Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini 5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi

by Sindhi Aderianti on 26 November, 2018

Guru memegang peran terpenting dalam mencerdaskan anak bangsa. Dimanapun guru itu berada, guru perlu diberdayakan karena jasanya tersebut. Salah satunya dengan memberi gaji guru yang sepadan dengan perjuangan dan pengorbanan mereka.

tips naik gaji - CekAja.com

Menurut data yang dilansir oleh OECD pada tahun 2017 kemarin, beberapa negara tak ragu menggaji para guru dengan nominal cukup tinggi berdasarkan masing-masing kategori dan tingkat pendidikian mulai dari SD, SMP, dan SMA. Bahkan untuk guru pemula atau belum berpengalaman, gaji yang didapatkan per tahun pun tidak jauh berbeda.

Apa saja negara-negara yang dimaksud? Mari kita bahas satu per satu di Hari Guru Nasional kali ini.

1. Luxemburg

Bukan hanya terkenal dengan tingkat kesehatan tertinggi keempat di dunia saja. Dalam urusan memberdayakan guru selayak mungkin pun, Luxemburg tak diragukan lagi.

Upah yang diberikan untuk guru berpengalaman saja bisa mencapai USD 131 ribu, atau sekitar Rp 1,9 miliar per tahun. Sedangkan bagi guru yang belum berpengalaman alias honorer, gaji yang berhak mereka dapat jika dihitung setahun penuh adalah USD 73 ribu atau sekitar Rp 1 miliar.

Namun usut punya usut, ada banyak kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi guru di sana. Misalnya, setiap guru harus fasih dalam tiga bahasa, baik Luxemburg, Jerman dan juga Perancis.

(Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan Berisiko Tinggi dan Penghasilannya)
2. Irlandia

Tahukah Anda kalau mutu mutu pendidikan di Irlandia berada di posisi kesembilan terbaik di dunia? Rupanya pemerintah di Irlandia melakukan investasi besar-besaran dalam masalah pendidikan.

Jadi sudah menjadi rahasia umum kalau di negara ini gaji seorang guru juga sangat diperhatikan dari segi jumlah. Bayangkan saja dalam satu tahun, guru tanpa pengalaman sekalipun bisa memiliki pendapatan mencapai Rp 461 juta, dan itu tanpa potongan sama sekali.

Lalu bagaimana untuk yang profesional? Jelas lebih besar bahkan sampai Rp 900 juta.

Banner KTA CekAja

3. Jerman

Sama dengan negara tetangga di kawasan Eropa Barat, Jerman tak pernah tanggung-tanggung menggaji para gurunya. Dilansir dari Tech Insinder, gaji guru di Jerman untuk kategori yang berpengalaman jumlahnya sekitar Rp 791 juta per tahun.

Sedangkan bagi guru honorer, lebih dari Rp 600 juta per tahun. Itupun nantinya masih ditambah beberapa tunjangan yang akan semakin memakmurkan kehidupan mereka.

Dengan gaji sebesar itu, kualitas pendidikan yang diberi Jerman pun amat sebanding. Buktinya banyak warga asing yang turut berusaha mati-matian untuk bisa sekolah di sana.

(Baca juga: Mau Tambah Penghasilan dengan Jadi Influencer Instagram? Ini Tipsnya!)
4. Swiss

Negara yang paling royal menggaji guru selanjutnya diduduki Swiss. Gaji seorang guru di Swiss bisa mencapai US$ 68 ribu atau Rp. 918 juta per tahunnya.

Jika dihitung per bulan maka rata-rata gaji guru di Swiss kurang lebihnya adalah Rp. 76.562.250. Angka yang sangat besar, bukan? Menariknya, gaji guru di Swiss bahkan lebih tinggi dari rata-rata gaji pekerja di negara tersebut.

Akan tetapi dengan biaya hidup di Swiss yang teramat tinggi dibandingkan negara lain, gaji sebesar itu terasa masih pas-pasan.

(Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Penghasilan Menurun Tajam)
5. Korea Selatan

Bisa dibilang, Korea Selatan merupakan satu-satunya negara di Asia yang berani memberi gaji sangat tinggi kepada guru. Bagaimana tidak, para guru di Korea yang belum berpengalaman saja bisa mendapatkan gaji sekurang-kurangnya Rp 300 juta.

Gaji itu pun akan terus bertambah seiring dengan bertambah tahun. Jika guru tersebut sudah memiliki pengalaman belajar paling tidak 10 tahun, mereka lantas berhak mendapat tambahan gaji hingga Rp 447 juta.

Berbeda lagi dengan guru yang khusus mengajar bahasa Inggris, tempat tinggal berikut isinya pun diberikan oleh pemerintah di sana.

(Baca juga: 5 Musisi dengan Penghasilan Paling Tinggi di Dunia)
Bagaimana dengan Gaji Guru di Indonesia? Ini Gambarannya

Di Indonesia, Hari Guru diperingati pada tanggal 25 November sejak tahun 1994. Sebuah momentum yang tepat untuk mengevaluasi kembali kesejahteraan yang telah diberi untuk Sang “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” selama ini.

Platform komunitas online bernama Jobplanet pun sempat melakukan riset karier pekerja di industri pendidikan, yaitu guru dan dosen. riset ini menganalisis gaji dari 3.473 responden yang merupakan dosen, guru TK, guru SMP, guru SMA, guru privat, dan guru kursus bahasa asing.

Hasilnya, rata-rata gaji yang diterima oleh dosen di Indonesia sebesar Rp 3,32 juta per bulan. Angka tersebut dihitung dari rata-rata gaji bersih yang diterima setiap bulan dan belum termasuk dengan bonus dan tunjangan.

Pastinya jauh berbeda dengan kelima negara dengan gaji guru tertinggi di atas. Indonesia sendiri menempati posisi buncit dengan gaji guru rata-rata hanya US$ 2.830 atau sekitar Rp 34,4 juta per tahun.

Namun bukan tidak mungkin suatu saat nanti, guru di Indonesia bisa sesejahtera mereka. Tentu dengan juga meningkatkan kompetensi guru itu sendiri, mengingat masih banyaknya guru yang enggan untuk mengembangkan diri untuk memperdalam pengetahuan dalam mengajar.

Pengetahuan di sini bukan hanya mencakup pelajaran-pelajaran sesuai kurikulum saja, namun juga menyesuaikan teknik mengajar generasi Z di era serba high-tech seperti sekarang.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.