Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Alasan Air Putih Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

by Rafly Aditia on 14 Desember, 2016

Air putih merupakan minuman yang harus dikonsumsi setiap hari jika ingin sehat. Tetapi bukan cuma untuk sehat saja, ternyata minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa membuatmu lebih produktif dalam bekerja.

Mengapa demikian? Karena ternyata ada beberapa fakta seputar air putih yang mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. Apa saja? Berikut manfaat air putih yang mempengaruhi produktivitas kerja:

Kurang minum air putih bikin susah fokus dalam bekerja

Kalau kamu kurang minum air putih maka kamu akan mengalami gangguan konsentrasi dan fokus. Hal tersebut akan membuatmu sulit untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, tingkat kepekaan dan kecekatan bakal menurun sehingga reaksi menjadi lebih lamban.

Berdasarkan beberapa penelitian seperti dilansir lifehack, apabila kamu mengalami dehidrasi lebih dari tiga persen maka kamu berada dalam kondisi yang sama dengan orang dalam pengaruh alkohol.

Tentunya itu bukanlah merupakan hal yang baik, karena dapat menurunkan produktivitas. Jadi, kamu perlu mengonsumsi air putih secara rutin sesuai kebutuhan minimal setiap hari.

(Baca juga: Jurus Ampuh Agar Bos Mau Mengabulkan Permintaan Kamu Naik Gaji di Tahun Depan)

Air putih berguna untuk menambah tenaga dan stamina

Perlu diketahui, kebanyakan tubuh kita berisikan cairan sehingga sel-sel tubuh memerlukan air untuk bekerja termasuk otak. Ketika kamu terhidrasi dengan baik alias cukup minum air putih, maka kamu bakal mengalami peningkatan tenaga, pemulihan stamina dan organ tubuh bekerja secara efektif.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Hal ini bakal memudahkanmu untuk menghadapi pekerjaan yang datang bertubi-tubi, karena jadi lebih mudah fokus dan tidak mengantuk.

Memperbaiki mood

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal of Nutrition, orang yang terhidrasi dengan baik memiliki suasana hati atau mood yang lebih baik dibanding mereka yang mengalami dehidrasi. Hal ini tentu sangat berarti banyak terhadap produktivitas bekerja seseorang.

Mengapa demikian? Karena ketika seseorang memiliki mood yang baik, maka pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Sementara kalau mood sedang buruk dan harus bekerja, kamu pasti tahu rasanya bukan?

(Baca juga: Cara agar Tahun Depan Kamu Lebih Bahagia di Tempat Kerja)

Menurunkan tingkat stres

Banyak penelitian membuktikan, bahwa 70-80 persen jaringan otak terdiri dari cairan. Kalau kamu memiliki asupan cairan yang cukup maka tingkat stes bakal menurun.

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga level stres tetap rendah dan jadi lebih produktif di kantor sebaiknya jangan lupa untuk menyiapkan air putih di meja kerja atau bawa selalu botol air minum saat kamu berpergian.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas di Indonesia? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.