Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini 5 BUMN yang Berani Gaji Tinggi dalam Rekrutmen Bersama

by Gentur Putro Jati on 13 Maret, 2019

Proses pencarian 11.000 calon karyawan oleh 110 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lewat Program Perekrutan Bersama (PPB) terus bergulir sejak 8 Maret sampai nanti ditutup 17 Maret mendatang.

keuntungan menjadi PNS - CekAja.com

Buat kamu yang belum daftar lewat https://rekrutbersama.fhcibumn.com/ yang dikelola Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Kementerian BUMN, pastikan tidak melewatkan kesempatan untuk berkarier di ratusan perusahaan milik pemerintah tersebut.

Setelah berbagi tips cara mendaftar PPB, kali ini CekAja.com akan mengungkapkan daftar BUMN yang berani kasih gaji tinggi dalam proses PPB tersebut.

Meski bukan pertimbangan utama, namun siapa pun pasti akan menjadikan perusahaan yang berani memberi gaji tinggi di urutan teratas perusahaan idaman untuk bekerja. Dikutip dari Tribun News, berikut adalah BUMN yang berani bayar mahal atas kemampuan kerja yang kamu miliki.

  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)

Tribun News memberitakan gaji terendah yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja di BNI adalah Rp2,2 juta untuk posisi Bank Operations Officer. Sementara buat kamu yang sudah memiliki jam terbang tinggi sebagai bankir, bisa mendapatkan gaji sampai Rp55 juta per bulan dari bank pelat merah tersebut. Mantap betul!

  • PT Pegadaian (Persero)

Pegawai lulusan D3 yang baru masuk di Pegadaian disebut bisa memperoleh gaji Rp4 juta per bulan. Sedangkan gaji awal lulusan S1 sebesar Rp5 juta sampai Rp6 juta per bulan. 

Setelah 1 tahun bekerja, gaji pegawai Pegadaian akan meningkat menjadi antara Rp6 juta sampai Rp8 juta.

(Baca juga: Cek Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN yang Cari 11.000 Karyawan!)

Tribun News juga melaporkan dalam setahun pegawai Pegadaian bisa memperoleh gaji sebanyak 24 kali. Terdiri dari 12 kali gaji bulanan, 6 kali jaspro, 1 kali gaji cuti, 2 kali THR, uang pakaian sebanyak 2 kali, dan uang awal tahun 2 kali gaji. Menggiurkan bukan?

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI

KAI berani mengganjar seorang kondektur lulusan SMA dengan gaji Rp6,5 juta per bulan. Plus tambahan berbagai fasilitas lain, seperti tunjangan perumahan, kesehatan, bahkan tunjangan rekreasi. Asyiiiikkk!

  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

Sementara perusahaan konstruksi pelat merah Wijaya Karya disebutkan berani menggaji karyawan barunya mulai dari angka Rp4 juta per bulan. Sementara untuk level General Manager, perusahaan berkode saham WIKA itu menyiapkan gaji Rp22,5 juta per bulan di luar tunjangan lainnya. Wow!

  • PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN

Gaji pengawai PLN bagi lulusan S1 yang baru lulus atau fresh graduate bisa mencapai Rp5,7 juta per bulan. Setelah menjalani masa percobaan 12 bulan, gaji tersebut menyesuaikan dengan pengangkatan karyawan tetap.

Validitas dari angka-angka renumerasi yang diberikan oleh BUMN-BUMN di atas perlu diverifikasi lagi. Namun, setidaknya kamu dapat gambaran awal mengenai potensi pendapatan yang bisa kamu terima setiap bulan jika berhasil lolos proses seleksi PPB BUMN tahun ini.

(Baca juga: Cara Mengelola Modal Usaha yang Berasal dari Utang)

Oleh karena itu, persiapkan diri kamu sebaik mungkin sebelum mendaftar dan mengikuti rangkaian tes yang harus dilalui untuk dapat menjadi pegawai BUMN. Namun perlu diingat, jika kamu belum beruntung alias gagal dalam proses seleksi menjadi pegawai BUMN, tentu hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya.

Mengapa tidak menguatkan tekad untuk menjadi seorang wiraswastawan? CekAja.com selalu siap memberikan rekomendasi pinjaman modal terbaik untuk memulai bisnis kamu. Bisa dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit Usaha Kecil Menengah (UKM). Silakan mencoba!

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum