Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini 6 Keuntungan Beli Rumah Cluster

by Miftahul Khoer on 27 Desember, 2018

Anda sedang mencari hunian yang nyaman dan bisa bikin betah? Tak ada salahnya untuk mencoba membeli rumah cluster. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan para pengembang yang membangun rumah cluster.

rumah subsidi - CekAja.com

Nah, kali ini Cekaja akan mengulas apa saja keuntungan rumah cluster yang bisa Anda dapatkan dibandingkan dengan membeli perumahan biasa, rumah susun atau apartemen. Yuk cek.

1. Lebih aman

Dibandingkan dengan perumahan biasa, yang jumlah unitnya lebih banyak, rumah cluster tergolong lebih aman karena biasanya hanya memiliki one gate system atau satu gerbang untuk jalur masuk.

Dengan demikian para penghuni yang keluar masuk perumahan cluster akan melewati satu gerbang yang dijaga pihak keamanan. Jadi, jika ada orang asing masuk yang mencurigakan, maka akan ketahuan dan bisa segera diantisipasi.

(Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Konsep Properti TOD dan Manfaatnya)
2. Ramah anak

Bagi Anda selaku keluarga muda yang baru memiliki satu atau dua anak, lebih baik Anda memilih untuk membeli rumah cluster. Sebab, biasanya pengembang memberikan fasilitas berupa arena tempat bermain anak.

Arena bermain anak ini biasanya berada di belakang atau di tengah-tengah perumahan sehingga bisa dijangkau oleh anak-anak. Selain itu, arena bermain anak juga biasanya tergolong aman digunakan.

3. Fasilitas memadai

Selain arena bermain anak, biasanya para pengembang juga memberikan fasilitas yang sangat memadai bagi para penghuni perumahan cluster. Beberapa fasilitas sosial dan dan fasilitas umum bagi para penghuni antara lain sarana ibadah, olahraga, jalan, taman, hingga lampu penerangan jalan.

Pengembang juga biasanya sangat memperhatikan fasilitas yang disediakan bagi para penghuni seperti air bersih hingga listrik yang sesuai dengan kebutuhan para penghuni cluster.

(Baca juga: 5 Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan dan Cara Menjalankannya)
4. Lingkungan asri

Tinggal di rumah cluster juga bisa membuat Anda betah karena biasanya pengembang membangun lingkungan yang asri untuk ditawarkan kepada konsumen.

Pengembang misalnya, akan menanamkan pohon-pohon tertentu agar setiap rumah yang dihuni bisa lebih asri, terjaga dan ramah lingkungan. Pohon-pohon yang biasa ditanam antara lain mangga, sirsak, rambutan, jambu dan banyak lagi.

5. Bisa bersosialisasi

Bagi Anda yang biasa tinggal di perkampungan, tentu setiap hari Anda bisa bersosialisasi dengan tetangga. Namun jika tinggal di perumahan, maka akan jarang sekali Anda bisa bertatap muka dengan tetangga.

Tetapi jika tinggal di cluster yang jumlah penghuninya bisa dihitung jari, biasanya setiap penghuni akan membangun relasi antar tetangga sehingga semua penghuni rumah cluster bisa kompak seperti halnya saudara.

(Baca juga: Tips Berburu Rumah di Pameran Properti)
6. Investasi tinggi

Rumah cluster tidak pernah sepi peminat. Banyak orang yang mencari dan ingin tinggal di rumah cluster. Nah, ini adalah peluang bagi Anda yang menjadikan rumah cluster sebagai aset investasi.

Jadi, jika ada yang menawarkan rumah cluster kepada Anda, jangan terlalu banyak pikir deh. Renungkan sejenak dan segera survey dengan teliti. Jika rumah yang ditawarkan harganya sesuai dengan kondisi keuangan. Maka Anda bisa membeli rumah cluster.

Tapi tentu ada catatannya. Tidak semua rumah cluster menjanjikan banyak keuntungan seperti yang disebut di atas. Ada juga para pengembang yang asal bikin rumah agar cepat selesai.

Dengan demikian Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu sepak terjang pengembang yang membangun rumah cluster yang akan Anda beli tersebut. Nah, apakah Anda sudah siap membeli rumah cluster?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami