Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ingin Modifikasi Motor? Cek Gaya dan Bentuk yang Tren Saat Ini!

by Achmad Fauzi on 30 Agustus, 2018

Modifikasi motor kini kembali tren di Indonesia. Tidak hanya orang biasa saja, orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membeli motor modifikasi. Sehingga, ‎kini banyak orang sekarang berlomba-lomba untuk merubah gaya dan bentuk kendaraannya.

motor sport _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Namun, sebelum melakukan perubahan pada motor, Anda perlu mengetahui gaya modifikasi yang sedang tren saat ini. Misalnya Jokowi yang memiliki motor modifikasi bergaya chopper. Nah berikut daftar gaya dan bentuk modifikasi motor yang perlu Anda ketahui.

Cafe racer

Modifikasi motor cafe racer ini menganut konsep motor balap zaman dahulu. Motor bergaya cafe racer ini memiliki ciri stang yang dijepit, jok yang rendah, dan bagian belakang yang melengkung ke bawah dan ke atas seperti ekor tawon.

(Baca juga: Mengenal E-Sport, Olahraga Baru di Asian Games 2018!)

Dengan gaya ini, Anda seolah-olah mengendarai motor balap zaman dahulu. Modifikasi motor bergaya ini pun juga tidak susah. Banyak tersedia aksesori satu paket untuk modifikasi motor bergaya cafe racer. ‎

Jap’s style

Modifikasi bergaya Jap’s style ini merupakan singkatan Japanese style dan tentunya berasal dari negeri sakura Jepang. Modifikasi jenis ini berfokus pada motor lama yang dibuat lebih macho seperti Harley Davidson.

Selain itu, gaya Jap’s style ini juga identik dengan jok single seater. Artinya, tidak bisa dikendarai untuk berboncengan. Modifikasi gaya motor ini telah ada sejak zaman dahulu, tepatnya pada tahun 1990-an.

(Baca juga: Cek Potensi Devisa Indonesia dari Pariwisata!)

Chopper

Modifikasi chopper bisa dikenali dari bentuk kemudi yang agak menjulur ke depan. Selain itu tangki bahan bakar juga minimalis serta penggunaan roda belakang yang berukuran lebih besar dibanding roda depan.

Seperti telah disebutkan, Presiden Jokowi juga menggemari gaya modifikasi chopper. Bahkan, Jokowi memiliki motor modifikasi bergaya chopper.

Bobber

Modifikasi motor bobber mirip dengan chopper yakni memotong beberapa bagian, tetapi pada bobber, bagian sasis tetap standar. Pada modifikasi gaya bobber, kedua bannya sama-sama memiliki ukuran yang besar. Modifikasi bobber ini lahir lebih dulu dibanding chopper.

(Baca juga: Ini 10 Perusahaan Fintech Terbesar di Dunia!)

Scrambler

Modifikasi motor ini dikenali dari ban yang digunakan. Biasanya scrambler menggunakan sepeda ban motor trail atau bermotif kotak. Selain itu, knalpot pada scrambler biasanya berada di samping motor. Modifikasi motor ini cocok untuk berkendara di medan yang berat

Brat style

Modifikasi brat style ini diciptakan oleh penggiat motor modifikasi asal Jepang yaitu Go Takamine. Ciri khas gaya motor ini bisa dilihat dari tangki besar yang panjang. Selain itu, motor bergaya brat style juga mempunyai ban besar dan tinggi dengan kembang klasik, serta warna yang cenderung gelap.

Flat tracker

Sebenarnya, flat tracker merupakan julukan bagi motor di arena balap di Amerika yang menggabungkan antara jalan tanah dan sirkuit datar. Nah, dengan julukan itu, motor flat tracker memiliki ciri bagian stang yang lebih lebar dan grip ban kotak.

(Baca juga: 10 Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018, Cek di Sini!)

Selain itu terdapat ciri lain yaitu bagian belakang yang datar meruncing serta bagian depan dengan papan nomor start.

Sebelum melakukan modifikasi pada sepeda motor, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu, salah satunya, adalah dana. Tanpa dana Anda tidak akan bisa memodifikasi motor Anda.

Namun jika Anda belum mempunyai dana, tak perlu takut. Pasalnya banyak fasilitas perbankan yang bisa Anda gunakan untuk rencana Anda, salah satunya Kredit Tanpa Anggunan (KTA). Yuk tunggu apalagi mulai sekarang ajukan KTA. Cek pilihan KTA terbaik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami