Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini 10 Film Indonesia Paling Laris! Kamu Sudah Nonton?

by Sindhi Aderianti on 29 Maret, 2019

Industri perfilman Tanah Air tengah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Penilaian tersebut didasarkan pada meningkatnya jumlah produksi dan penonton film nasional di bioskop.

Terbukti dalam beberapa tahun terakhir, selalu ada film yang berhasil menembus angka 1 juta lebih penonton. Walaupun genre-nya masih didominasi oleh horor dan percintaan, namun secara cerita kini lebih orisinal.

Para sutradara pun semakin pandai mengolah scene demi scene menjadi sinematografi yang apik. Ditambah kemampuan akting setiap cast yang memberi kesan tak kalah dengan film-film Hollywood.

Untuk memperingati Hari Film Nasional, CekAja ingin mengajakmu untuk kembali mengingat film-film apa saja yang berhasil menduduki rangking terlaris selama periode 2007-2018. Yuk, kepoin bersama!

1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1

Tahun 2016 lalu, film ini terbilang paling mencuri perhatian. Selain berhasil membangkitkan kembali tokoh legenda komedi Indonesia Warkop, ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss part 1’ juga mampu menggeser posisi ‘Laskar Pelangi’ yang selama 8 tahun bertahan di posisi teratas. 

Dari pencapaian tersebut, film remake yang dibintangi Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian dan Tora Sudiro itu kebaranya berhasil meraup keuntungan bombastis, yakni mencapai 200 persen.

(Baca juga: Cek Fakta Film ‘Dilan 1991’, Nomor 5 Berat Kamu Gak Akan Kuat!)
2. Dilan 1990

Rilis di awal tahun 2018, film adaptasi dari novel terlaris karya Pidi Baiq ini meraih sukses besar. ‘Dilan 1990’ menduduki posisi kedua pada daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Kisah cinta dua sejoli tersebut berhasil menghipnotis 6,3 juta penonton dan meraup keuntungan Rp233 miliar. Sekuel keduanya pun sudah tayang, bahkan ditaksir akan mengulang kesuksesan yang sama.

3. Laskar Pelangi

Sebelum akhirnya tergeser oleh ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss part 1’ di urutan ketiga, Laskar Pelangi sempat menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton 4.719.453.

Film garapan Riri Riza ini diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata. Memakan biaya produksi Rp8 miliar, Laskar Pelangi termasuk film yang ‘balik modal’ dengan keuntungan sebesar Rp139 miliar.

 (Baca juga: 10 Film Hollywood Paling Ditunggu di 2019)
4. Habibie & Ainun

Kisah percintaan Presiden RI ke-3 yang diangkat ke layar lebar juga mendapat sambutan meriah dari penikmat film Indonesia lewat ‘Habibie & Ainun’.

Diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, sebanyak 4.583.641 tersihir oleh kekuatan cinta sejati yang patut menjadi teladan dari keduanya. Tak tanggung-tanggung, keuntungan yang didapat film ini pun mencapai Rp135 miliar.

5. Pengabdi Setan

Awal bangkitnya film horor Indonesia yang lebih bermutu, boleh dibilang karena Pengabdi Setan’. Meskipun remake dari film berjudul sama di tahun 80-an, hasilnya tak mengecewakan.

Film Pengabdi Setan berhasil menghimpun 4,2 juta penonton dan meraup pendapatan sebesar Rp147 miliar selama penayangannya di bioskop. Film yang disutradai oleh Joko Anwar itu bahkan sempat tayang di bioskop luar negeri dengan judul ‘Satan Slave’.

6. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Tak disangka-sangka, ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2’ juga masuk dalam daftar film terlaris 2007-2018.

Masih dengan pemeran dan lanjutan kisah dari sekuel terdahulu, film yang dirilis pada akhir 2017 tersebut berada di posisi keenam dengan jumlah total 4,08 juta penonton. Bahkan dalam dua pekan pemutaran, film tersebut sudah menghasilkan Rp112 Miliar.

 (Baca juga: Ini 7 Fakta Film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur)
7. Ayat-Ayat Cinta

Di tahun 2008, film yang mengisahkan perjalanan cinta Fahri, Aisha, dan Maria ini tak kalah suksesnya. Baik dari segi film ataupun soundtrack lagu yang diisi oleh penyanyi Rossa.

Meski bertemakan poligami, ‘Ayat-Ayat Cinta’ lolos dari kontra berlebihan. Film yang berlatarkan eksotisme kota di Tunisia itu justru berhasil meraih pendapatan hingga Rp107 miliar dari 3,5 juta penonton.

8. Ada Apa Dengan Cinta 2

Kisah hubungan Cinta dan Rangga sempat menggantung di sekuel pertama. Hingga 14 tahun kemudian, rumah produksi Mira Lesmana pun kembali untuk memberikan ‘jawaban’ yang sudah lama di tunggu. 

Melalui sekuel kedua ‘Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2)’. penonton film ini berhasil mencapai angka 3,66 juta penonton, bahkan selama penayangannya, film AADC 2 sukses mendulang keuntungan sebesar Rp109,9 miliar.

9. Suzzana: Bernapas Dalam Kubur

Siapapun pasti mengenal sosok Suzzanna. Inilah yang membuat Soraya Intercine Films berinisiatif untuk membuat versi remake-nya.

Banyak hal unik yang disuguhkan film tersebut. Seperti penampilan Luna Maya yang dibuat persis Suzzana. Digarap oleh Rocky Soraya dan Anggy Umbara, ‘Suzzana: Bernapas Dalam Kubur’ akhirnya mampu menarik 3.270.468 penonton dengan pendapatan Rp 112 Miliar.

(Baca  juga: 5 Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Saat Halloween)
10. My Stupid Boss

Film tentang konflik antara atasan dan bawahan yang disajikan secara komikal ini merengkuh 3.052.657 penonton, selama penayangan berlangsung.

Jumlah tersebut membuat ‘My Stupid Boss’ sukses mendepak ‘Comic 8: Casino Kings Part 2’ dari peringkat kedua dalam daftar film Indonesia. Selain memperoleh jumlah penonton terbanyak pada tahun 2016, film tersebut juga mengantongi keuntungan sebesar Rp 91,3 miliar.

Menilik perkembangan perfilman nasional, tentu tak bisa hanya dengan melihat angka kuantitatif. Ada banyak faktor agar kita bisa memotretnya secara lebih objektif. Semoga ke depan, film Indonesia semakin maju dan diakui oleh dunia ya!

Kamu suka nonton film? manfaatkan promo menarik dari beberapa kartu kredit. Seperti kartu kredit BRI Touch yang memberikan promo buy 1 get 1 hingga Juni 2019 di CGV seluruh Indonesia. 

Belum punya kartunya? Tenang, ajukan di CekAja.com, layanan keuangan bebas antri yang bisa membuat kamu memiliki kartu kredit dengan mudah. Hanya dengan klik di ponsel pintar kamu. Mudah kan?

 

 

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami