Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ingin Kredit Ruko Murah? Ikuti Dulu Beberapa Tips Berikut

by lhmdi on 25 Maret, 2016

pinjaman bisnis - CekAja.com

Selain kredit rumah murah, beberapa bank biasanya memiliki layanan lainnya yaitu kredit ruko murah. Pertimbangannya adalah karena dengan ruko seseorang nantinya bisa menjadikannya sebagai tempat usaha.

Apalagi jika dilihat secara kasat mata, mulai bermunculan ruko-ruko baru di beberapa daerah. Ruko-ruko ini nantinya digunakan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat dengan segala bermacam usahanya.

Hampir seluruh Bank yang ada di Indonesia pun memfasilitasi kepemilikan ruko yang ada atau yang akan segera dibangun agar dapat digunakan oleh masyarakat. Bagi kamu yang tertarik membeli ruko untuk kebutuhan kegiatan usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dua Bank berikut memberikan kemudahan membeli dengan cara kredit.

  1. Kredit Ruko BTN

Selain dikenal sebagai salah satu pionir dalam memberikan kredit untuk membeli rumah, Bank Tabungan Negara atau BTN juga memberikan penawaran menarik bagi masyarakat yang menginginkan kredit ruko murah. Fasilitas yang diberikan pun menguntungkan bagi para usahawan dan dapat dijadikan pula sebagai tempat tinggal.

Dalam penawarannya, BTN mengklaim  memberikan suku bunga kompetitif, porses pengajuan dan diterima yang sangat mudah dan memiliki jangka waktu pembayaran hingga 15 tahun. Tidak tanggung-tanggung, BTN pun menambahkan beberapa penawaran menarik, yaitu tersedianya perlindungan berupa asuransi jiwa kredit, asuransi kebakaran hingga asuransi gempa bumi.

Sebagai tambahan, bagi kamu yang ingin memiliki ruko, BTN menambahkan beberapa biaya-biaya seperti biaya provisi, administrasi, premi asuransi serta biaya transaksi agunan dan biaya notaris.

  1. Bank Mandiri Syariah

Bank berikutnya bisa kamu tujuan untuk mengajukan kredit ruko murah adalah Bank Mandiri Syariah. Mandiri Syariah memberikan pembiayaan kepemilikan ruko yang diberikan kepada nasabah perorangan atau badan usaha dengan skema pembiayaan jual beli.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Syariah Mandiri adalah pembiayaan maksimal hingga 80% untuk kepemilikan ruko baru serta 75% untuk kepemilikan ruko bekas. Sementara itu Margin yang ditetapkan adalah fixed dan tidak akan mengalami perubahan.

Jangka waktu pembiayaan maksimal sebesar 10 tahun. Namun yang perlu dicatat adalah kredit ini memiliki sistem agunan. Akan tetapi agunan yang akan dijadikan jaminan adalah ruko yang akan kamu miliki.

Tips Memilih Ruko

Memilih ruko hampir sama dengan memilih rumah. kamu tidak bisa asal sembarangan untuk membelinya, meskipun dilakukan dengan kredit. Agar mendapatkan kredit ruko murah yang ideal serta sesuai dengan kebutuhan kamu, ikuti beberapa tips berikut ini: 

  1. Menentukan ruko berdasarkan bisnis

Jika ingin membeli ruko, pastikan untuk memperhatikan bisnis atau usaha apa yang sedang kamu kembangkan. Oleh karena itu, perhatikan lokasi ruko yang akan dibeli, apakah benar-benar sudah sesuai dengan usaha yang akan dijalankan.

Selain itu, pastikan juga target konsumen, kegiatan operasional serta regulasi bisnis atau usaha yang akan kamu jalankan. Jangan sampai hal-hal seperti ini nantinya akan terbentur karena masalah ijin usaha dan berbagai macam persyaratan lainnya.

  1. Memilih sistem pembelian ruko

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya membeli ruko pun bisa dilakukan dengan sumber pinjaman dari bank. Oleh karena itu, pastikan untuk menentukan jenis pembelian apa yang akan kamu lakukan. Jika ingin membeli secara kredit, pertimbangkan juga Cash Flow dari usaha yang akan kamu jalankan.

Selain itu, agar biaya pembelian ruko jadi lebih ringan, perhatikan pengembang yang memberikan diskon. Hal ini, setidaknya akan mengurangi beban pengeluaran biaya cicilan jika ruko dibeli secara kredit. 

  1. Perhatikan detil ruko

Detil ruko yang dimaksud disini adalah struktur fondasi serta bangunannya. Pastikan agar fondasinya benar-benar kokoh agar dapat menampung beban dari benda-benda yang akan ditempatkan dalam ruko.

Selain itu, sangat disarankan untuk melihat kondisi nyata ruko terlebih dahulu setelah melihatnya hanya dalam bentuk gambar. Cara ini akan membantu kamu melihat sendiri kekurangan atau kelebihan ruko yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat usaha.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami