Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini 10 PTN yang Diburu Calon Mahasiswa, Bukan UI atau ITB!

by Gito on 10 Juli, 2019

Masa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk tahun ajaran 2019 sudah selesai. Data dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisdikti) menyebutkan sekitar 168.742 peserta dinyatakan lulus ke 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di berbagai wilayah Nusantara.

10 PTN

Menjadi mahasiswa adalah impian bagi seluruh pelajar yang saat ini tengah menempuh pendidikan menengah atas atau SMA. Apalagi jika status mahasiswa yang disandang berasal dari PTN ternama di negeri.

Maklum, mahasiswa merupakan “kasta” tertinggi dalam dunia pelajar. Seseorang yang sudah menduduki bangku mahasiswa biasanya memiliki peluang lebih untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Walaupun bukan berarti juga seorang yang mengenyam pendidikan hingga menengah atas saja tidak bisa meraih masa depannya. Karena sejatinya sukses atau tidaknya hidup seseorang ditentukan oleh ketekunan dan keuletan, bukan hanya dari pendidikan yang bagus.

Menjadi mahasiswa atau tidak memang bukanlah harga mati. Tetapi banyak yang berusaha mati-matian untuk menjadi mahasiswa di universitas ternama.

(Baca  juga: Tips Sukses Pendaftaran Jalur Mandiri PTN)
Perguruan Tinggi Negeri Paling Dicari!

Nah berdasarkan peminatan dalam SBMPTN terdapat 10 perguruan tinggi negeri yang menjadi buruan para calon mahasiswa. Masih pada data Kemenrisdikti, ke sepuluh PTN tersebut adalah:

  1. Universitas Brawijaya
  2. Universitas Sebelas Maret
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Universitas Negeri Semarang
  6. Universitas Padjajaran
  7. Universitas Hasanuddin
  8. Universitas Jember
  9. Universitas Negeri Yogyakarta dan
  10. Universitas Sumatera Utara.

Posisi Universitas diurutkan berdasarkan jumlah pendaftar. Terbanyak adalah Universitas Brawijaya dengan 55.781 peserta sedangkan posisi 10 diisi oleh Universitas Sumatera Utara dengan 36.585 peserta.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)
UI dan ITB Tidak Ada!

Data tersebut cukup mengejutkan. Karena PTN macam Universitas Indonesia (UI) atau Institut Teknologi Bandung (ITB) yang masuk dalam jajaran Universitas Terbaik Dunia tidak masuk dalam bidikan calon mahasiswa Indonesia.

Berubahnya sistem dalam proses seleksi masuk PTN tampaknya menjadi salah satu penyebab hilangnya nama-nama langganan universitas yang biasanya menjadi incaran calon mahasiswa.

Melalui SBMPTN, setiap calon mahasiwa menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai dasar untuk mendaftar PTN.

Tetapi bukan berarti UI dan juga ITB atau UGM serta ITS menjadi tidak favorit lagi. Nilai yang ditetapkan kampus-kampus tersebut tetap masuk dalam PTN dengan nilai tertinggi. Hanya pendaftarnya menjadi lebih mengetahui kompetensi dirinya masing-masing.

Ditambah, seleksi masuk PTN selain melalui SBMPTN juga dikenal yang namanya ujian mandiri. Jadi setiap calon mahasiswa dapat langsung mendaftar di PTN yang dituju dengan mengikuti serangkaian tes yang diikuti oleh kampus tersebut.

Tetapi tidak semua PTN memiliki jalur seleksi seperti ini. Kebanyakan jalur ujian mandiri dimiliki oleh PTN yang memang sudah menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Seperti UI dengan SIMAK UI-nya dan UGM melalui UTUL UGM.

(Baca juga: Maudy Ayunda Pilih Harvard University, Begini Tips Survive Kuliah di Amerika)
PTN Indonesia Tembus Dunia

Membincang pendidikan di Indonesia, kita patut berbangga hati dengan negeri ini. Pasalnya 5 universitas yang berada di Indonesia masuk dalam jajaran Universitas terbaik di dunia. Belum lama ini Times Higher Educations (THE) merilis ranking universitas terbaik di dunia.

Universitas Indonesia (UI), Institute Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam jajaran World University Rankings 2019.

Dalam hasil pemeringkatan tersebut UI berada di peringkat 601-800, ITB di 801-1001, IPB, UGM dan juga ITS berada di ranking 1001+

Sementara 5 Universitas terbaik di dunia diisi secara berurutan oleh Universitas Oxford, Universitas Cambridge, Universitas Stanford, Institut Teknologi Massachusetts dan Institut Teknologi California.

Tetapi sejatinya, dimanapun kamu berada. Di Universitas manapun kalian berada, negeri atau tidak negeri bukanlah ukuran untuk kecerdasan berpikir dan juga kemapanan emosional.

Karena dua hal tersebut lahir dari perjalanan hidup. Jadi jangan juga merasa rendah diri dengan mereka yang memiliki pendidikan bagus.

Ditambah kamu juga bisa mewujudkan impianmu untuk masuk ke Universitas dengan mengakses CekAja.com. Disana kamu bisa menemukan produk keuangan yang cocok untuk biaya kuliah kamu. Kamu bisa manfaatkan KTA dari berbagai bank untuk memiliki dana tunai secara cepat.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami