Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Ini 6 Peluang Usaha yang Tak Pernah Sepi Pelanggan, Coba Yuk!

by Miftahul Khoer on 21 November, 2018

Sudah cukup banyak peluang usaha kekinian yang bisa membuat orang kaya mendadak. Namun, seringkali jenis-jenis usaha zaman now tak bertahan lama atau hanya ramai sesaat. Nah, yang menjadi pertanyaan dan selalu membuat penasaran para perintis usaha salah satunya adalah, usaha apa sebenarnya yang selalu ramai atau tak pernah sepi pelanggan?

Ketika musim batu akik, tak sedikit orang ramai-ramai terjun mencari peruntungan, begitu juga ketika viral bisnis tahu bulat, banyak orang di kota hingga kampung ramai-ramai bergelut di bisnis tersebut. Namun, usaha musiman tersebut sudah mencapai titik jenuh hingga sepi peminat.

Nah, apakah ada bisnis yang bertahan lama yang tak pernah ditinggalkan pelanggan setia? Tentu saja ada. Malah bisnis-bisnis tersebut terus merajalela karena tak pernah sepi peminat. Berikut tujuh jenis usaha yang tak pernah lekang oleh waktu dan tak pernah ditinggalkan pelanggannya. Yuk cek.

(Baca juga: Ini 5 Peluang Usaha yang Laris Manis di Musim Hujan)
Bakso

Siapa sih yang tidak suka bakso? Hampir banyak orang menyukai menu satu ini. Si bulat lezat yang bikin nagih ini hampir bisa ditemukan di mana-mana. Harganya pun masih terjangkau atau bisa dibeli di bawah Rp15.000 per mangkuk.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha ini, tak usaha khawatir dengan urusan modal. Kocek yang dikeluarkan untuk modal sehari-harinya pun tak begitu besar. Bahan bakunya pun gampang didapat.

Banner KTA CekAja

Bubur Ayam

Makanan apa yang setiap kali bangun tidur banyak dikonsumi orang? Jawabannya pasti bubur ayam. Nah, sudah pasti kan kudapan satu ini jadi menu wajib setiap pagi bagi banyak orang. Maka jangan heran kalau usaha bubur ayam ini tidak ada matinya.

Penyuka bubur ayam memang tak kenal batas usia. Mulai dari balita hingga orang tua pasi banyak yang suka makan bubur. Dengan demikian bagi Anda yang ingin menjalankan usaha, berjualan bubur ayam bisa menjadi pilihan.

Untuk urusan modal, usaha bubur ayam juga tidak begitu menguras kantong. Bahan bakunya pun tergolong terjangkau namun bisa memberikan untung yang lumayan.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)
Mie Ayam

Selain bakso dan bubur ayam, usaha menjanjikan yang tak pernah sepi pelanggan adalah mie ayam. Kudapan satu ini juga banyak penggemarnya terutama kalangan remaja hingga dewasa.

Harga jualnya pun tak jauh seperti harga bubur ayam. Seseorang bisa menikmati semangkuk mie ayam dengan harga di bawah Rp20.000. Untuk menjalankan bisnis mie ayam ini, modalnya pun sama-sama tak harus merogoh kocek begitu besar.

Warteg

Di tengah gempuran kafe atau restoran mahal dan kekinian di kota-kota besar, eksistensi warung tegal alias warteg seakan tidak pernah terganggu. Di sepanjang jalan manapun pasti Anda akan akan selalu menemukan gerai warteg.

Pelanggannya pun tak pernah sepi. Setiap pagi, siang hingga malam, para pelangga warteg selalu hilir mudik. Ini membuktikan bahwa usaha satu ini memang tidak pernah surut.

Namun, untuk urusan modal, warteg ini sedikit lebih tinggi dibandingkan seperti ketiga jenis usaha-usaha di atas. Karena, warteg biasanya membutuhkan aneka menu yang harus dihidangkan. Artinya, Anda harus cukup modal untuk mengembangkan usaha warteg ini.

Namun, modal yang dimaksud masih relatif terjangkau kok. Hanya varian bahan baku hariannya saja yang harus merogoh kocek lebih dalam.

(Baca juga: Tahapan Mendapatkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil)
Kedai Kopi

Dalam beberapa tahun terakhir, pamor kedai kopi sedang naik daun. Terbukti, usaha ini bukan seperti usaha kekinian lainnya yang sebentar jaya, sesudah itu kandas.

Bisnis kedai kopi menjadi salah satu peluang menjanjikan seiring banyak orang yang teredukasi dengan cara bagaimana menikmati kopi. Untuk urusan modal, Anda jangan membandingkan dengan usaha bakso, bubur ayam atau mie ayam.

Bahan baku kopi yang baik dengan kualitas bagus memang agak menguras kocek. Namun, untungnya pun lumayan besar jika Anda pintar mengelola bisnis ini.

(Baca juga: Tingginya Peluang Usaha Warnet Di Desa)
Gorengan

Makanan sejuta umat yang biasa dikonsumsi orang Indonesia adalah gorengan. Kudapan satu ini setiap hari tak pernah absen dikonsumsi olah masyarakat.

Anda bisa membuktikannya dengan melihat langsung bagaimana para pedagang gorengan di pinggir jalan selalu laris manis. Ini membuktikan bahwa usaha jenis ini memang selalu diburu para pelanggan.

Jika Anda tertarik terjun menjalan usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Bahan baku yang mudah didapat di pasar-pasar dengan harga terjangkau bisa menghasilkan untung yang besar.

(Baca juga: Bisnis Dadakan Ini Peluang Usaha yang Bisa Bikin Kaya)
Hitung modal awal, pilih lokasi strategis

Di atas telah dibahas jenis-jenis usaha legendaris yang pelanggannya tak pernah habis. Modal harian semua usaha di atas memang tergolong terjangkau. Namun, yang harus dikalkulasikan adalah menghitung modal awal seperti pengadaan booth, peralatan pendukung hingga biaya operasional.

Selain itu, salah satu kunci keberhasilan menjalankan jenis-jenis usaha di atas adalah faktor lokasi. Upayakan Anda untuk mencari lokasi strategis jika berencana menjalan usaha-usaha di atas. Anda misalnya bisa memilih lokasi di dekat kampus, pabrik, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan ruang-ruang publik lainnya.

Jika Anda sudah bulat ingin terjun menjalani satu dari enam usaha di atas tetapi masih terkendala bujet untuk modal, Anda bisa akses CekAja.com untuk mendapat panduan dan referensi finansial terpercaya. Yuk dicoba.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.