Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini 10 Film Terlaris Sepanjang 2018? Mana Yang Anda Tonton

by Miftahul Khoer on 11 Desember, 2018

Dalam tiga tahun terakhir, industri perfilman Indonesia tampak semakin menggembirakan. Ini bisa dilihat dari pencapaian jumlah penonton yang cukup signifikan.

nonton film terbaru gratis_ kartu kredit - CekAja.com

Kita bisa melihat, data pada 2015 jumlah penonton film Indonesia tembus mencapai 16,2 juta dan mengalami peningkatan drastis pada 2016 yang mencapai 34,5 juta. Begitu juga pada 2017 yang mencapai sekitar 40,5 juta penonton.

Tentu saja, angka-angka tersebut merupakan angin segar bagi para pecinta dan pelaku film-film lokal tanah air untuk terus berkarya. Tak mau kalah dengan tiga tahun ke belakang, sepanjang tahun ini juga karya-karya anak bangsa di perfilman tak kalah menarik.

Ada banyak film yang diluncurkan para sineas tanah air dan bisa tembus lebih dari satu juta penonton. Nah, berikut 10 film terlaris sepanjang 2018 yang penontonnya lebih dari satu juta menurut data filmindonesia.or.id.

Dilan 1990 – 6,31 juta penonton

Harus diakui film paling laris dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang 2018 adalah Dilan 1990. Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama besutan penulis Pidi Baiq ini tembus hingga 6,31 juta penonton.

Film ini dirilis pada Januari 2018 dengan menampilkan sosok Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sebagai tokoh utama. Film tersebut menceritakan tentang percintaan dua remaja yang bersekolah di Bandung.

Film yang ditaksir meraup pendapatan sekitar Rp221 miliar ini disutradarai oleh Fajar Bustomi dan diproduseri oleh Ody Mulya Hidayat. Adapun film ini diproduksi oleh Falcon Pictures.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

Suzzanna: Bernafas dalam Kubur – 3,27 juta penonton

Film bergenre horor ternyata masih mendominasi layar lebar di Indonesia. Mengikuti jejak film Pengabdi Setan yang tembus hingga 4,2 juta penonton pada 2017, film horor yang juga laris pada tahun ini adalah Suzzanna: Bernafas dalam Kubur yang tembus hingga 3,27 juta penonton hingga pekan kedua Desember 2018.

Film ini diluncurkan pada 15 November 2018 dengan dibintangi oleh Luna Maya, Herjunot Ali, Alex Abbad dan lainnya. Adapun sutradara film ini adalah Rocky Soraya dan Anggy Umara serta diproduseri oleh Sunil Soraya dari Soraya Intercine Films.

Film terlaris kedua sepanjang 2018 ini ditaksir meraup pendapatan sekitar Rp114,4 miliar.

(Baca juga: 3 Aktor Indonesia di Film Berbujet Mahal Hollywood)
Danur 2: Maddah – 2,57 juta penonton

Diluncurkan pada Maret 2018, film besutan sutradara Awi Suryadi dan produser Manoj Punjabi ini tembus hingga 2,57 penonton dengan taksiran pendapatan mencapai Rp90 miliar.

Film ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Sophia Latjuba, Bucek Depp dan beberapa bintang lainnya. Film ini menceritakan tentang seorang remaja perempuan yang dibintangi Prilly bisa melihat hantu dan menjadi teror kepada orang-orang terdekatnya.

(Baca juga: 4 Film Inspiratif Penuh Motivasi untuk Meraih Sukses)
Si Doel the Movie – 1,75 juta penonton

Dirilis pada Agustus 2018, film Si Doel the Movie yang dibintangi Rano Karno, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, dan Mandra ini tembus hingga 1,75 penonton dengan taksiran pendapatan mencapai Rp61,5 miliar.

Film ini merupakan sekuel dari sinetron legendaris era 1990-an, Si Doel Anak Sekolahan. Versi layar lebarnya sendiri disutradarai langsung oleh Rano Karno dan diproduseri oleh Frederica HB Naveen.

Asih – 1,71 juta penonton

Film yang dirilis pada Oktober 2018 ini tembus hingga 1,71 juta penonton dengan taksiran pendapatan mencapai Rp60 miliar. Film ini merupakan sempalan dari kesuksesan film yang dibesut sutradara Awi Suryadi dengan film Danur (2017) dan Danur 2: Maddah (2018).

Film ini merupakan adaptasi dari novel horor karya Risa Saraswati dengan judul yang sama. Film Asih dibintangi oleh Shareefa Daanish, Citra Kirana, Darius Sinathrya, Alex Abbad, Marini Soerjosoemarno dan diproduseri oleh Manon Punjabi.

Teman Tapi Menikah – 1,65 juta penonton

Film yang dirilis pada Maret 2018 ini menceritakan tentang dua orang remaja SMA yang awalnya bersahabat dan berubah menjadi suami istri. Film yang diadaptasi dari buku dengan judul sama karya Ditto dan Ayu Bing Slamet ini dibintangi Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla.

Film yang disutradarai oleh Rapo Prijanto ini tembus hingga 1,65 juta dan ditaksir meraup pendapatan mencapai Rp57,9 miliar.

(Baca juga: Tips dari 5 Film Serial Populer Ini Bisa Bikin Kariermu Gemilang)
Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 – 1,55 juta penonton

Berawal dari sinetron silat di era 1990-an, film ini diangkat ke layar lebar yang dirilis pada Agustus 2018 dengan raihan 1,55 juta penonton dan ditaksir meraup pendapatan Rp54,3 miliar.

Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Ruth Marini, Yayan Ruhian, Sherina Munaf, Fariz Alfarazi dan beberapa tokoh lainnya. Adapun produser film ini adalah Sheila Timothy dan diproduksi oleh 20th Century Fox, Lifelike Pictures.

Jailangkung 2 – 1,49 juta penonton

Sutradara Rizal Mantovani dan Jose Purnomo ternyata masih penasaran untuk menggarap film Jailangkung 2 setelah sebelumnya sempat menggarap Jelangkung (2001) dan Jailangkung (2017).

Film Jailangkung 2 ini dirilis pada Juni 2018 dan tembus hingga 1,49 juta penonton dengan taksiran meraup pendapatan sekitar Rp52,4 miliar. Film ini dibintangi oleh Jefri Nichol, Amanda Rawles, Lukmas Sardi dan beberapa tokoh lainnya.

A Man Called Ahok – 1,46 juta penonton

Dirilis pada November 2018, film ini tembus hingga 1,46 juta penonton dengan perkiraan meraup pendapatan hingga Rp51,2 miliar. Film yang bercerita tentang sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ini diadaptasi dari buku karya Rudi Valinka dengan judul yang sama.

Film yang mengisahkan Ahok di Belitung Timur ini dibintangi oleh Daniel Mananta berperan sebagai Ahok dewasa dan Eric Febrian sebagai Ahok remaja, serta para pemeran lain dalam film ini antara lain Denny Sumargo, Chew Kin Wah, Sita Nursanti, Donny Damara, Ferry Salim, Eriska Rein, dan Jill Gladys.

Sabrina – 1,33 juta penonton

Ditaksir meraup pendapatan sekitar Rp46,8 miliar, Sabrina menjadi salah satu film horor yang sukses dan tembus hingga 1,33 juta penonton. Film garapan sutradara Rocky Soraya ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang diteror ketakutan dari arwah seorang ibu bernama Andini yang telah meninggal yang masuk dalam boneka Sabrina.

Film ini dibintangi oleh Luna Maya, Sara Wijayanto, Jeremy Thomas, Christian Sugiono, Rizky Hanggono dan lainnya.

Itulah daftar film-film terlaris sepanjang 2018 yang jumlah penontonnya lebih dari satu juta. Jumlah pendatapatan dari masing-masing film di atas dihitung dengan asumsi jumlah penonton dikali rata-rata harga tiket sebesar Rp35.000. Nah, Anda sendiri suka dengan film yang mana?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.