Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ingin Mulai Jualan? Inilah Serba-Serbi Cara Menjual Produk di Lazada

by Ayunindya Annistri on 19 Maret, 2020

Internet saat ini cukup berkembang dan memudahkan semua pihak. Termasuk mempermudah penjual menjajakan produk di toko daring. Pembeli di toko daring lebih mudah mengaksesnya tanpa harus melakukan kontak langsung dan menghabiskan waktu di jalan.

cara menjual produk di lazadaSaat ini, ada beragam toko daring atau online marketplace di Indonesia. Misalnya jual produk di Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Blanja, Shopee, dan sebagainya. Macam-macam toko daring ini memiliki kelebihan masing-masing. Tentu saja, toko daring semacam ini membuka kesempatan lebar bagi kamu yang ingin menjadi penjual.

Menjajakan produk unggulan kamu pun membutuhkan situs toko daring yang mumpuni. Situs toko daring ini haruslah bisa diakses melalui ponsel pintar, menarik, dan terdapat fungsi penasihat bisnis atau business advisor. Salah satu situs toko daring yang menyediakan itu semua adalah Lazada. 

Mengapa harus jual produk di Lazada?

Menurut situs Lazada, ada tiga alasan mengapa harus jual produk di Lazada. Di antaranya adalah mudah, menarik, dan lebih baik. Berikut pembahasannya.

  • Mudah

Jual produk di Lazada cukup mudah. Lazada menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan kamu agar bisa berjualan kapanpun dan dimanapun. Aplikasi mobile ini bisa diunduh lewat Google Playstore.

Proses pendaftaran sebagai penjual juga cepat. Hanya beberapa menit, kamu bisa langsung jual produk di Lazada.

Bingung memulai dari mana? Tenang saja, customer service (CS) akan membimbing kamu sebagai penjual yang unggul. Mulai dari logistik barang hingga mengiklankan produk. Cek FAQ untuk informasi dan petunjuk lebih detail.

  • Menarik

Lazada diklaim sebagai portal situs belanja daring terbesar di Asia Tenggara. Dengan jual produk di Lazada, kamu berkesempatan menjadi pedagang besar dengan sistem rating ulasan pembeli di Lazada.

Tidak seperti situs toko daring lain, Lazada bebas komisi, tanpa penalti dan tanpa ongkos kirim. Sehingga, kamu dapat memaksimalkan penjualan dan keuntungan.

Lazada juga dikenal sebagai situs toko daring yang memiliki banyak promo, kampanye, dan festival belanja. Misalnya Festival Belanja Lazada 11.11, Promo 9.9 Big Sale, promo Black Friday, dan sebagainya.

  • Lebih baik

Situs toko daring Lazada lebih baik dan unggul dibanding situs lain. Lazada hadir melalui fitur business advisor. Fitur ini berfungsi untuk melihat data statistik penjualan dan transaksi. Sehingga penjual dapat memaksimalkan penjualan.

Penjual juga selalu mendapatkan informasi dan tips terbaru lewat Lazada University. Lazada University adalah portal khusus penjual yang berisi konten tutorial, video, dan strategi penjualan.

Selain fitur business advisor, fitur store builder juga memudahkan penjual untuk mengatur tampilan beranda toko daring. Agar tampilannya menarik lebih banyak calon pembeli.

Tampilan beranda yang menarik ini harus didukung fitur “Chat Now”. Fitur chat langsung ini lebih responsif dan menambah reputasi toko di mata pembeli. Jadi tidak ada lagi keluhan pembeli yang tidak puas berbelanja di Lazada.

(Baca Juga: Punya Utang Pinjaman Online? Ini 5 Tips Mudah Membayar Cicilannya)
Langkah menjadi penjual di Lazada
  • Daftar

Masuklah ke halaman daftar sebagai penjual melalui situs Seller Center Lazada. Kemudian lengkapi data diri dan toko daring kamu.

  • Unggah

Unggahlah produk yang akan dijual di toko kamu dengan login ke seller center. Siapkan foto-foto produk yang berkualitas baik dan jelas, serta konten jualan yang menarik pembeli.

  • Jual

Setelah mengunggah produk, saatnya mulai jual produk di Lazada! Kamu bisa memasang iklan untuk mempromosikan produk, mengaktifkan fitur “Chat Now” agar mudah dijangkau pengunjung, atau mempromosikan toko Anda ke media sosial.

Jika Anda adalah distributor resmi sebuah produk, apa syarat jual produk di Lazada?

Situs toko daring Lazada menghadirkan fitur “Seller Lazmall”. Fitur ini memudahkan penjual dan distributor resmi untuk memperluas jangkauan produk ritel pada konsumen.

Syarat-syarat jual produk di Lazada sebagai Seller Lazmall adalah sebagai berikut.

  • Pemilik merek dagang atau distributor resmi.
  • Pemilik toko ritel offline dan ingin berjualan secara daring.
  • Bersedia investasi untuk mendapatkan visibilitas maksimal.

Lewat fitur Seller Lazmall, calon penjual mendapatkan akses khusus untuk promo khusus Lazmall. Bahkan, calon penjual juga memiliki akses spesial untuk berbagai fitur penjual. Fitur ini juga memudahkan penjual untuk mengakses pencarian produk yang sering tampil.

Cara menjual produk di Lazada

Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan cara menjual produk di Lazada. Misalnya seperti foto, deskripsi produk, promo, layanan, dan kecepatan menanggapi chat dari pembeli.

Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi reputasi toko daring dan engagement pembeli.

Berikut ini adalah pembahasan cara menjual produk di Lazada.

1. Gunakan foto yang jelas dan deskripsi produk menarik

Cara menjual produk di Lazada yang pertama adalah dengan menampilkan foto yang jelas menunjukkan kondisi barang secara nyata. Foto tersebut dapat meyakinkan pembeli terhadap spesifikasi, fitur, dan bahan dari deskripsi produk.

Sertakan pula deskripsi produk yang menarik selain menyebutkan spesifikasi, fitur, bahan, dan cara pemakaian/penggunaan. Masukkan kata kunci pada deskripsi produk agar muncul di laman utama.

2. Berikan promo atau gratis ongkos kirim

Pembeli umumnya tertarik dengan tawaran promo dan gratis ongkos kirim. Manfaatkan waktu promo di momen-momen tertentu untuk menawarkan produk kamu.

Jika ada pelanggan yang rutin bertransaksi di toko daring kamu, berikanlah penawaran gratis ongkos kirim. Tetapi lakukanlah saat memang dibutuhkan.

3. Berikan layanan terbaik

Layanan terbaik secara langsung memberikan ulasan dan rating positif pada toko daring kamu. Mayoritas calon pembeli melihat ulasan dan rating tinggi sebelum memutuskan berbelanja. 

Rating dan ulasan akan menjadi reputasi bawaan toko kamu. Karena itu, berikanlah layanan terbaik pada pembeli. Misalnya memberikan transparansi apakah produk elektronik boleh dibeli melalui transaksi COD (cash on delivery), garansi barang selama 3-7 hari, layanan pre-order barang jika stok habis, dan sebagainya. Dengan begitu, pembeli akan mempercayai reputasi toko daring kamu.

4. Responsif

Cara menjual produk di Lazada yang terakhir adalah dengan menjadi penjual yang punya reputasi cenderung aktif dan responsif saat membalas chat pembeli. Ditambah lagi dengan toko daring yang buka sesuai jam operasional, akan membuat pembeli mudah menjangkau kamu.

Lazada menyediakan fitur “Chat Now” untuk meningkatkan respons penjual. Fitur ini juga bisa digunakan untuk update status pesanan lebih cepat daripada sistem. Bila perlu, cantumkan media sosial atau nomor telepon toko daring kamu.

Jika empat cara di atas dapat dipenuhi, sudah saatnya untuk kembangkan jangkauan produk ke pembeli. Raih keuntungan maksimal dan tingkatkan reputasi toko daring kamu.

Pinjaman Dana Untuk Bisnis Onine, Gunakan Kredivo!

Gunakan pula pinjaman tunai dari Kredivo untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Lewat fintech ini, kamu bisa mendapatkan dana instan dengan masa tenor cicilan yang beragam. Mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan dan limit mencapai Rp30 juta. 

Cara mengajukannya juga cukup gampang, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Kredivo dan penuhi syarat serta dokumen yang diminta, antara lain adalah: 

  • Berstatus WNI dengan dibuktikan KTP dan swafoto
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Berdomisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan dan menyertakan bukti penghasilan dari rekening gaji atau NPWP

Yuk, ajukan sekarang dan nikmati berbagai manfaatnya jika menggunakan pinjaman tunai dari Kredivo 

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau