Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ingin Mulai Bisnis Rumahan? Lakukan 5 Pertimbangan Ini

by Sindhi Aderianti on 6 Februari, 2019

Pelaku bisnis rumahan semakin bertambah saja. Meskipun sejauh ini, jumlahnya masih didominasi oleh ibu rumah tangga.

bisnis tanpa modal - CekAja.com

Memang mendedikasikan sepenuh waktunya untuk mengurus anak, suami, dan rumah bukanlah pekerjaan yang mudah bagi mereka. Terkadang rutinitas yang monoton kerap mengundang rasa bosan.

Kalau sudah bosan, stres pun datang. Itulah alasan mengapa para ibu yang akhirnya memilih untuk berbisnis.

Minat tersebut pastinya juga tak lepas pula dari keinginan untuk memiliki penghasilan sendiri, tanpa bergantung hanya pada suami. Selain itu bonusnya lagi, waktu dengan keluarga akan lebih banyak didapat.

Banyak peluang usaha yang bisa Anda kerjakan di rumah. Untuk memulai bisnis sekalipun hanya di level ‘rumahan’, ada sejumlah pertimbangan yang tetap harus dipikir matang-matang.

Sebab, hal ini berkaitan juga dengan rumah tangga Anda. Berikut ini 5 hal di antaranya:

(Baca juga: 5 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Kawasan Stasiun KRL)
1. Bisnis sesuai minat dan keterampilan

Memilih bisnis rumahan memang sedikit tricky. Anda harus mempertimbangkan segala sisi, mulai dari tingkat kesulitan, cara pengerjaan, hingga modal yang dibutuhkan.

Tapi yang terpenting adalah pilih yang sesuai dengan minat dan keterampilan. Dengan begitu kedepannya, Anda tidak akan merasa kesulitan.

Contohnya influencer Kushandari Arfanidewi. Lantaran hobi memasak, wanita di balik akun @kelincitertidur tersebut selalu membagi resep MPASI yang sangat inspiratif.

Menunya selalu beragam dan menyehatkan. Ibu satu anak ini pun sempat beberapa kali membuka batch katering sehat.

Dari situlah, ia berhasil menghasilkan pundi-pundi dari bisnis rumahannya ini. Nah, Anda juga pasti bisa mengikuti jejaknya!

(Baca juga: Bisnis Online Kena Pajak? Ini Kiat Antisipasinya!)
2. Karakter produk harus berbeda

Banyaknya saingan, tak berarti harus minder. Ciptakan bisnis yang unik dan berbeda untuk menyita perhatian khalayak ramai.

Terkadang, ide untuk membangun karakter suaru produk itu sederhana saja kok. Sebagai contoh, kuliner pisang nugget yang hits sejak beberapa tahun lalu.

Mengkreasikan pisang ke dalam bentuk lain tanpa menghilangkan cita rasa nikmatnya, itulah yang kerap mengundang jutaan pembeli.

Jika tidak ingin bergelut di sektor kuliner, coba bisnis penyewaan barang kebutuhan bayi. Masih jarang ada yang punya, bukan? Intinya, buatlah sesuatu yang beda.

3. Media promosi yang digunakan

Dengan kewajiban ibu rumah tangga yang tak mungkin ditinggal begitu saja, Anda tentu memiliki sedikit keterbatasan dalam hal promosi. Sebagai langkah awal, tak ada salahnya memulai promosi lewat media sosial. Praktis, efektif, dan gratis!

Pilih waktu upload yang tepat dimana orang sedang berkutat dengan gadget mereka seperti pada saat pukul 12.00, sore hari pukul 17.00, dan 20.00 pada saat orang sampai di rumah setelah bekerja.

4. Hitung modalnya

Modal adalah hal utama yang paling mempengaruhi sebuah bisnis. Ibarat kendaraan, modal usaha adalah bensin agar bisnis Anda berjalan sampai tujuan. 

Hitung secara terperinci apa saja yang Anda butuhkan. Meliputi biaya untuk bahan baku, peralatan kerja, kemasan produk, dan lain masih banyak lagi.

Untuk ke depannya, jika perlu buat rekening terpisah antara hasil bisnis dan keuangan pribadi. Dengan demikian, pengeluaran yang tercatat dapat lebih akurat.

(Baca juga: Kiat-Kiat Berbisnis Tas Branded)
5. Manajemen waktu

Menjalani bisnis rumahan, mungkin Anda tidak akan terikat dengan waktu. Namun, Anda tetap harus pintar membagi waktu antara bisnis dan kepentingan rumah tangga.

Buat schedule jam berapa Anda harus mengerjakan bisnis dan mengurus pekerjaan rumah. Anggap sedang bekerja kantoran, misalnya jam kerja Anda untuk bisnis ini adalah 6 jam sehari.

Nah, waktu selebihnya manfaatkan untuk melunasi pekerjaan rumah tangga. Anda juga bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang canggih untuk mempercepat pekerjaan rumah, seperti vacum cleaner, mesin cuci langsung kering, hingga setrika uap yang tidak butuh waktu lama untuk mengerjakannya.

(Baca juga: 5 Bisnis Sampingan Bermodal Kecil yang Layak Dirintis)
Saat Bisnis Rumahan Anda Butuh Modal Tambahan

Ketika bisnis rumahan semakin konsisten dan banyak pelanggannya, Anda harus mulai memikirkan ekspansi bisnis tersebut. Jangan sampai bisnis yang harusnya berpotensi menghasilkan untung lebih besar, jadi stuck tanpa kemajuan.

Semisal mempekerjakan karyawan, agar load pekerjaan yang kian padat bisa tertangani semua dengan baik. Jika Anda merasa modal untuk mengembangkan bisnis rumahan ini tidak mencukupi, jangan khawatir.

Sekarang ada fasilitas pinjaman yang bisa menjadi solusi terbaik. Melalui pinjaman Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu contohnya.  

KTA adalah layanan yang bisa dibilang cukup diminati, terutama ketika seseorang membutuhkan dana dalam waktu singkat. Selain cepat, Anda juga tidak perlu melewati prosedur yang merepotkan, seperti pengecekan aset yang dijadikan jaminan. 

Bank hanya akan mempertimbangkan kemampuan calon debitur untuk melunasi utang dari riwayat kredit sebagai penentu diterima atau tidaknya pengajuan. Bahkan, kini Anda bisa mengajukannya secara online melalui CekAja.com!

Sekecil apapun suatu bisnis, Anda tetap bosnya. Begitu kira-kira quote yang pernah diungkapkan oleh mendiang Bob Sadino, Si Empunya Kem Chicks. Jadi sekalipun hanya bisnis rumahan, jangan pernah malu dan takut menggelutinya.

Bisnis memang tidak semudah dan secepat kilat menghasilkan untung. Tapi bagi mereka yang sudah pro di bidang ini, hal yang terpenting dari suatu bisnis adalah bagaimana keberanian seseorang untuk memulainya.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami