Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini 3 Perusahaan Credit Scoring Terbesar di Dunia

by Gito on 27 Agustus, 2018

Credit Scoring, kata ini mendadak tenar di dunia keuangan Indonesia. Padahal sejak lama sebagian dari Anda pasti sudah pernah mendengar tentang skor kredit tanah air. Apalagi pada saat Indonesia mendapatkan peringkat investment grade dari 2 lembaga pemeringkatan internasional, moody’s dan Standard & Poor’s (S&P), banyak pihak yang mengapresiasi hal itu hingga akhirnya Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang memiliki iklim investasi yang baik. Mantap!

tips bisnis _ pinjaman usaha - CekAja.com

Credit Scoring sendiri merupakan hasil akhir yang menunjukkan riwayat kredit Anda. Semakin tinggi hasil akhirnya, maka semakin baik kualitas kredit Anda, ujung-ujungnya Anda tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan fasilitas kredit dari Lembaga keuangan.

Nah di Indonesia sendiri, penerapan tentang riwayat kredit sebenarnya sudah dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Sedangkan untuk skor kredit di Indonesia disediakan oleh Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau biro kredit swasta dan yang lainnya.

Namun implementasi skor kredit sebagai acuan untuk mendapatkan fasilitas pinjaman bagi calon debitur di Indonesia, belum masuk dalam kategori massif. Banyak orang yang belum mengetahui fungsi dari skor kredit yang dimiliki.

(Baca Juga : Yuk, Lihat Sistem Skor Kredit di Berbagai Negara)

Perkembangan credit scoring di Indonesia sendiri hingga saat ini banyak terbantu oleh industri finansial teknologi (fintech). Maklum, industri ini memang mengandalkan kecepatan dan juga ketepatan dalam menjalankan bisnisnya, jadi bukan hal yang aneh jika akhirnya lebih banyak Lembaga fintech yang berkolaborasi dengan Lembaga skor kredit swasta sebagai mitigasi risikonya.

Di Indonesia, biro kredit swasta yang mungkin sudah akrab di telinga Anda adalah Pefindo Biro Kredit, anak usaha dari PT Pefindo, Lembaga yang bertugas memberikan hasil pemeringkatan utang terhadap perusahaan di Indonesia. Bagaimana dengan perusahaan biro kredit di luar negeri? Berikut 3 perusahaan credit scoring terbesar di dunia, yuk cek!

Experian

Perseroan merupakan salah satu perusahaan layanan informasi global terkemuka di dunia yang beroperasi di 39 negara. Perusahaan penilai kredit nasabah dan organisasi ini berbasis di London, Inggris dengan jumlah pegawai mencapai 16.500 karyawan.

Dalam implemetasinya credit scoring, Experian menggunakan model Fico Scores sebagai medium penentu kelayakan kualitas kredit. Experian sendiri sudah memiliki klien di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

(Baca Juga : INTERVIEW: Mengenal Skor Kredit dan Manfaatnya Bagi Nasabah)

Belum lama ini, Experian juga terlibat kerjasama dengan Lembaga finansial teknologi yang berbasis di Singapura, C88 Financial Technologies Group (C88), induk usaha CekAja.com dengan memimpin investasi senilai 28 juta dolar AS.

Equifax

Selaian Experian, ada juga biro kredit swasta yang sudah mendunia, yaitu Equifax. Berkantor pusat di Atlanta, Amerika Serikat, Equifax mengklaim telah beroperasi di 24 negara di seluruh dunia. Perihal perhitungan credit score, perseroan menggunakan medium Equifax credit score.

Transunion

Perusahaan yang berbasis di Chicago, Amerika serikat ini dikabarkan telah membuka cabangnya di Indonesia. Perseroan sendiri sudah memiliki pengalaman bisnis credit scoring di 32 negara.

Perihal bisnis credit scroring memang kuat kaitannya dengan teknologi super tinggi. Betapa tidak, firma kredit swasta itu mengelola ratusan juta data nasabahnya yang tentu harus dilindungi dari oknum-oknum nakal.

(Baca Juga : Pinjaman Ditolak? Yuk Perbaiki Skor Kredit Anda)

Apalagi data yang tersimpan di firma kredit ini bukanlah data sembarangan, melainkan data keuangan pribadi nasabah yang menggunakan layanan ini, mulai dari data kartu kredit, rekening bank, jaminan sosial hingga identitas diri.

Oleh karena itu, tak aneh jika akhirnya biro kredit swasta global itu banyak membenamkan dananya di sektor keamanan teknologi atau internet security. Nah bagi Anda yang ingin mengajukan kredit, jagalah riwayat kredit Anda, pertahankan nilainya tetap tinggi.

Hal itu dimaksudkan agar Anda dapat terus memanfaatkan fasilitas pinjaman dari Lembaga keuangan. Akses CekAja.com untuk mendapatkan informasi perbandingan suku bunga dari Lembaga perbankan ternama sekaligus mengajukan aplikasi pinjaman.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami