Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini 5 Profesi Asyik Buat Kamu yang Baru Lulus!

by Teti Purwanti on 9 Mei, 2019

Kamu baru lulus dan menunggu salah satu lamaran pekerjaan kamu ke suatu perusahaan jebol? Tapi hasrat main kamu justru sudah runtuh duluan, padahal kini sudah tidak ada subsidi dari orang tua.

karyawan jadi pebisnis - CekAja.com

Untungnya di era digital ini, banyak yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan uang, bahkan bisa juga keuntungan. Kira-kira dari daftar lima pekerjaan tanpa modal ini mana yang paling cocok untuk kamu?

1. Jasa Titip

Usaha ini memang tengah memasuki masa jenuh. Hal itu dikarenakan banyaknya orang yang memulai bisnis jasa titip atau personal shopper.

Di sisi lain, itu berarti memang ada pasar untuk mendulang uang dari usaha ini asal kamu tekun dan bisa bersaing. Usaha ini juga sangat cocok kalau kamu suka nongkrong di mal, window shopping, dan berburu diskon, serta sudah memiliki gawai canggih agar foto yang dihasilkan bisa maksimal.

Kamu hanya harus memotret produk yang menarik mal dari merek ternama dan tengah dicari. Selanjutnya kamu unggah ke media sosial untuk menawarkan jasa penitipan belanja.

Kalau kamu baru di bidang ini, usahakan memberi promo jasa di bawah harga pasar. Setelah mulai banyak yang percaya dan menitip pada kamu, kamu bisa menaikan harga sesuai harga pasar.

Untuk menambah cuan kamu, cobalah mencari info soal kartu belanja sehingga kamu bisa mendapatkan diskon. Sehingga kamu bisa mendapatkan untung dari kartu diskon dan juga jasa. Menyenangkan bukan?

(Baca juga: Ini Alasan Tepat untuk Segera Keluar dari Pekerjaan!)
2. Reseller dan Droshipper

Bisnis online memang tengah naik daun dan terus menjamur. Bukan hanya jasa titip yang tanpa modal, kalau kamu menjadi reseller atau dropshipper kamu juga tidak perlu modal besar namun hanya mengandalkan kuota internet.

Kamu hanya perlu mencari barang yang berpotensi banyak diminati dan suplier terpercaya untuk bantu memasarkan produknya. Selanjutnya, kamu bisa menaikan sedikit harga dari suplier sebagai keuntungan kamu.

Jika pesanan datang dari konsumen, kamu bisa langsung meneruskannya ke suplier untuk segera diproses dan dikirimkan ke alamat tujuan.

Sebagai reseller atau dropshipper agar untung kamu besar, cobalah kenali keinginan pasar. Misalnya, saat Ramadan dan menjelang Lebaran, kamu bisa menjual produk yang berkaitan, seperti sarung, mukena, baju koko, dan juga sajadah.

Selain itu bisa juga kue lebaran bahkan anpao lebaran yang tengah hits dengan desain sendiri.

3. Penulis

Tidak seperti dua pekerjaan sebelumnya yang mengandalkan keahlian berjualan, keahlian dalam menulis bisa dibilang kerja kreatif apalagi kalau kamu bisa menulis untuk berbagai tema. Selain bisa menghasilkan uang, kamu juga bisa menyalurkan hobi dibandingkan menulis status di media sosial.

Kamu bisa menjadi penulis buku, novel, penulis lepas, content writer, penulis kolom atau pekerjaan apa saja yang membutuhkan keahlianmu merangkai kata. Yang perlu kamu lakukan hanya terus meningkatkan kualitas dan ‘sense menulis’, menambah kosa kata dan meningkatkan wawasan untuk memperkaya tulisan.

Selain itu, kamu juga bisa menulis di beberapa media yang menyediakan platform komunitas. Tak hanya skill yang meningkat, kamu juga bisa mendapat honor ataupun dikenal. Dari situ, siapa tahu jaringanmu bertambah dan mulai ada order datang.

Atau kalau kamu pandai merangkai kata-kata indah, kamu bahkan bisa membuka jasa menulis caption untuk Instagram. Salah satu selebgram Indonesia sudah melakukan itu dan menguntungkan loh. Mungkin bisa kamu coba juga.

4. Video Editor

Saat ini Youtube Channel juga sangat banyak dan diikuti dengan munculnya banyak Youtuber. Untungnya, kegiatan ini juga membuka lapangan kerja baru video editor lepas.

Jadi keahlian kamu dalam menggunakan Adobe Premiere, Adobe After Effect, dan program video lainnya bisa berguna bukan hanya untuk buat video sendiri. Lowongan pekerjaan seperti ini sangat banyak bertebaran di media sosial.

Meski begitu, jangan mentang-mentang kamu butuh uang kamu sikat semuanya. Pilihlah channel yang sesuai dengan gaya kamu, ditambah lagi, pekerjaan seperti ini butuh waktu jadi kamu harus profesional dengan deadline yang diberikan.

(Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan Berisiko Tinggi dan Penghasilannya)
5. Ilustrator atau Komikus

Sama seperti penulis, kamu yang senang menggambar dan memiliki kreativitas tinggi bisa menjajal mendulang uang dari hobimu ini, bisa dengan mengirimkan karyamu ke media atupun mengikuti kompetisi menggambar.

Atau kamu juga bisa membuka untuk orang yang mau membuat ilustrasi untuk jadi kado. Tidak perlu susah-susah kamu bisa mempromosikan kemampuan kamu ini dimulai dari media sosial, kemudian biarkan jaringan bekerja.

Dari lima daftar di atas, pekerjaan mana yang akan kamu coba dan sesuai bakat kamu? Kalau memang membutuhkan modal, jangan takut ajukan KTA di CekAja.com. Selamat menambah cuan!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami