusi finansial tanpa tujuan spesifik dan terukur hanya akan mudah terlupakan.

Pada akhirnya impian menjadi kaya hanya tinggal impian karena kita tidak mampu mewujudkannya.Perlu beberapa contoh ? Berikut adalah lima resolusi keuangan yang baik dan yang buruk untuk tahun depan.

(-)  Melunasi utang

(+) Membayar utang Rp 200 ribu setiap bulan atau Rp 2,4 juta selama setahun

Sebuah resolusi melunasi utang yang mengawang-awang tidak akan membuat utang kita terlunasi. Sebaliknya putuskan jumlah tertentu yang harus dibayar per bulan atau selama setahun. Pastikan juga jumlah yang ditentukan realistis dengan kondisi keuangan saat ini. Dengan kata lain, jika sejak awal kita merasa Rp 300 ribu perbulan terasa berat, turunkan sedikit standar resolusi.

(Baca juga: Mau Dongkrak Kekayaan di Dunia Investasi? Ini Tipsnya)

(-) Menghasilkan banyak uang

(+) Melamar 10 pekerjaan baru setiap bulan sampai mendapat bayaran lebih tinggi

‘Menghasilkan banyak uang’ adalah resolusi yang buruk karena seakan-akan kita hanya menunggu uang jatuh dari langit. Ubah resolusi dengan aksi nyata seperti mencari pekerjaan baru demi mendapat gaji lebih tinggi. Tentu saja ini bukan satu-satunya cara. Kita bisa mengajukan kenaikan gaji di perusahaan sekarang atau memulai bisnis online yang sudah lama diinginkan.

(Baca juga: 6 Kebiasaan Positif Orang Kaya yang Sebaiknya Ditiru Jika Mau Sukses)

(-) Berhemat

(+) Konsisten memotong Rp 200 ribu perbulan dari uang belanja

‘Berhemat’ memang terkesan baik. Tapi berapa banyak yang harus dipangkas? Dari pos pengeluaran yang mana? Bagaimana caranya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat kita tetap fokus pada tujuan berhemat.

Sebelum menentukan angka, evaluasi pengeluaran di tahun ini. Sebagai contoh, kita bisa menghemat uang belanja dengan merencanakan menu makan sebelum ke supermarket. Dengan demikian kita terhindari dari membeli bahan-bahan yang tidak dibutuhkan.

(-) Menabung lebih banyak

(+) Menabung Rp 1.000.000 setiap bulan

Berdasarkan penelitian Fidelity New Year Financial Resolutions pada tahun 2014 ‘Menabung lebih banyak’ merupakan resolusi tahun baru yang paling populer. Kalau kita benar-benar ingin mewujudkannya, kita harus menetapkan berapa jumlah yang harus ditabung setiap harinya. Lebih baik lagi jika kita langsung memisahkan gaji di rekening terpisah yang tidak bisa diganggu gugat.

(-) Hanya jalankan resolusi

(+) Manfaatkan aplikasi yang bisa membantu mengontrol budget

Membuat anggaran rasional adalah langkah pertama menjalankan resolusi 2016. Agar lebih mudah, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu kita untuk mengontrol pengeluaran seperti Mint, You Need a Budget, dan Left to Spend. Jadi tunggu apa lagi, ayo memulai tahun baru dengan memilih aplikasi tepat untuk mencapai resolusimu di tahun depan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami