Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini 4 Bisnis Menjanjikan Jelang HUT Kemerdekaan

by Gito on 3 Agustus, 2018

Sebentar lagi, usia Indonesia bakal bertambah menjadi 73 tahun. Setelah berhasil meraih kemerdekaan dari jajahan Belanda dan juga Jepang, wajah Indonesia terus bersinar terang. Namun sejatinya, kata merdeka bukan hanya menyangkut kebebasan secara bernegara saja, merdeka secara “keuangan” juga bisa Anda lakukan lho.

bisnis oleh-oleh _ pinjaman UKM - CekAja.com

Nah, jelang peringatan hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nanti, ada banyak hal yang dapat Anda maksimalkan agar merdeka secara keuangan, salah satunya adalah  dengan berjualan bendera.

Terdengar ringan memang, tetapi tahukah Anda bahwa sudah banyak orang yang berhasil mendulang puluhan juta rupiah dari penjualan bendera yang hanya kurang dari 1 tahun. Disamping itu, modalnya juga ternyata cukup ringan, cukup siapkan kocek 20 ribu, Anda sudah dapat membeli kain yang dapat dijadikan bendera kebanggaan Indonesia, Merah Putih.

Selain itu, juga ada beberapa bisnis menjanjikan lain yang bisa Anda manfaatkan jelang hari kemerdekaan ini, yang tentunya masih bertemakan merah putih, simak yuk!

(Baca juga: Ingin Usaha di Lingkungan Sekolah? Cek Yuk Ide-idenya!)

Jualan Kaus

Jelang 17 Agustus biasanya banyak tayangan televisi yang memutar ulang kisah-kisah heroik pejuang kemerdekaan Indonesia pada waktu lampau. Hal itu sedikit banyak mampu memantik rasa nasionalisme di tubuh para masyarakat.

Momentum itu bisa Anda manfaatkan untuk mulai menjual kaus bertemakan nasionalisme. Desain gambarnya pun tidak perlu rumit, cukup menulis kata Merdeka Atau Mati ataupun Indonesia di bagian depan kaos, namun disini sisi kreativitas Anda bakal diuji untuk menentukan kata yang menarik.

Untuk modal tidak perlu khawatir, yang harus Anda siapkan adalah kaus polos dengan berbagai ukuran. Setelah itu Anda bisa mencari vendor untuk melakukan proses sablon, atau jika ingin cepat, Anda bisa memilih metode cetak dengan digital print.

(Baca juga: Ini 5 Bisnis Makanan Selebritis Indonesia, Cek di Sini!)

Sebagai sarana untuk berjualan, Anda bisa memulainya dengan menggunakan media sosial yang Anda milki.

Sewa Baju Adat dan Sepeda

Sebagai bagian dari riuhnya perayaan kemerdekaan Indonesia, biasanya di beberapa lokasi menggelar pawai carnaval untuk anak-anak. Pakaian yang dgunakan biasanya pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia ataupun profesi unik seperti dokter, polisi, tentara atau bahkan astronot.

Momen tersebut dapat Anda gunakan untuk menyewakan pakaian adat untuk anak-anak. Anda dapat membelinya di toko online ataupun konvensional. Cukup beli sekali, namun bisa Anda sewakan berulang-ulang.

Selain pada saat perayaan hari kemerdekaan, pawai serupa biasanya juga digelar pada hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Nah bisnis menjanjikan untuk sewa baju Anda juga bisa digunakan pada saat itu.

(Baca juga: Kartini Modern, Yuk Simak 7 Kalimat Inspiratif dari Para Wanita Hebat Indonesia)

Oh ya, jangan juga lupa untuk membekali diri dengan kemampuan melakukan make up, karena biasanya penyewa baju juga bakal meminta make up sekalian.

Menjual Peralatan Lomba

Berbicara tentang perayaan 17 Agustus rasanya tidak lengkap jika tidak membahas tentang lomba. Hal ini bahkan menjadi semacam budaya yang terus dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT kemerdekaan.

Lomba yang biasanya ditunggu-tunggu adalah lomba panjat pinang. Anda dapat menjadi salah satu suppliernya lho.

Anda dapat mencari batang pohon pinang di daerah Banten untuk kemudian menjualnya kembali. Selain itu lomba lain yang juga dapat dimanfaatkan adalah lomba tarik tambang dan juga balap karung.

Jasa Fotografi

JIka Anda memiliki kemampuan fotografi yang baik, Anda dapat memanfaatkan hal itu untuk menjual jasa foto bagi anak-anak. Biasanya menjelang dan pasca 17 Agustus setiap Anak akan diwajibkan menggunakan pakaian Adat daerah tertentu.

Anda dapat menawarkan jasa tersebut di sekolah-sekolah ataupun tempat belajar – mengajar lainnya. Anda juga dapat menjual jasa foto pada saat pawai carnaval berlangsung.

Namun ingat, sekecil apapun bisnis menjanjikan Anda buatlah pembukuan atas uang masuk dan uang keluarnya. Hal itu dimaksudkan agar Anda dapat cermat dalam mengelola keuangan pribadi.

(Baca juga: Biaya untuk Jadi Seorang Fotografer Profesional)

JIka butuh modal usaha jangan ragu untuk mencari dana pinjaman. Sepanjang itu masih dapat ditakar keuntungannya, tidak perlu takut. Anda dapat mengajukan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Akses CekAja untuk mendapatkan informasi lengkap tentang produk keuangan yang dibutuhkan dari bank terpercaya.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit