Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ingin Punya Asuransi Kesehatan yang Sesuai? Cek Kiat-kiat Ini!

by Achmad Fauzi on 24 July, 2018

Memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting.  Meskipun saat ini telah ada BPJS Kesehatan, tetapi memiliki asuransi kesehatan dari pihak swasta tetap diperlukan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga bisa saling melengkapi.

asuransi kesehatan - CekAja.com

Dengan adanya perlindungan kesehatan, Anda tidak perlu khawatir lagi akan besarnya biaya yang harus Anda bayarkan jika harus berobat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Jika tak punya asuransi, tentu Anda harus siap merogoh tabungan.

Namun, dengan banyaknya pilihan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan, Anda tentu merasa bingung bukan?  Agar Anda tidak salah pilih dan mendapatkan perlindungan yang terbaik, simak tip berikut ini.

(Baca juga: Ini Berbagai Persiapan Indonesia Menyambut Asian Games 2018)

‎Kenali dan pahami jenis asuransi kesehatan

Sebelum memiliki asuransi, Anda perlu mengenali dan memahami jenis asuransi kesehatan. Pasalnya, ada dua macam jenis asuransi kesehatan yaitu asuransi konvensional dan asuransi unit link.

Asuransi konvesional hanya memberikan perlindungan pada biaya pengobatan Anda saja. Sementara, asuransi unit link memberikan perlindungan kesehatan sekaligus berfungsi sebagai investasi.

Artinya, premi yang Anda bayarkan di asuransi unit link tidak hanya berfungsi sebagai pertanggungan pengobatan saja, tetapi juga diolah sebagai investasi. Tentu, premi asuransi unit link lebih mahal dibanding asuransi yang konvensional.

(Baca juga: Google Didenda Komisi Eropa Rp72,2 Triliun, Cek Faktanya!)

Cek pertanggungan rawat inap

Biasanya, asuransi kesehatan memberikan pertanggungan biaya rawat jalan dan rawat inap. Nah sebelum memiliki asuransi kesehatan, Anda harus mengecek  dulu apakah asuransi tersebut memberikan pertanggungan rawat jalan atau rawat inap. Usahakan Anda memilih asuransi yang memberikan kedua manfaat tersebut.

Namun, jika hanya memberikan satu manfaat, Anda harus memprioritaskan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap. Karena, biaya yang harus ditanggung untuk asuransi rawat inap lebih besar dibanding rawat jalan.

(Baca juga: Penerapan Mata Uang Digital untuk Fintech Perlu Kajian)

Pilih premi yang tepat

Anda juga harus menimbang besaran premi dalam asuransi kesehatan. ‎Semakin lengkap manfaat dan fasilitas yang disediakan, semakin tinggi pula premi yang harus dibayarkan. Begitu juga sebaliknya, jika Anda memilih besaran premi yang murah, maka Anda hanya akan mendapatkan manfaat dan fasilitas yang seadanya.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih premi sesuai dengan bujet. Namun, jangan pula memilih premi yang terlalu murah.

Pilih sistem cashless

Sebaiknya Anda memilih asuransi yang menyediakan fasilitas cashless. Sebab, dengan fasilitas itu, Anda tidak akan mengeluarkan biaya rumah sakit di awal, karena sudah dibayarkan langsung oleh perusahaan asuransi tersebut.

Dan, hindari memilih asuransi yang hanya menyediakan fasilitas reimburse. Sistem ini akan memberatkan Anda. Pasalnya, Anda akan mengeluarkan uang sendiri untuk biaya pengobatan. Setelah itu,  baru Anda bisa klaim semua biaya pengobatan ke perusahaan asuransi.

(Baca juga: Ini Tahapan Pendaftaran CPNS 2018)

Mengetahui mitra rumah sakit

Anda harus mengetahui dulu informasi tentang perusahaan asuransi khususnya informasi tentang rumah sakit yang menjadi mitra. Usahakan pilih perusahaan asuransi yang bermitra dengan rumah sakit yang sering Anda kunjungi. Hal ini akan memudahkan Anda saat berobat, karena telah sering berkunjung ke rumah sakit itu.

Cari informasi tersebut dengan menanyakan kepada agen asuransi yang bersangkutan. Atau, bisa juga Anda mencari informasi di website perusahaan asuransi yang Anda pilih

Lihat benefit yang diberikan

Meskipun setiap perusahaan asuransi kesehatan menawarkan benefit yang hampir sama, tetapi jenis perluasan perlindungan yang ditawarkan setiap produk bisa berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus melihat dan memahami apakah produk asuransi yang akan dipilih memiliki perluasan perlindungan yang sudah mencakup seluruh kebutuhan utama yang Anda inginkan atau belum.

(Baca juga: Akan Ada Terminal Khusus Penerbangan Murah di Bandara Soetta)

Cari tahu kredibilitas perusahaan

Anda juga perlu mencari tahu kredibilitas perusahaan. Hal ini perlu untuk menghindari Anda menjadi korban penipuan di kemudian hari. Anda bisa melihat kredibilitas dari komentar nasabah di sosial media. Atau Anda bisa mencari tahu dengan bertanya kepada sanak famili yang menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut.

Bandingkan produk 

Banyak sekali pilihan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan. Maka dari itu, Anda harus membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan itu. Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan asuransi saja. Anda sebaiknya mencari informasi tentang perusahaan asuransi lainnya dan membandingkan produk asuransi mereka.

Anda harus membandingkan produk asuransi dari segi premi bulanan, jenis perawatan kesehatan, sistem klaim, provider atau rumah sakit yang bekerja sama, dan manfaat-manfaat lain yang ditawarkan.

(Baca juga: INTERVIEW: Mengenal Skor Kredit dan Manfaatnya Bagi Nasabah)

Pilih asuransi kesehatan tanpa limit 

Asuransi kesehatan tanpa limit perawatan juga harus menjadi pertimbangan Anda saat memilih asuransi. Dengan tanpa limit, Anda tak khawatir biaya perawatan tinggi, karena semuanya dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Sehingga, Anda bisa mendapatkan perawatan yang maksimal.

Ajukan asuransi kesehatan secara online

Setelah menimbang dan mengikuti tip di atas, maka Anda harus segera mengajukan asuransi kesehatan yang dipilih. Anda bisa mengajukan asuransi kesehatan secara online di CekAja.com. Dengan cara online, Anda cukup mengajukan di rumah dengan menggunakan smartphone.

Apalagi, e-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan. Nah tunggu apalagi, yuk ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com.

(Baca juga: Ini 10 Maskapai Terbaik di Dunia, Ada Garuda Indonesia Loh!)

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami