Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ingin Operasi Plastik Seperti Ratna Sarumpaet? Perhatikan 5 Hal Ini

by Miftahul Khoer on 4 Oktober, 2018

Kasus dugaan pemukulan yang melibatkan aktivis sekaligus seniman Ratna Sarumpaet ternyata merupakan kabar bohong alias hoaks. Ratna akhirnya mengaku bahwa wajahnya yang bengkak bukan hasil dari pemukulan melainkan bekas operasi plastik yang dilakukannya di Jakarta. Nah, Anda ingin operasi plastik seperti Ratna Sarumpaet?

Sontak, kasus yang menimpanya tersebut menjadi bahan perbincangan masyarakat. Awalnya masyarakat termasuk para politikus mengecam tindakan yang sewenang-wenang terhadap Ratna tersebut. Namun kasus pun terbongkar karena Ratna mengakui pembengkakan pada wajahnya adalah hasil dari operasi plastik.

Nah, kali ini CekAja tidak akan membahas terkait kebohongan Ratna Sarumpaet atas kasus tersebut, melainkan akan mengupas tentang beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum seseorang termasuk Anda hendak melakukan operasi plastik. Yuk simak!

(Baca juga: Wanita Ini Tertular HIV dari Alat Facial Wajah, Cek Faktanya!)
Tujuan operasi plastik

Hal yang harus pertama kali dilakukan saat hendak operasi plastik adalah menanyakan kepada diri sendiri apa tujuan atau urgensi Anda melakukan operasi plastik pada wajah atau pada anggota badan lainnya.

Jika memang kepentingannya sangat mendesak, Anda boleh melakukan operasi plastik. Misalnya Anda mengalami kecelakaan atau cacat yang mengharuskan untuk segera diobati, maka Anda bisa dipertimbangkan untuk operasi plastik.

Selain itu, saran dari dokter atau ahli harus ditempuh sebelum Anda melakukan operasi plastik untuk memastikan prosedur dan tingkat keamanannya saat operasi plastik.

Perhatikan biaya

Bagi Anda yang ingin melakukan operasi plastik, tentu harus memperhatikan besaran biayanya. Contoh kasus operasi plastik yang dilakukan Ratna Sarumpaet kabarnya menghabiskan biaya mencapai sekitar Rp90 juta.

Tentu bagi sebagian orang uang sebesar itu tak jadi masalah. Tapi bagi sebagian lain uang sebesar itu merupakan jumlah yang besar.

Maka dari itu Anda harus memprioritaskan terlebih dahulu apa saja kebutuhan-kebutuhan mendasar yang harus dicukupi. Jika semuanya sudah tercukupi dan Anda memiliki uang simpanan dalam jumlah besar, maka tidak ada salahnya Anda melakukan operasi plastik.

Dan jika memang Anda tidak punya tabungan, sebaiknya Anda menabung atau menyisihkan biayanya terlebih dahulu. Jangan sampai uang untuk kebutuhan sehari-hari digunakan hanya untuk operasi plastik agar tampil cantik.

Kembali ke poin awal harus diperhatikan juga urgensi Anda untuk operasi itu apa? Kalau Anda masih punya penampilan sempurna kenapa harus operasi plastik? Kecuali ada organ tubuh Anda yang memang benar-benar harus dilakukan operasi.

(Baca juga: Mengenal Hak Santunan dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja)
Jangan anggap remeh risiko

Dalam setiap operasi plastik seseorang akan mendapatkan anestesi sebagai obat penenang bagi pasien. Efek dari anestesi ini berpotensi bisa merusak otak, saraf hingga serangan jantung.

Risiko lain juga bisa mengalami pendarahan tehadap pasien. Selain itu, proses operasi plastik akan meninggalkan bekas luka terhadap anggota tubuh pasien yang menjadi objek operasi.

Risiko lain dari operasi plastik adalah terkait kemampuan dokter. Anda jangan pernah salah memilih dokter jika memang ingin melakukan operas plastik. Risiko salah dokter yang tidak profesional atau belum berpengalaman akan membuat operasi plastik Anda gagal.

Jika operasi Anda gagal, makan bukan kesempurnaan yang akan Anda dapatkan, sebaliknya penampilan Anda akan terlihat buruk.

Beberapa kasus gagal operasi plastik terjadi pada kalangan selebirit dunia. Pete Burns misalnya, seorang penyanyi asal Inggris yang melakukan operasi pada bibirnya. Bukanya berhasil, bibirnya malah kelihatan dower dan membesar.

Gagal operasi plastik juga terjadi pada Jackie Stallone, yang tak lain ibu kandung Sylvester Stallone. Jackie berniat mempercantik wajahnya dengan operasi plastik. Apa daya operasinya gagal. Hasilnya wajah Jackie jadi tampak menyeramkan.

Manfaat operasi plastik

Operasi plastik memiliki fungsi untuk memperbaiki penampilan atau menutupi kecacatan bagi seseorang. Seseorang yang melakukan operasi plastik bukan hanya ingin tampil cantik tetapi memang kebutuhan untuk memperbaiki anggota tubuh akibat dari luka bakar, kecelakaan, cacat bawaan dan lainnya.

Selain itu, operasi plastik juga bisa meningkatkan percaya diri bagi seseorang. Anda yang sedang mengejar karir misalnya, perlu melakukan operasi plastik untuk menjaga penampilan agar menjadi sorotan di mata orang lain.

Kalangan selebriti misalnya, banyak yang melakukan operasi plastik agar penampilannya tampak sempurna di hadapan orang.

(Baca juga: Ingin Punya Asuransi Kesehatan yang Sesuai? Cek Kiat-kiat Ini!)
Daftar selebriti yang operasi plastik

Selain Ratna Sarumpaet yang menggegerkan publik atas kasus operasi plastiknya, sejumlah selebriti yang menajalani operasi plastik lebih dulu antara lain Krisdayanti.

Pelantun Mencintaimu ini dikabarkan melakukan operasi plastik di beberapa bagian tubuh dan wajahnya seperti memancungkan hidung untuk menunjang penampilan.

Selain itu, selebriti lainnya yaitu Nikita Mirzani dan Nita Thalia, yang melakukan operasi plastik di bagian hidung dan bibir. Selebriti lain yang juga ingin mengubah penampilan melalui operasi plastik adalah Roy Kiyoshi. Wajah presenter itu menjadi tampak lebih oval dibandingkan sebelum dioperasi.

Nah, itulah beberapa hal terkait operasi plastik yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk operasi plastik. Apakah Anda tertarik?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami