Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini 5 Pengeluaran Terbesar dalam Biaya Nikah

by Sindhi Aderianti on 12 November, 2018

Biaya nikah tak selamanya menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah. Mengingat esensi pernikahan sebenarnya terletak pada bagaimana ikatan suci tersebut diresmikan. Bukanlah perhelatan yang harus dibuat semewah mungkin. Artinya, pesta pernikahan ini bukanlah fokus utama dari mimpi yang ingin Anda dan pasangan Anda bangun.

keuntungan menikah - CekAja.com

Jika Anda lebih selektif, tentunya biaya nikah masih bisa ditekan. Khusus pada hal-hal tertentu yang Anda rasa tidak perlu, lebih baik dicoret saja dari list. Kecuali masih ada yang bisa disiasati dengan alternatif lebih sederhana.

Untuk membantu Anda meminimalisir bujet, berikut 5 pengeluaran terbesar dalam pernikahan yang sebisa mungkin disiasati:

1. Jumlah undangan membludak

Idealnya, undanglah 350 sampai 500 tamu saja. Pertimbangkan kembali bahwa rata-rata dari mereka tidak akan datang sendiri.

Bisa jadi berdua, bahkan tak jarang yang sekeluarga. Kalau jumlah tamu membengkak, tentu ada tambahan biaya lagi di katering. Belum lagi kapasitas venue yang dikhawatirkan kurang bisa menampung tamu sebanyak itu.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memangkas jumlah tamu udangan sebesar 10 sampai 20 persen dari target tamu udangan Anda. Selain bisa menekan bujet katering, jumlah undangan yang tidak terlalu banyak juga akan memberi kesan yang lebih khidmat.

(Baca juga: Biaya Nikah Pangeran Harry dan Meghan Markle Tembus Rp600 Miliar, Cek Rinciannya!)
2. Makeup artist terlalu mahal

Setiap pengantin pastinya ingin tampil cantik. Itulah mengapa jasa makeup artist amat dibutuhkan. Namun jangan gegabah menentukan makeup artist untuk merias Anda nanti. Meski hasil riasannya pas dengan tipikal yang Anda inginkan, tetap sesuaikan dengan bujet.

Masih ada kok makeup artist yang berbakat yang memasang tarif di bawah Rp 8 juta. Kalau ingin lebih menghemat biaya nikah, Anda bisa memilih makeup artist yang sudah satu paket dengan busana dari pihak katering.

Nantinya makeup artis tersebut juga akan membawa rekannya untuk merias ibu pengantin baik dari pihak calon pengantin wanita ataupun pria.

(Baca juga: Target Penghematan Biaya Nikah)
3. Seragam bridesmaid

Tentunya di hari yang bersejarah, Anda juga ingin mengundang teman-teman terdekat dan menjadikan mereka sebagai tamu khusus seperti bridesmaid. Umumnya, bridesmaid akan diberi seragam agar identitas mereka ketika acara nanti lebih terlihat.

Pun saat berfoto, tampak lebih sedap dipandang. Namun jumlah bridesmaid yang bisa lebih dari lima tentu akan ikut menambah biaya nikah. Sebab Anda tidak akan membeli satu atau dua meter kain saja.

Untuk menyiasatinya, cukup beri dresscode berupa warna yang harus bridesmaid Anda kenakan kelak. Bajunya bebas apa saja yang mereka punya, asalkan warnanya senada.

Banner KTA CekAja

4. Wedding organizer

Tidak hanya itu, biaya nikah juga bisa dikurangi dari pengunaan jasa Wedding Organizer (WO). Kisaran tarifnya bisa mencapai Rp 20 juta! Agar nantinya tidak over budget, Anda bisa meminta bantuan dari keluarga dan teman dekat untuk membentuk kepanitian sendiri layaknya WO.

Buat rapat secara berkala sejak tiga bulan sebelum hari H untuk mengatur segala kebutuhan pengantin serta kelangsungan acara, mulai dari akad hingga resepsi. Pastikan mereka juga mampu berkomitmen dan tidak mengundurkan diri sampai acara selesai.

(Baca juga: Tips Kumpulkan Biaya Nikah Buat Pekerja Kantoran)
5. Penyanyi dan band

Terakhir, kebutuhan pengisi musik. Tarif mereka juga tidak semurah yang dibayangkan. Paling tidak, Anda harus mengeluarkan biaya nikah minimal Rp 10 juta untuk menyewa full band beserta penyanyinya. Lantas, adakah cara untuk mengakali hal tersebut?

Tentu saja. Di era yang sudah canggih, manfaatkan aplikasi streaming musik. Tinggal minta bantuan ke pihak venue untuk menghubungkan aplikasi tersebut ke speaker, beres. Lagu-lagu di playlist yang Anda favoritkan pun bisa diputar sepanjang acara.

Pada kenyatannya, biaya nikah memang tidak semahal itu. Kuncinya harus kreatif mengatur apa yang perlu dan tidak perlu. Hindari pula terlalu membandingkan pernikahan Anda dengan orang lain.

Prioritaskan kehidupan setelah menikah yang pastinya membutuhkan berbagai biaya pula. Terlebih jika nanti langsung dikaruniai keturunan. Semoga pernikahan Anda berlangsung lancar sesuai rencana ya!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.