Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ingin Pinjam Uang? Hindari 4 Kesalahan Berikut Ini

by lhmdi on 10 November, 2016

Ingin pinjam uang dengan cepat di saat yang tepat? Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk melakukannya. Di saat membutuhkan dana-dana darurat atau dana untuk berbagai kebutuhan lainnya meminjam uang bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam layanan seperti kredit tanpa agunan atau hanya dengan menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai.

Namun, tidak jarang pula banyak masyarakat melakukan beberapa kesalahan-kesalahan sebelum mencari pinjaman. Yuk! Ketahui apa saja kesalahan-kesalahan yang cukup sering terjadi ketika ingin meminjam uang:

Pinjam uang hanya untuk gaya hidup

Keinginan pinjam uang tidak selamanya untuk kebutuhan pokok. Sebagian masyarakat bahkan menggunakan uang pinjaman yang mereka dapatkan hanya untuk kebutuhan gaya hidup saja. Beberapa diantaranya adalah karena terlalu terbuai dengan berbagai promosi dari beberapa produk.

Tentunya meminjam uang hanya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup bukanlah hal yang bijak.

Jadi, jika berkeinginan meminjam uang, tentunya harus betul-betul dilakukan untuk memenuhi sebuah kebutuhan, dan bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup yang tidak akan ada habisnya.

Tidak punya rencana yang tepat

Seperti halnya perjalanan hidup yang butuh perencanaan, meminjam uang pun juga membutuhkan perhitungan serta rencana yang matang. Misalnya, Anda ingin pinjam uang menggunakan fasilitas kredit tanpa agunan atau KTA dari bank tertentu, namun hasil dari pinjaman tidak digunakan untuk kebutuhan yang produktif.

Hasilnya jumlah pengeluaran harian seperti jumlah hutang yang akan dibayar, biaya transportasi, hingga biaya untuk kebutuhan primer sandang, pangan, dan papan akan semakin bertambah.

Oleh karena itu, jika ingin pinjam uang ke pihak-pihak tertentu, pikirkan dengan matang terlebih dahulu, dan buat sebuah catatan mana yang menjadi prioritas penting. Hindari meminjam uang tanpa perencanaan yang detil serta tidak menghitung alokasi dana tanpa perencanaan jangka panjang.

Pinjam uang di tempat yang salah

Saat ini semakin banyak bermunculan tempat pinjam uang yang mudah secara online. Namun, beberapa masyarakat masih kurang teliti dalam memilih situs daring yang terbaik dalam menawarkan pinjaman-pinjaman yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga tertentu.

Oleh karena itu hindari memilih situs-situs yang tidak terpercaya dan kurang akurat dalam memberikan informasi yang tepat. Cek terlebih dahulu apakah situs  tersebut apakah memiliki informasi yang lengkap atau memiliki customer service yang dapat dihubungi untuk bertanya tentang informasi pinjaman yang akan Anda ajukan.

Tidak menabung

Memang benar, meminjam uang dilakukan untuk memenuhi beberapa kebutuhan. Namun, tidak salah rasanya untuk menyisihkan uang hasil pinjaman dengan menabung. Cara ini dapat membantu Anda untuk memperhitungkan dana yang tepat untuk berbagai macam kebutuhan lainnya.

 

 

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami