Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ingin Sehat dan Bugar Saat Puasa, Perhatikan 7 Hal Ini!

by Achmad Fauzi on 16 Mei, 2018

Tidak lama lagi, semua umat Muslim di dunia akan menghadapi bulan Ramadan. Di bulan suci tersebut, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Bagaimana cara agar badan tetap sehat dan bugar selama puasa?

Sepanjang menjalankan ibadah puasa, Anda rentan merasakan lemas karena menahan rasa lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam. Tentunya dengan kondisi fisik semacam itu, bisa membuat Anda bermalas-malasan untuk bekerja alias tidak produktif.

Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, Anda harus mempunyai kondisi yang bugar untuk menghadapi pekerjaan. Nah, Anda harus memperhatikan hal-hal ini agar terhindar dari rasa lemas saat berpuasa.

Usahakan selalu sahur

Saat menjalankan puasa, usahakan Anda selalu melaksanakan sahur. Karena dengan sahur, Anda mempunyai energi untuk menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa. Melewatkan sahur malah akan menyiksa diri sendiri. Pasalnya, tanpa sahur Anda tidak memiliki energi, dan ini yang akan membuat Anda merasa lemas. (Baca juga: Kenaikan Harga Rumah di Surabaya Tertinggi Se-Indonesia, Yuk Cek!)

Kontrol asupan makanan

Anda juga harus mengontrol makanan yang Anda makan saat sahur dan berbuka puasa. Perlu diingat selama berpuasa, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Karena, seperti telah dijelaskan di atas, makanan akan menjadi sumber energi saat menjalankan puasa.

Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan, setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan yang harus Anda makan minimal harus ada salah satu jenis yang berasal dari 4 kelompok makanan yakni makanan pokok (beras, jagung, roti, ubi, dan lain-lain), lauk-pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, dan lain-lain), sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan buah (semua jenis buah-buahan).

Perbanyak minum air putih

Perlu Anda ingat, bukan hanya makanan saja yang dibutuhkan tubuh. Tubuh juga membutuhkan cairan. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih saat sahur dan setelah berbuka. Minimal 8-10 gelas air putih harus Anda minum untuk mencukupi cairan tubuh dalam sehari.

Dengan tercukupinya cairan tubuh, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, Anda juga tidak akan cepat haus, sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah puasa Anda.

(Baca juga: Jelang Ramadan Harga Bahan Pokok Mulai Naik, Cek di Sini!)

Berbuka puasa secukupnya

Saat berbuka puasa, janganlah makan secara berlebihan. Biasanya, banyaknya makanan yang tersedia akan membuat Anda kalap saat berbuka. Sebaiknya, Anda berbuka puasa dengan porsi secukupnya saja.

Karena, jika Anda merasa kekenyangan, biasanya akan sulit bergerak dan mengganggu ibadah Anda selanjutnya. Maka dari itu, cukup batalkan puasa dengan air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma, dan lain-lain.

Olahraga ringan

Buang anggapan Anda jauh-jauh bahwa olahraga saat berpuasa akan membuat tubuh semakin lemas. Olahraga juga diperlukan saat menjalani ibadah puasa. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Tunisia dari Universitas Sfax dan CHU Habib Bourguiba menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti olahraga memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh selama puasa.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk berolahraga saat berpuasa. Mulailah berolahraga ringan, seperti jalan santai atau bersepeda. (Baca juga: Mau Bukber di Hotel Mewah? Cek Promonya Biar Lebih Hemat!)

Perbanyak ibadah

Memperbanyak ibadah adalah hal yang baik bagi Anda yang berpuasa. Karena, Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda jika melakukannya dengan benar. Selain itu, memperbanyak ibadah juga bisa untuk mengontrol stres Anda. Dengan Ibadah, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang bisa membuat stres.

Menurut ahli psikologis klinis Jonathan Kramer, stres bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan akibatnya, seseorang akan mudah terserang penyakit. Hal semacam ini tentu dapat menggangu ibadah Anda.

Istirahat yang cukup

Pastinya, saat Anda berpuasa, waktu istirahat Anda berkurang. Sebab, Anda harus bangun pagi-pagi untuk sahur. Apalagi, jika banyak pekerjaan yang menumpuk di kantor, hal ini akan membuat Anda lembur sampai malam.

Maka dari itu, Anda harus mengatur kembali jam tidur Anda. Usahakan jangan tidur terlalu malam. Kurang tidur akan mempengaruhi kinerja otak. Selain itu, kurang tidur akan membuat Anda merasa lemas dan ini akan mengganggu jalannya ibadah puasa Anda.

Itulah beberapa hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menjalankan ibadah. Dengan mengikuti anjuran-anjuran tersebut, mudah-mudahan tubuh Anda tetap segar dan bugar saat menjalani puasa. (Baca juga: Wah! Bank Indonesia Siapkan Jurus untuk Perkuat Rupiah)

Untuk melengkapi ibadah puasa Anda, lindungi diri dengan asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga ketika Anda jatuh sakit. Yuk cek pilihan asuransi kesehatan terbaik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami