Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ingin Punya Karier Oke, Cobalah Ikut Program Magang di Organisasi Internasional Ini

by Ariesta on 9 February, 2016

Mengikuti program internship atau magang saat masih berstatus mahasiswa banyak manfaatnya. Magang merupakan kesempatan untuk menjadi orang sukses melalui proses belajar sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Tapi, apakah kamu tahu cara mendapatkannya?

Selain bermanfaat untuk pengembangan diri, pengalaman magang berguna mempercantik CV-mu kelak. Perusahaan terutama, akan lebih melirik kandidat dengan segudang pengalaman selain nilai akademik dan keaktifan di organisasi saat menjaring calon pegawai.

Apalagi jika kamu sebelumnya pernah magang di perusahaan atau organisasi internasional. Saat kamu mencari pekerjaan nanti, kemungkinan besar kamu akan dianggap memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, networking luas, dan tekad berkompetisi. Menguntungkan bukan?

Di tengah persiangan kerja yang semakin keras, sudah saatnya kamu memperkaya pengalamanmu dengan magang di organisasi internasional. Semua informasi biasanya diunggah di situs dan pendaftaran pun bisa kamu lakukan secara online.  Ini beberapa organisasi internasional yang menyediakan program magang.

UNDP (United Nations Development Programme)

 UNDP Indonesia berkomitmen untuk mencetak pemimpin masa depan. Lewat program magang, UNDP Indonesia menyediakan peluang bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan wawasan seputar dunia kerja UNDP. Setiap tahunnya tersedia posisi magang dengan jumlah terbatas.

Siswa dari latar belakang akademik yang beragam dapat ditugaskan di kantor UNDP di mana ilmu yang diperoleh di kampus dapat dipratikkan secara nyata. Peserta magang nantinya akan dibimbing oleh staf UNDP untuk mendapatkan pengalaman di berbagai bidang profesional dan memungkinkan peserta untuk mengekspos diri mereka sendiri dalam lingkungan internasional.

UNICEF (The United Nations Children’s Fund)

Normalnya, UNICEF Indonesia tidak menerima peserta magang. Tapi kalau kamu tetap tertarik berkontribusi menjadi relawan, kirimkan CV dan surat lamaran ke jakarta@unicef.org karena terkadang ada posisi-posisi yang dibutuhkan. Namun jangan khawatir karena UNICEF pusat di New York, membuka lowongan dengan kriteria yang spesifik.

(Baca juga: Mau Jadi Pebisnis Handal? Ini Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia)

 

AIESEC

AIESEC merupakan organisasi pelajar internasional yang menyediakan program pertukaran budaya lewat magang maupun relawan. Diharapkan, para pesertanya dapat membawa pengaruh positif dalam masyarakat. Jaringan AIESEC yang mencapai 133 negara menjadikannya sebagai organisasi terbesar di dunia yang dijalankan oleh anak muda.

(Baca juga: 5 Kerugian yang Kamu Dapat Jika Tidak Memiliki Pendidikan Tinggi)

Dengan menjadi anggota AIESEC, kamu bisa mengunjungi negara tertentu dan berpartisipasi menjalankan proyek yang berkaitan dengan budaya, pendidikan, kemiskinan, dan masih banyak lagi. Untuk menjadi relawan, kamu memang tidak dibayar. Tapi kamu bisa mendapatkan pengalaman tinggal di rumah warga lokal. Adapun magang yang dibayar bisa dilakukan selepas kuliah dengan mengikuti program seleksi.

United Nations (PBB)

Punya pengalaman magang di PBB dijamin membuat CV-mu menonjol dibanding yang lain.  Jika kamu berencana memasuki dunia diplomasi dan kebijakan publik saat berkarier nanti, magang di PBB merupakan awalan yang sangat baik.

(Baca juga: 5 Pekerjaan Bergaji Besar Tanpa Gelar Pendidikan)

Program magang di PBB bertujuan untuk memberikan wawasan tentang lingkungan kerha dan tantangan PBB. Kamu akan diberikan kesempatan nyata untuk bekerja dengan orang-orang profesional PBB. Tak hanya itu, kamu juga berkesampatan untuk  berpartisipasi konferensi dan kebijakan PBB.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami